Saturday, April 15, 2006

Ternak ikan lele yuk! :)

Usaha yang penulis ceritakan berikut boleh kalau mau dijadikan sambilan nambah penghasilan; atau mau dijadikan sebagai sekedar hobbies juga boleh. Kali ini tidak ada hubungan dengan teknologi canggih sedikitpun. Modal yang dibutuhkan juga kecil koq, 300-500 ribu an perak. Tapi syaratnya punya tanah/lahan yang kosong agak cukup luas, yaaa minimal 3 x 6 meter. Ini berdasarkan pengalaman pribadi (tinggal nunggu panen, nih) Ayo, coba ukur tanah samping/belakang rumahmu. :)

Usaha yang akan kita coba geluti adalah beternak ikan lele. Ikan ini cukup banyak penggemarnya di masyarakat (coba saja lihat warung-warung pecel lele Surabaya tuh, ramai terus kan). Nah modal awal, kita coba buat 1 kolam ukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30an cm, tanah galian urug-kan ke sekitar pinggir calon kolam. Terus beli terpal plastik yang banyak dijual di toko, seharga 50 ribuan (yang lebih mahal juga ada), tapi ini kualitasnya sudah cukup bagus. Pasang terpal plastik ke lubang kolam yang telah digali, kedalaman tanah 30 cm, tinggi permukaan tanah (dengan tanah urug sebelumnya) naik kan jadi 20-30 cm lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Jadilah kolam kita yang berbiaya murah. Isilah dengan air jernih, biarkan selama 2-3 malam (jangan langsung ditaburi benih). Beri tanam-tanaman air juga bagus, semisal teratai, ganggang air, kangkung, dsb.
Berikutnya, tinggal beli benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa, harganya sekitar 100-150 rupiah per ekor. Coba isi kolam tadi dengan 300-400 ekor benih ikan lele. Beli pakan ikan (pelet) lembut, sekitar 5000 rupiah per kg. Sebulan mungkin menghabiskan sekitar 3 kg. Sebagian di atas kolam dibuat atap pelindung, juga bagus. Sebagian terkena cahaya langsung matahari. Kalau ada sisa nasi makan malam/siang, masukkan saja ke kolam, biar nambah-nambah zat makanan. Air kondisikan alami seperti di rawa/sungai, perbanyak tanaman air. Kalau di awal-awal menabur benih, sebagian ikan mati, jangan panik, ambil saja, buang. 3-4 hari berikutnya ikan akan bertahan hidup normal koq. Nah, tinggal menunggu sekitar 3 bulan, ikan sudah cukp besar untuk bisa dipanen, dijual dengan harga sekitar 1000 rupiah per ekor. Bikin saja tulisan di depan rumah "JUAL IKAN LELE KONSUMSI, SEGAR, GURIH" (hehehe). .... Bagaimana, asyiik kan?
Kalau tanah cukup luas, berarti bisa bikin 2-3 kolam lagi yang serupa. Pakai terpal plastik juga (hemat biaya pasir dan semen, serta ongkos tukang .... ).
Jangan lupa, perdalam ilmu memelihara ikan dengan menggali ilmu dari buku-buku di toko buku. Kisah di atas berdasarkan pengalaman sendiri .... (doakan panen nya berhasil ya)
Selamat mencoba! (kalau stress, coba ambil pakan ikan, malam-malam menjelang maghrib, taburkan ke atas kolam, lihat betapa asyiknya melihat ikan-ikan berlomba memangsa makanan) ..... :)

226 comments:

  1. teman saya sangat tertarik dengan ide budidaya lele.
    tapi sungguh, aq pengen dapat e-mail kamu. selain kita bisa kerj sama, klo ada apa2 aq juga bisa nanya pengalaman kamu. OK!

    tapi emang bener? 400 bibit yang qt tanam kira2 bisa dipanen brp ekor?

    f4tahillah@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. terima kasih f4tahillah, comment nya. yang di rumah sebenarnya sih kategori hobbies, soalnya cuman punya 2 kolam. ya tahu sendiri, kalau sekedar hobbie, ilmunya masih amatiran, belum se-profesional para peternak lele beneran :)
    soal panen, belum dilakukan nih. kami juga baru 3-4 minggu jalan (kalau ndak salah). tapi kata orang/penjual bibit, waktu pembesaran sekitar 3 bulanan. jadi belum tahu berapa banyak ikan (prosentase) yang bisa dipanen dari bibit yang ditaburkan.
    menurutku yang penting dipikirkan memelihara kualitas air kolam tetap alami/bagus, suply makanan ikan, luapan air kalau kena hujan, zat-zat makanan alami (cacing kecil, dsb).
    yang punya kami, hasilnya (alhamdulilah) so far is good enough :) ikan makin sehat dan tambah dikit (besar) ... hehehe
    semoga saja berhasil panen.

