Thursday, June 15, 2006

Mencari Ide wirausaha modal kecil (part One)

Halo rekan-rekan, semoga tetap dalam semangat, tidak putus asa.
Di masa-masa agak kritis seperti sekarang begini memang kudu pintar-pintar cari peluang, potensi, atau membaca situasi. Banyak sarjana nganggur. Sudah keluar banyak biaya untuk kuliah dan sekolah, tetap nganggur. Mencari pekerjaan/peluang kerja juga susah, mau usaha modal tidak punya, atau punya modal jumlahnya kecil, ketrampilan juga minim. Ehm ehm ... tapi punya waktu luang buaanyak kan. Nah dikemanain tuh waktu ?! :) Kalau buat main-main gak karuan yaaa .. gak bakal ada pemasukan, gak ada penghasilan, ga ada pendapatan.
Nah, coba sekarang kita refreshing dikit "our potential brain" untuk mencari gagasan-gagasan atau ide segar menciptakan wirausaha. Untuk menggeluti wirausaha, secara teoritis sih memang ada beberapa hal yang kudu kita pikirkan seperti : objek usaha yang ingin diterjuni, potensi pasar, kebutuhan modal, ketrampilan atau operasional usaha, promosi ke publik, menjaga customer dll. Kalau modal kecil sekarang usaha apa yang bisa digeluti? Di artikel-artikel sebelumnya (posting lama) mungkin sudah pernah diuraikan kiat-kiat alternatif mengatasi kendala modal minim. Sekarang, kategorisasi modal minim itu berapa : 100-500 ribu, atau 1-5 juta, atau 1-15 juta. Bagi orang sekelas Probosutejo, modal usaha 100 juta mungkin masih terkategori usaha kecil2 an :)
Menurut saya yang mungkin kita perhatikan/gali jawaban : potensi skill kita apa? potensi pasar/market di sekitar lingkungan kita apa? Bagaimana tingkat persaingan/kompetisi usaha yang hendak kita geluti, banyak kompetitor? Untuk membidik objek usaha, survey yang agak representatif musti kita coba berani lakukan. Misal, sekitar kita banyak anak sekolah, mungkin usaha les privat bagus, rental komputer lumayan dibutuhkan, pelatihan komputer juga layak. Kalau banyak warung/toko, usaha snack/makanan/kue juga layak. Coba beli buku2 resep makanan/jajan, pelajari dan berlatih sampai menemukan 1 produk spesial yang bakal jadi "HOT" di lingkungan kita. Tukang service TV/Radio juga masih dibutuhkan. Jual voucher HP di kampung, kampus, pasar, pinggir jalan, perempatan, mungkin juga OK. Tuh kan banyak ide :) Coba kaji dulu, kira-kira produk apa yang dibutuhkan sekitar kita? barang/service? Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Salam!

29 comments:

  1. AnonymousJune 26, 2006

    Saya Setuju dengan apa yang anda bicarakan... hanya saja kadang kita memang tidak pernah mau melihat peluang yang ada di sekitar kita. Kita selalu egois dgn diri kita sendiri.. Padahal kalu kita mau berilahturahmi niscaya kan banyak peluang dis ekitar kita... SUKSES!!

    HASANNUH BZ
    SumberUang.Com

    ReplyDelete
  2. AnonymousJune 27, 2006

    tetap semangat, belajar & coba.

    ReplyDelete
  3. postingan bagus...

    memang benar untuk memulai sebuah usaha dibutuhkan ketelitian dan kejelian membaca peluang,karena kadang kadang peluang itu tidak tampak kloe tidak kita kaji,cermati dan mencoba masuk/ membaur dengan lingkungan kita,dan tentunya banyak waktu yang kita butuhkan untuk bisa terus belajar..belajar.. belajar...

    dan sukses untuk semua....


    "mimpi itu tidak pernah tercapai ,kloe kita tidak mulai bekerja dari sekarang"

    ReplyDelete
  4. Banyak sekali bentuk usaha dengan modal kecil, yang penting just do it
    http://usahabisnis1.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. saya tertarik untuk berwirausaha! terutama dengan modal yang kecil. kendala saya adalah masalah tempat untuk usaha tersebut. adakah usaha dengan modal kecil tanpa memerlukan tempat usaha yang besar. saya berencana dalam waktu dekat ini mau buka usaha. terima kasih sebelumnya!


    manung36

    Ferrari Cars Dealerships

    ReplyDelete
  6. benar banget.jaman sekarang mesti pintar2 lihat celah.tapi bisa lihat celah aja ga cukup.kudu kreatif. yuuuuk berwirausaha.semangat semangat...

    ReplyDelete
  7. wirausaha harus dimulai dari yang kecil. cukup dengan modal kecil dan komoditi yang dibutuhkan lingkungan kecil dulu. biar tahan banting. setelah pensiun 2001 saya berwirausaha langsung besar menurut ukuran saya, tapi tak tahan lama dan cepet ambruk. kini saya berwirausaha susu sari kedelai, minuman segar teh rosela dan kacang lemak rendah. sudah ada P-IRT dari depkes dan dijual kemana-mana. yang jual teman2 mahasiswa yang tdk terima beasiswa yang nasibnya "kurang beruntuk". melalui wirausaha ini, mereka juga menikmati wirausaha yang saya geluti. kalau mau resepnya, saya bagikan untuk yang membutuhkan dan siap memulai wirausaha dari bawah. selamat lebaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau donk bagi resepnya pakdebagio.. trims sblumnya

      Delete
  8. ralat : "kurang beruntung" seharusnya "kurang beruntung" secara ekonomis. saya dari jember, 63 tahun, pensiunan kepala humas universitas jember. sekaligus ini juga sebagai pemberitahuan buat teman2 yang mengenal saya.

