Saturday, August 22, 2009

Creative Ads

Promosi ialah serangkaian kegiatan untuk mengkomunikasikan, memberi pengetahuan dan meyakinkan orang tentang suatu produk agar ia mengakui kehebatan produk tersebut, membeli dan memakai produk tersebut, juga mengikat pikiran dan perasaannya dalam suatu wujud loyalitas terhadap produk. Promosi ini merupakan pintu pertama untuk dapat memasuki pasar. Dari pintu itu produsen berharap dapat menguasai pasar, merekrut pelanggan sebanyak-banyaknya.

Media promosi efektif : Ada Above The Line dan Bellow The Line. Above the line seperti : media cetak (iklan di koran, majalah, tabloid), radio (adlips, spot, sponsorship), televisi. Bellow the line seperti : media luar ruang/outdoor adv (billboard, bus painting, taxi painting, stikering di eskalator mall, dll), event (entertainment, sport event, exibition, seminar, perlombaan, dll), film, internet, teknologi seluler.

(Coba baca sendiri ya di buku Promosi Efektif, Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan, penulis Didih Suryadi, 2006, penerbit Tugu Publisher, Yogyakarta)


Intinya, kalau kita punya produk berupa barang/jasa, kita pelaku wirausaha, usaha kelas teri ataupun kelas kakap, kita butuh aktifitas PROMOSI. Meski sekecil apapun itu. Kalau tidak, bagaimana produk kita akan menjangkau konsumen, diketahui dan dikenal konsumen? Tidak sedikit produsen yang memberi porsi promosi cukup besar untuk tujuan dalam rangka mendominasi pasar. Promosi biasa terkait erat dengan iklan. Iklan yang smart, unik, lucu, cerdas, kreatif, super kreatif biasanya cepat mengena di benak calon konsumen, tersimpan di memori, tergelitik untuk mencoba, membeli, merasakan, mencicipi, atau memiliki suatu produk. Penasaran? coba googling, cari tuh seabrek "creative ads", "smart ads", dll.

Contoh di sini nih. Atau di sana. hehe.


Jadi meski kita hanya punya usaha warteg, warung pecel, jualan ikan hias, usaha tailor kelas kampung, jasa pengetikan, penerjemahan, mini warnet, bengkel cuci motor, dsb, membuat iklan-iklan kreatif tidak ada salahnya perlu juga kita pikirkan. Apalagi semisal banner MMT untuk promosi outdoor, harganya juga sudah semakin murah! Tinggal bikin se-kreatif mungkin saja. Siapa tahu banyak pelanggan jadi kecantol :) Dari sini saja bisa muncul ide wirausaha : Kalo kamu memang orang yang tergolong SUPER KREATIF, buka saja usaha konsultan desain iklan gila! Semakin banyak portfoliomu (contoh karya2mu) di-ekspose, mungkin akan makin banyak pemakai jasa desainmu. GoGello, Crazy Ads Design & Consulting! Jiah ....

1 comment:

  1. Assalamualaikum Wr.Wbr.
    Kunjungan persahabatan di Bulan yang penuh berkah ini. Mencari informasi mengenai kewirausahaan dan ingin berbagi informasi mengenai 10 Kunci Menjadi Entrepreneur. Info lengkap bisa dibaca di blog saya.

    ReplyDelete