    ReplyDelete
  3. wah thx bgt wirausaha buat jawabannya;)
    btw menurut pengalamanmu yang mati diawal itu berapa?
    trus cukup g klo misalnya cuman dikasi 3kg pelet/bulan?
    btw klo g keberatan, bisa g kirim email k f4tahillah@yahoo.com
    so, qt bisa komunikasi lebih erat disana. tapi semua jawabanmu sangat membantu kok.
    thx ya;)

    ReplyDelete
  4. yang mati di awal-awal penaburan benih, dalam rentang < 1 minggu mungkin sekitar 20-30 ekor.
    untuk urusan pakan, sebenarnya relatif sih, bisa jadi 3-5 kg per bulan. bagus juga ditambahin variasi makanan, seperti nasi, lur (cacing2 kecil yang banyak di sungai, beli 1500 / 2 bungkus plastik), dll.
    sebenarnya kami juga belum pengalaman betul, cuma hobies. jadi malu sama yang sudah mahir soal ternak ikan nih :) mungkin ada cara kami yg salah ... kami minta saran/koreksi juga yah ..
    soal email, bukan apa-apa sih, cuman gak enak aja kalau saya jarang online, ntar malah kelamaan balas-membalasnya :) .. thx anyway!

    ReplyDelete
  5. AnonymousMay 31, 2006

    budidaya ikan lele harganya murah apa gak lebih baik budidaya lobster air tawar harganya lebih tinggi

    ReplyDelete
  6. Hai, aku jg br mau buka ternak lele. Skr sdh punya kolam n diisi air, tapi tdk diberi pupuk kandang. Mau cari bibit, sayangnya agak susah ya, hanya ada di pasar Ciputat dan Jatinegara, itu pun belinya mesti pagi-pagi.

    ReplyDelete
  7. AnonymousJune 19, 2006

    WAH MA SAYA KURANG PAHAM CARA BETERNAK LELE. TOLONG DONG BERI SAYA CARA BETERNAK LELE YANG LEBIH RINCI. AN SAYA MAU MINTA CARA MEMILIH BIBIT LELE YANG BAGUS.TOLONG KIRIM KE EMAIL SAYA YA alamsakaeru@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. Cara membuat bibit-nya bagaimana? Maksudnya supaya bisa sustainable.

    Thanks.

    ReplyDelete
  9. AnonymousJuly 03, 2006

    saya sangat ingin berwirausaha tapi saya kadang merasa ragu, ketika saya melihat gejolakdi masyarakat yang kadang tidak mengenal sispa teman atau lawan satu sama lainsaling memjatuhkan. Sangat ingin beternak lele tapi saya bingung bagaimana pemasarannya. Untuk itu saya mohon bantuan jalan keluar atas keluan saya ini. Atas solusinya saya ucapkan banyak terima kasih. (hadi. malang)

    ReplyDelete
  10. AnonymousJuly 03, 2006

    bibit lele biasanya dibeli dari pasar atau peternak lele (yang memproduksi benih). atau kalau kita sendiri punya lahan sangat luas, bisa membeli 3-4 pasang induk yang siap bertelur (harga mungkin sekitar 100 ribu per pasang), sekali bertelur jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu tuh, kalau cara merawatnya berhasil banyak yang berhasil hidup dan tumbuh besar, lumayan tuh, mungkin butuh kolam ukuran 3x4 m sebanyak 3-4 buah kolam untuk menampung telur.
    soal pemasaran, kan bisa di lingkungan kampung sendiri, tawarkan ke pengumpul benih, atau yang sudah besar tawarkan ke warung-warung makan lele/soto Surabaya, dll; atau jual ke pasar, ke tukang sayur keliling, dll
    gimana, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  11. AnonymousJuly 05, 2006

    dah kebayang seh.bahkann aq punya kolam di belakang rumah (1X2.5m),aq isi pelihara lele dah 2 taon aq blom angkat.tapi untuk usaha seperti itu aq takut sama hama pala hitam ( maling )..he..he..he..

    ReplyDelete
  12. vada said

    sebelumnya thank 4 sharingnya ttg ternak lele ini. Saya sangat tertarik untuk usaha ini, tapi sepertinya penjelasan wirausaha kurang jelas d. kalau soal lahan saya punya luas di belakang rumah. dulu saya pernah punya kolam lele di belakang rumah (bukan ternak) dan waktu musim hujan datang ikan lele nya lepas alias hilang semua. saya mau dijelaskan detail :

    1. Apakah taruh bibitnya mesti banyak ?
    2. Mungkin gak kolam dibuat ada tutupnya supaya aman ?
    3. Bagaimana dengan penanganan air kolam ? perlu diganti atau tidak ? (sori ni masih bodo bgt) maksudnya apakah air tidak menjadi keruh jika tidak pernah di rekondisi?

    mungkin masih banyak pertanyaan lain, bisa jawab ke email saya tidak ?
    vada_leo@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  13. Saya sudah 2 minggu memelihara ikan lele dengan bibit 3 cm dg bayak 3500 ekor jenis sangkuriang pemberian sudin perikanan jakarta pusat. setiap tiga hari bibit mati antara 10-20 ekor. pakan yang diberikan berupa pelet tapi karena masih kecil jadi pelet susah dimakan sehingga saya beri roti tawar tepat 2 minggu ikan seperti terkena racun hampir semuanya mati. Mohon kalau ada yang dapat membantu mencari bibit sejenis dan perawatannya tolong ke email saya r05it@yahoo.com Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  14. kondisi air biarkan alami. lele memang suka di air keruh daripada air bening/jernih. kalau bibit mati, kayaknya proses normal. mungkin pengganti pelet untuk bibit yang masih kecil dengan pakan pakai lur (cacing halus). soal tutup kolam, bisa juga, gak papa (sudah penulis coba, tapi usia benih sudah agak besar lho).