    ReplyDelete
  9. Nah..ini dia artikel yang saya cari sejak lama. Emang bener, walopun kita sudah punya pekerjaan/penghasilan tetap, alangkah lebih baik kalo kita juga punya pasive income kan?

    Anyway, saya baru mau memulai usaha nih..ada yang bisa bantu sharing jenis usaha dengan modal 5-10 juta ngga ya?

    Please...


    Thank You!

    ReplyDelete
  10. saya juga ingin berwirausaha.tapi saya belum dapat ide yang bagus untuk memulainya.modalnya mungkin kecil sekali karena saya masih anak sma.ada ide yang bagus ga?

    ReplyDelete
  11. kalo ada di tunggu emailnya di drifterwuzhere@gmail.com

    ReplyDelete
  12. saya yakin dengan kemampuaku, dengan membaca wawasan pada blog anda, saya menjadi selalu yakin dengan usaha saya. walau banyak kompetitor di bidang komputer,,,,saya yakin usaha saya tetap bisa berjalan tergantung pada usaha kita apa kita bisa mengembangkan wirausaha kita, dari usaha rental sekarang saya bisa memiliki warnet, profil warnetku di http://www.cahyabisnis.co.cc/

    ReplyDelete
  13. AnonymousMay 06, 2009

    blog anda menguatkan semangat sy untuk berwira usaha. Sy tertarik untuk memulai usaha mug bergambar. mohon panduan dan referensi usaha tersebut. trims before. transfile62@yahoo.

    ReplyDelete
  14. waahh..blh jg tu.tp kendala org memulai suatu usaha adalah terkadang mreka takut gagal.gmn tu tanggapannya?pny solusi?pa lagi jika modal kecil dan itu satu2nya modal yg kita punya.sekali gagal, g bs ngapa-ngapain lg.

    ReplyDelete
  15. Saya baca blog ini, dan sangat menarik, ya....minim bisa memberi semangat hidup untuk berusaha.
    Apakah anda juga ingin berusaha sampingan dengan modal kecil, saya akan berbagi pengalaman dan terbukti.

    ReplyDelete
  16. saya suka sekali dengan blog ini..dan komentar" temen" yg bisa membuka wawasan kita...u/ abi saya stuju skali ...gimana nasib dengan mereka yg hanya punya modal pas"an yg skali ambruk ga bisa bangun lagi..bwt yg uda pernah jalanin usaha ..modal pertama bisa didapatkan darimana ya? apakah simpan pinjama koperasi? atau hasil jeripayah pekerjaan tetap? makasih

    ReplyDelete
  17. bagus ne blog...boleh nanya ga ?? gimana caranya bwt dapetin modal 5-10 juta dengan modal pinjamaN?? slebihnya makasih

    ReplyDelete
  18. terimakasih krn mau berbagi ilmu dan pengalaman... sangat inspiratif...

    ReplyDelete
  19. Mbak Indah Hati Kusumawati,
    kalo tertarik dengan agribisnis di jakarta bisa dicoba untuk klik budidayajamurmerang.thesilverlining.info atau budidaya jamurmerang.co.cc

    ReplyDelete
  20. Ughhh..I like it
    tentunya kita tidak bisa slu bermimpi,,,namu kita harus menuntaskan ap yg pernah kita hayalkan
    Mudah2n kita sukses slu....

    ReplyDelete
  21. minta info donk untuk membuat warung makan kecil2 apa yang harus disiapkan! trim

    ReplyDelete
  22. @pakdebagio :
    saya mau pak diajarin wirausaha .... sekarang saya lagi nganggur nih, dan sudah punya anak, help me plss

    ReplyDelete
  23. artikelnya bermanfaat sekali untuk kemajuan wirausaha indonesia.

    Salam Kenal
    Forum UKM Indonesia

    by Refresh Indoensia
    http://refreshindonesia.com

    ReplyDelete
  24. sya mahasiswa T.Informatika, tapi saya berminat berwirausaha dibidang peternakan dan perikanan. Bagaimana menangkap peluang wirausaha yang keluar dari jalur pendidikan formal? Bagaimana cara mendapatkan modal, soalnya memulai usaha peternakan kan membutuhkan modal yang tidak sedikit, sedangkan saya seorang mahasiswa?

    ReplyDelete
  25. .. terus semangat mengembangkan bisnis UKM...selamat berwirausaha..

    ReplyDelete
  26. Saya anak kuliah yang dari dolo ingin berwira usaha dengan modal yg sangat minim tolong bantuannya untuk memulainya...
    email saya yach minta bantuannya
    damar.zygote@gmail.com

    ReplyDelete
  27. berwirausaha tidak mudah seperti membalikkan tangan, dalam berwirausaha kita dibutuhkan untuk bisa menguasai pemasaran dan cara memasarkan usaha yan sedang anda bangun.

    ReplyDelete