    ReplyDelete
  15. Mas....
    Kalu di sekitaran jabodetabek...
    yg jula bibit ikan lele di mana yah?
    boleh tahau alamat kontaknya?

    minta tolong japri yah Mas....
    wongcilik05@gmail.com

    terima kasih

    salam wira usaha
    wongcilik

    ReplyDelete
  16. wah..ide menarik tuh. saya juga lagin ingin banget berternak lele. kalo lahannya masih lahan kosong, enaknya dibuat kolam tanah atau di semen? terus mas tau gak prospek bisnis ini di wilayah Yogyakarta, sama kalo bisa saya minta chanel bibit lele yang bagus. thx bgt ya..nice blog. cheko

    ReplyDelete
  17. Salam sejahtera untuk semuanya...ahli2 dan penggemar Lele. Saya ingin menanyakan kpd para pakar2 disini. seminggu yll saya masukkan ke kolam 1,5x5x1 m sejumlah 500 ekor lele ukuran sebesar kelingking. harga Rp.300/ekor. menggunakan air sumur. Masalahnya dalam satu minggu hampir semuanya mati, kenapa ya? hari ke-enam 130 mati. Hari ke tujuh 212 mati. sisanya sudah pada miring2 hampir mati juga. O ya, di kolam itu saya masukin juga ikan gurami 50 ekor, sebesar kira2 6cm. pakan hanya pelet saja. Terima kasih kalau ada yg bisa memecahkan masalah ini. sampai saat ini saya masih pusing 7 keliling.....Wass.

    ReplyDelete
  18. Ada tambahan, untuk guraminya tidak ada yg mati satu pun...thx

    ReplyDelete
  19. memang untuk lele kayaknya rada rentan dengan kematian akibat transfer lokasi. coba untuk kolam, biarkan air untuk habitat jangan langsung ditaburi benih, biarkan air berada di kolam selama beberapa malam, waspadai bila ada jamur, dll. kata sebagian orang, bagusnya di kolam tanah (tambak), katanya zat-zat makanannya alami :)

    ReplyDelete
  20. ulasan ttg ternak lele d atas bagus banget, tapi gimana caranya supaya kolam dari semen jadi lebih alami.thx

    ReplyDelete
  21. kolam dari semen, dimasukin/dilapisi aja pakai tanah atau lumpur dari sungai, mungkin masih banyak terkandung mikroorganisme2 yang bermanfaat bagi lele kecil :)

    ReplyDelete
  22. saya udah mulai pelihara lele bwat usaha kecil-kecilan dengan ukuran kolam 4x6 tinggi 1 meter, saya tebar 4000 ekor lele sekarang udah jalan 3,5 bln dan bentar lg panen en udah besar-besar, mslhna skrg sejak 1 minggu yang lalu lele saya kena penyakit, disekujur tubuhnya ada bercak-bercak merah, gara-gara itu pula lele saya sekitar 13 kg mati, yang mau saya tanyakan penyebab dari penyakit itu apa dan kenapa pertumbuhan lele gak ada yang sama? plis saya butuh bgt ilmunya
    pratz_2901@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  23. Ass..., halo saya guevara, mau coba bantu mas diaz, bercak-bercak di ikan lele, kemungkinan terserang aero monas atau mungkin juga terserang red spot, biasanya disebabkan oleh kondisi air, pertama, coba air yang ada dikolam dikurangi sekitar 25 cm dan biarkan matahari masuk sekitar 1 jam atau 2 jam kemudian isi kembali kolam sekitar 30 cm, dan jangan lupa pada budidaya lele jangan sampai ada air menetes ke kolam, lele memang paling tahan di kolam oksigen rendah tapi paling rentan terserang virus mudah2an dapat membantu
    oya sekalian promosi kami dari CV. MUFUS BANDUNG, memproduksi obat dan supplemen untuk ikan dan udang yang sudah diuji efikasi, awal 2006 kami berhasil dalam budidaya udang galah tawar mulai dari udang umur 60 hari atau tokolan 2 selama 2 bulan sudah dapat dipanen (di sukabumi 100 Hari :))pada saat panen panjang 12 cm, berat 25 gr lebar badan 2,3 cm rata2. obat tersebut juga membantu menjada kualitas air dan dapat mengobati penyakit yang biasa menyerang kulit ikan atau udang baik tawar maupun payau,
    salam,
    Guevara 08176667779

    ReplyDelete
  24. saya tertarik untuk memelihara ikan lele, tapi saya gak punya lahan. Rumah saya atapnya pakai ducting, apa bisa gak ya saya gunakan sebagai kolamnya.

    ReplyDelete
  25. Iya Nich kami juga tertarik di perikanan lele, akan tetapi aku ingin concern di pembenihannya (lele phyton atau sangkuriang), soalnya lahanku cuma 4x10 m2, Untuk rekan-rekan yang tau tempat beli indukan lele phyton atau sangkuriang tolong infonya yach.., aku tunggu contactnya. suka_hb@yahoo.com.

    ReplyDelete
  26. samsul naharMay 16, 2007

    hai yach saya tertarik ternak lele cmn ilmu tentang budidaya lele blm lengkap tlg dong gmn cara ternak lele yang bisa menekan biaya sekecil mungkin termasuk dari biaya segi biaya pakannya

    ReplyDelete
  27. ada yang tahu cara ekspor/jual lele skala besar gak..? trims

    ReplyDelete
  28. saya mau sharing juga yah...
    kebetulan saya juga ternak ikan lele tp di daerah purwokerto tepatnya di purbalingga jawa tengah. saya punya kolam ukuran 6 x 4 meter dengan kedalaman kurang lebih 1,5m, saya isi dengan benih lele ukuran ibujari orang dewasa sebanyak 1000 ekor, waktu itu saya beli Rp 100/ekor. kurang lebih dalam waktu 2 bulan sudah bisa dipanen. dan ikan lele yang dipanen dijual ke pemancingan2 ikan lele, harganya Rp. 7000/kg (kurang lebih 7 ekor). jadi sepertinya ternak ikan lele ini cukup menjanjikan apalagi jika musim panas.

    ReplyDelete
  29. untuk pakannya saya beli pelet khusus untuk lele harganya Rp. 3000/kg, dalam 2 bulan menghabiskan 50 kg saja.

    ReplyDelete
  30. saya tertarik dengan usaha lele, apakah bisa sistem kontrak Jual ? agar ada kepastian pasarnya.

    ReplyDelete
  31. hai, saya pendatang baru disini dan ingin memulai usaha lele. bantuin dong?

    ReplyDelete
  32. Apa ada yang bisa memberi formula pakan lele yang baik, sehingga bisa dibuat sendiri. Trims.

    ReplyDelete
  33. Mas,aku tertarik dengan tulisannya. Aku punya banyak kolam dan ingin sekali ternak lele, tapi belum tau caranya N gimana N kemana masarkannya. Tolong infonya yaa ke irawan005@dada.net atau ryanyudha@yahoo.co.uk Thank sebelum Nsesudahnya. Sukses slalu tuk Kamu.

    ReplyDelete
  34. salut buat blognya...
    mau numpang nanya neh...saya mau bikin pakan ikan lele yang terapung , bahan2 dasarnya ada yang tahu gak ya?
    selama ini yang saya bikin selalu tenggelam
    thanks

    ReplyDelete
  35. Wah akhirnya nemu juga nech blog buat penggemar lele...btw i need help nech...saya punya kolam 5x2x0,8 ada 3 buah semua sisinya di tembok...and saya sudah tanam lele from April and smp skrg kok beratnya masih 1:12-13 yach....padahal saya kasih pakan sehari 2x and beberapa bulan terakhir ini saya kasih 2 hari sekali ...tapi belum ada kenaikan yang signifikan...ada yang punya saran cara pemberian pakan (sehari 2x or sehari sekali or 2 hari sekali) and jenis pakan yang baik untuk lele...or kalo bisa tlg email donx ke mbangdox@yahoo.com...thanx before

    ReplyDelete
  36. luar biasa!!!!!!!!!!!!!!!!!1
    maturnuwun udah bagi pengalaman!
    tp untuk pemasarannya tolong dibantu?
    dan yudi kalau boleh minta email jenengan?
    untuk tanya2 bila nti saya dalam menjalankan bisnis ini ada kesulitan.
    bisa dicopy..........
    maturnuwun.......
    cah semarang

    ReplyDelete
  37. saya tinggal di Yogyakarta...bagi teman-teman yang memerlukan bibit lele dapat menghubungi saya dengan callcentre: Noor Arief Budiman 0856 911 373 25...harga terjangkau untuk bibit lele panen 60 sampai 90 hari ukuran 5x7 Rp.150 sampai Rp.250/ekor n untuk bibit lele panen 40 sampai 60 hari ukuran 6x8 keatas Rp.300 sampai Rp.450/ekor..saya tunggu kabar dari anda

    ReplyDelete
  38. Saya ingin beternak ikan lele, tinggal di daerah Serpong Tangerang. Mohon informasi tentang dimana saya harus beli benih ikan lele di daerah Serpong? Air kolam boleh pakai PDAM? Apakah kolamnya pakai Pompa untuk sirkulasi udara? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya dan email ke johnnyhandojo@yahoo.com

    ReplyDelete
  39. agung aja lahDecember 14, 2007

    ass wr wb

    kreeen - kreeen - kreeen abis blog nya uuuuyyyy...!!!

    saya agung dr bandung, mo minta bantuan nih mas soal informasi budidaya lele yg up to date. tolong ya mas [-o< email saya : amet1205@gmail.com

    soal nya saya teramat sangat tertarik dg budidaya lele ini.

    ya kita sama2x berdoa aja mas mudah2an lele dapat menjadi komoditi export unggulan indonesia berikutnya. jangan kalah oleh vietnam dan belanda.

    saya mendapatkan informasi dr harian kompas edisi feb. 2006 yg menyatakan bahwa : "Sekarang ini, ekspor lele sudah dilakukan oleh perusahaan dari Belanda. Mereka sudah bisa mengekspor 20 ton lele per hari dari Danau Toba".

    vietnam mengekspor 70.000 ton lele pd tahun 2005 untuk pasar amerika dan eropa dengan kisaran harga $ 2,8/kg.

    sedangkan indonesia masih jauh tertinggal dibawahnya. untuk mengatasi ketertinggalan tsb diatas, dinas perikanan dan kelautan menargetkan kapasitas produksi komoditas ini sekitar 175.000 ton pada tahun 2009 untuk kebutuhan ekspor dan konsumsi dalam negeri.

    dalam menghadapi persaingan dan memenuhi permintaan pasar yg masih terbuka lebar seperti amerika dan eropa maka dinas perikanan dan kelautan saat ini sedang menjajaki pihak2x importir dengan mengajukan harga $ 2,6 / kg. tentunya dengan kualitas lele yg tidak kalah pula.

    wss wr wb

    ReplyDelete
  40. Ass. Mas,
    Sepertinya menarik punya ternak lele..

    Saya punya niatan bikin kolam..

    Mas, tolong japri ke email saya diesel_1084@yahoo.com

    Maturnuwun,
    Catur-Mlg

    ReplyDelete
  41. saya peternak lele dan ada koperasi peternak lele tp saat ini kami berat pada hrg pakan lele yang tinggi sehingga kalo di hitung dengan bi.produksi hasilnya sangat minim terutama kalo budidaya sampe pd tingkat konsumsi, kalo ada yg bs kasih saran ke kita tentang pakan lele yg murah dan bs terjamin kesehatan ikan ato kasih saran kita untuk pindah pada budidaya perikanan yg lain misal lobster tp untuk budidaya ke yg lain kita sma sekali belum pernah karena lingkungan kita di desa jadi unt info budidaya jenis perikanan yg lain sangat minim, bantu kita yaa....

    ReplyDelete
  42. kebetulan saat ini saya baru menyelesaikan ide membuat kolam ikan di atas tanah dengan menggunakan terpal. Rencananya akan saya isi dengan ikan lele. apakah ada informasi bagaimana memelihara ikan lele dengan teknik ini...apa saja yang perlu diperhatikan? karena saya sendiri masih berpikir bagaimana jika lele sudah besar, patilnya bisa merobek terpal..bagaimana meng counter masalah ini?...

    terimakasih.
    Aris
    arisakmadbaniadam@yahoo.com
    http://arisetya.blogspot.com

    ReplyDelete
  43. Dear all para penggemar lele,
    ada yang lagi panen lele ga nih???
    lagi nyari lele, daku mau beli lele karena lagi butuh lele,
    ada ga yang bisa offer lele 1 kg nya dengan harga Rp. 7000,
    Please ya kalau ada hubungi Nita 0818837154,

    Thanks

    ReplyDelete
  44. Kulonuwun,
    Saya alan, saya pengin ternak ikan lele tapi saya sm sekali ndak tau caranya dan terus terang saya pengin belajar dgn terjun langsung.
    Apa ada dari Bapak/ibu yg bisa membantu saya,sebelum&sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
  45. kalo pada mati biasanya pemilihan bibitnya kurang bagus faktor kedua air kurang bagus terutama awal musim hujan tapi ngomong ngomong ada yang bisa kasih resep pakan peletnya nggak..

    ReplyDelete
  46. mbok dikasih analisa usahanya jadi ketahun itu buntung atawa rugi piye? ... saya dikirimi ya

    salam dari gono djogja

    ReplyDelete
  47. Buat saudara-saudaraku semua, kalau da yg bisa suplai lele size 6-10 ekor/kg-nya dengan jumlah 400-500 kg/ 1 hari atau 2 hari, Ane mau beli dengan harga Rp 8,642.00/kg, asalkan sampe di tempat Ane. Alamat Ane di Pasar Minggu, Jak-Sel. Lebih jelas hubungi Ane di 085266053353. Ttd. MUArief Ibnu Inding al Fasary. nb: semuanya harus da hitam di atas putihnye.

    ReplyDelete
  48. tambahan dari Ane: harga sewaktu-waktu dapat berubah. Ttd. MUArief Ibnu Inding al Fasary.

    ReplyDelete
  49. ha.....
    saya adi....
    aku pengen tahu cara mebuat pakan lele en bahan-bahannya.
    tolong kasih tau kalou ada yang tau
    di....
    www.soul_wae@yahoo.co.id
    tanks

    ReplyDelete
  50. saya juga pemula, ada problem :
    1. Pertumbuhan kurang maksimal
    2. Nafsu makan berkurang
    3. Ada berapa jenis varietas unggul, dimana saya bisa mendapatkannya.terima kasih dan mohon dijawab dan dibalas.

    ReplyDelete
  51. kueren...thanx berat........
    klo bisa lebih detail lagi menjelaskannya dari a-z....tapi klo memang sdh detail berarti THANXXXXXX............terus update ya....

    ReplyDelete
  52. Hallo Bang Said,

    Menanggapi hobie ternak ikan, ana sungguh kagum dengan ide antum.

    seperti iseng 2x berhadiah, paling tidak ada nilai ikhtiar untuk cari nafkah.

    Nah... ngomong 2x ternak ikan, mungkin ana bisa sedikit sharing pengalaman bang...
    Ana punya pengalaman untuk mempercepat pembesaran ikan dapat kita berikan enzyme & protein (enzyme wonder). Artinya begini, untuk mencapai titik panen dibutuhkan waktu 3 bulan dengan jumlah pakan yang telah ditentukan. Bila diberikan enzyme wonder secara berkala sesuai ukuran kolam dan jumlah ikan yang ada, maka proses panen dapat dipercepat s/d 50%. Jadi boleh dikata modal hampir sama namun menang waktu.

    Hal ini sudah terbukti dilakukan di Parung pada tambak ikan Hias : Warna-warni pada ikan semakin tajam, pembesaran semakin cepat, ikan 2x sangat sehat.

    Kata kuncinya : ikan akan sehat dan jauh dari penyakit ketika air berada pada titik netral pH 7.

    Enzyme wonder selain sanggup menetralkan pH air, juga sekaligus dapat menekan asam lambung serta membersihkan dinding lambung & usus pada ikan.

    kalau mau lebih jelasnya ana bersedia diganggu di posisi : 0888 9026 357.

    Selamat beternak semoga sukses,

    Wassalam,

    Alwin Batubara

    ReplyDelete
  53. Ass, Wr,Wb Semuanya.
    Kalau butuh bibit lele, calling aja gue. 022-6670158 Hp. 081572722184. Beli banyak gue bonusin, tenang aja....dah, pokoknya kalau sama saudara mah gue pasti kasih bonus.
    Serius..... hub gue, mau datang langsung boleh, ntar gue jamu nasi liwet... OK....

    ReplyDelete
  54. thanx mas Arief dan semua, sekarang saya sudah mulai ternak lele.....
    klo ada yang mau share bisa ke rastomo_suwardi@yahoo.com

    ReplyDelete
  55. haloo mas, maaf saya jimmyJogja. Mas saya mau beternak lele. yang saya mau tanyakan apakah air untuk kolam lele tidak perlu diganti??? Boleh gak kalo air kolamnya sampai keruh sekali.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih ya mas.. balas di email saya andreasjimmybiantoro@yahoo.com

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Mas Alwin aku pendatang baru di bidang ternak lele, o ya mas aku pingin tau dimana beli enzyme wonder apa di apotek ada? trus kira-kira harganya mahal gak? kalo gak keberatan tolong di sms ke nomor ini ya mas, udin 0811311976. Makasih buanyak mas sebelumnya, tak tunggu ya mas

    ReplyDelete
  59. Halo mas, aku rahmat dari bandung tertarik dengan ternak lele...kira kira bibit lele yang bagus dan murah yang ada di bandung di mana ya....

    tolong... ya..

    Cu_x2u@yahoo.com

    ReplyDelete
  60. budidaya bagi sebagian prang memang sangat menyenangkan, termasuk saya.. saya juga budidaya lele di rumah tapi masih skala sangat kecil, belum berniat untuk ke skala yang lebih besar.. sementara hanya untuk mengisi waktu luang aja.. sukses selalu..!!

    ReplyDelete
  61. Saya belajar ternak lele baru 6 bulan, panen baru satu kali pertama ternak memesukan lele sebanyak 100 ekor, dan tiap hari selalu ada yang mati memeng pada saat itu saya panik, pada bulan ke 4 yang bisa bertahan hidup hanya 25 ekor, dengan kondisi demikian saya bertekat untuk membesarkan lele tersebut sehinga perekornya mencapai 500 gram pada bulan ke 6 saya jual di pemancingan lele laku sebesar 250rb. sekarang mencoba lagi untuk yang ke dua doa'i ya..... panen

    ReplyDelete
  62. hmmm...sy tambahin dikit ya, kl bisa kolam yg baru di buat jng langsung di isi bibit lele karena tanah tersebut masih mengandung asam yang masih tinggi...tunggu 4-5 hari kemudian di isi...sy udah panen yang ke 8, tapi baru skala kecil karena hanya hobi sj n moga2 bisa menambah pendapatan kita...hehehehheee

    ReplyDelete
  63. maaf,baru niii,Thanks buat rekan rekan yang mau berbagi pengalaman.mas/lae alwin mo tannya dimana kita bisa mendapatkan" enzyme wonder"dan mau tannya jenis2X ikan lele,karna saya lihat sama saja.klo yang penah saya lakukan untuk meningkatkan hasil panen, setiap bulan ikan yang kita ternakkan harus dipisahkan/di pilah antara yang besar dan kecil karna kalau kalau tdk yang besar akan mencekik yangkecil,,dan tingkat kadar garam air akan menghambat pertumbuhan.misalnya ,air buangan kamar mandi,hati2x dalam membeli bibit ikan lele karna satu periode pembibitan kami kategorikan 3 tingkat kwalitas bibit.
    1 yang bagus lebih cepat besar dari yang laen (kategori bagus)
    2 pertumbuhan merata (kategori menengah)
    3 tidak berkembang/kerdil ini akan susah besar sekalipun dikasih makan uang(kategori jelek)

    kalau makanan lele yang bagus waktu kecil se ukuran anak jari coba sesekali kasih tai ternak sapi,tai kerbo,taikuda,yang sudah teronggok kira-kira 1 minggu,tapi kalu tak percaya coba dulu,dan lihat hasilnya pasti top joss.
    thanks

    ReplyDelete
  64. JENIS IKAN LELE



    Setidaknya terdapat enam jenis keluarga ikan berkumis ini, sebagian spesies pribumi dan sebagian lagi spesies asing, yang dapat dikembangkan di Indonesia.



    1. Clarias batrachus dikenal sebagai ikan lele (Jawa),

    · ikan kalang (Sumatera Barat),

    · ikan maut (Sumatera Utara), dan

    · ikan pintet (Kalimantan Selatan).



    2. Clarias teysmani dikenal sebagai lele kembang (Jawa Barat),

    · kalang putih (Padang).



    3. Clarias melanoderma dikenal sebagai ikan duri (Sumatera Selatan),

    · wais (Jawa Tengah),

    · wiru (Jawa Barat).



    4. Clarias nieuhofi dikenal sebagai ikan lindi (Jawa),

    · limbat (Sumatera Barat),

    · kaleh (Kalimantan Selatan).



    5. Clarias loiacanthus dikenal sebagai ikan keli (Sumatera Barat),

    · ikan penang (Kalimantan Timur).



    6. Clarias gariepinus, yang dikenal sebagai lele dumbo atau King Cat Fish, spesies asing yang berasal Afrika.



    PEMIJAHAN

    Memijahkan ikan lele/mengawinkan lele tidak sulit. Berikut ini syarat indukan dan perawatan indukan lele agar mau berpijah dan penanganan anakan lele.

    -Bentuk dan ukuran kolam bervariasi tergantung selera pemilik dan lokasinya. Perlu diingat ukuran kolam jangan terlalu besar sehingga menyulitkan pemeliharaan kolam.

    -Bagian dasar dan dinding kolam sebaiknya dibuat permanen

    -Pada awal pemeliharaan, minggu ke-1 sampai minggu ke-6 atau pada saat umur anak lele 7-9 minggu, air kolam harus jernih.

    -Pada minggu ke-10, kekeruhan air kolam dalam batas-batas tertentu masih diperbolehkan. Kekeruhan menunjukkan kadar bahan padat yang melayang dalam air


    Syarat indukan jantan:

    -Kepala indukan jantan lebih kecil dari indukan ikan lele betina.

    -Warna kulit dada indukan jantan agak tua bila dibanding indukan betina.

    -Kelamin jantan menonjol, memanjang ke arah belakang, terletak di belakang anus, dan warna kemerahan.

    -Gerakan indukan jantan lincah, tulang kepala pendek dan agak gepeng

    -Perut indukan jantan lebih langsing dan kenyal bila dibanding indukan ikan lele betina.

    -Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor indukan lele jantan akan mengeluarkan cairan putih kental (spermatozoa+mani).

    -Kulit jantan lebih halus dibanding betina.

    Syarat indukan betina

    -Kepalanya lebih besar dibanding induk lele jantan.

    -Warna kulit dada agak terang.

    -Kelamin berbentuk oval atau bulat daun, berwarna kemerahan, lubangnya agak lebar, letaknya di belakang anus.

    -Gerakannya lambat, tulang kepala pendek dan agak cembung.

    -Perutnya lebih gembung dan lunak.

    -Bila diurut dari bagian perut ke arah ekor indukan betina akan mengeluarkan cairan kekuning-kuningan (ovum/telur).


    Syarat umum indukan lele yang baik

    -Kulitnya lebih kasar dibanding induk lele jantan.

    -Induk lele diambil dari lele yang dipelihara dalam kolam sejak kecil supaya terbiasa hidup di kolam.

    -Beratnya berkisar antara 100-200 gram dan panjang 20-50 cm, tergantung tingkat kesuburan badan

    -Bentuk badan simetris, tidak bengkok, tidak cacat, tidak luka, dan gerakannya lincah.

    -Umur indukan jantan di atas tujuh bulan, sedangkan induk betina satu tahun.

    -Frekuensi pemijahan bisa satu bulan sekali, dan sepanjang hidupnya bisa memijah lebih dari 15 kali dengan syarat makanannya harus mengandung cukup protein.

    -Indukan lele siap memijah jika mulai berpasang-pasangan dan berkejar-kejaran. Segera tangkap indukan tersebut dan tempatkan dalam kolam tersendiri untuk dipijahkan.

    Perawatan indukan dan anakan lele:

    -Selama masa pemijahan dan masa perawatan, indukan lele diberi makanan yang berkadar protein tinggi seperti cincangan daging bekicot, larva lalat (belatung), rayap atau makanan buatan (pelet). Indukan yang memijah membutuhkan pelet dengan kadar protein yang relatif tinggi yaitu kurang lebih 60%. Cacing sutra kurang baik untuk makanan indukan lele karena kandungan lemaknya tinggi. Hentikan pemberian cacing sutra seminggu menjelang perkawinan atau pemijahan.

    -Makanan diberikan pagi hari dan sore hari dengan jumlah 5-10% dari berat total ikan.

    -Setelah anakan atau benih berumur seminggu, indukan betina dipisahkan. Biarkan indukan jantan menjaga anak-anaknya. Indukan jantan baru bisa dipindahkan apabila anak-anak lele sudah berumur dua minggu.

    -Pisahkan indukan yang mulai lemah atau yang terserang penyakit untuk segera diobati.

    -Atur aliran air bersih yang masuk 5-6 liter/menit.


    PEMBUDIDAYAAN

    Membudidayakan ikan lele terbilang sangat mudah dan murah jika melihat syarat hidupnya. Berikut ini adalah syarat hidup ikan lele di kolam dan keramba.

    Syarat hidup di kolam

    1. Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, berlumpur, subur, dan tidak porous (melalukan air). 2. Lahan ideal untuk budi daya lele adalah sawah, kecomberan, kolam pekarangan, kolam kebun, dan blumbang.

    3. Ikan lele hidup dengan baik di daerah dataran rendah sampai daerah yang tingginya maksimal 700 m dpl.

    4. Ketinggian tanah dari permukaan sumber air dan kolam adalah 5-10%.

    5. Lokasi untuk pembuatan kolam harus berhubungan langsung atau dekat dengan sumber air dan tidak dekat dengan jalan raya.

    6. Lokasi kolam hendaknya di tempat yang teduh tetapi tidak berada di bawah pohon yang daunnya mudah rontok.

    7. Pertumbuhan lele optimal pada suhu 20°C atau antara 25-28°C. Anak lele tumbuh baik pada kisaran suhu antara 26-30°C dan suhu ideal untuk pemijahan 24-28°C.

    8. Lele dapat hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup, sekalipun kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin oksigen.

    9. Perairan tidak boleh tercemar oleh bahan kimia, limbah industri, merkuri, atau mengandung kadar minyak atau bahan yang dapat mematikan ikan.

    10. Perairan ideal untuk lele adalah yang banyak mengandung nutrien dan bahan makanan alami, dan bukan perairan yang rawan banjir.

    11. Permukaan perairan tidak boleh tertutup rapat oleh sampah atau daun-daunan hidup, seperti enceng gondok.



    Syarat hidup di keramba adalah

    1. Sungai atau saluran irigasi yang tidak curam, mudah dikunjungi/dikontrol.

    2. Dekat dengan rumah pemeliharanya.

    3. Lebar sungai atau saluran irigasi antara 3-5 meter.

    4. Sungai atau saluran irigasi tidak berbatu-batu, sehingga keramba mudah dipasang.

    5. Kedalaman air 30-60 cm.



    Kolam untuk pendederan

    1. Bentuk kolam pada minggu 1-2, lebar 50 cm, panjang 200 cm, dan tinggi 50 cm. Dinding kolam dibuat tegak lurus, halus, dan licin, sehingga apabila bergesekan tubuh benih lele tidak akan terluka. Permukaan lantai agak miring menuju pembuangan air. Kemiringan dibuat beda 3 cm di antara kedua ujung lantai, dekat tempat pemasukan air lebih tinggi. Di lantai dipasang paralon dengan diameter 3-5 cm dan panjang 10 m.

    2. Kira-kira 10 cm dari pengeluaran air dipasang saringan yang dijepit dengan dua bingkai kayu tepat dengan permukaan dalam dinding kolam. Di antara dua bingkai dipasang selembar kasa nyamuk dari bahan plastik berukuran mess 0,5-0,7 mm, kemudian dipaku.

    3. Setiap kolam pendederan dipasang pipa pemasukan dan pipa air untuk mengeringkan kolam. Pipa pengeluaran dihubungkan dengan pipa plastik yang berfungsi untuk mengatur ketinggian air kolam. Pipa plastik tersebut dikaitkan dengan suatu pengait sebagai gantungan.

    4. Minggu ketiga, benih dipindahkan ke kolam pendederan yang lain. Pengambilannya tidak boleh menggunakan jaring, tetapi dengan mengatur ketinggian pipa plastik.

    5. Kolam pendederan yang baru berukuran 100cm x 200cm x 50cm, dengan bentuk dan konstruksi sama dengan yang sebelumnya.

    Pemeliharaan kolam/tambak

    -Kolam diberikan kapur 25-200 gram/m2 untuk memberantas hama dan bibit penyakit.

    -Air dalam kolam/bak dibersihkan satu bulan sekali dengan cara mengganti semua air kotor tersebut dengan air bersih yang telah diendapkan dua malam.

    -Kolam yang telah terjangkiti penyakit harus segera dikeringkan dan diberikan kapur sebanyak 200 gram/m2 selama satu minggu.

    -Tepung kapur (CaO) ditebarkan merata di dasar kolam, kemudian dibiarkan kering lebih lanjut sampai tanah dasar kolam retak-retak.



    Pemupukan

    -Sebelum digunakan kolam dipupuk dulu. Pemupukan bermanfaat untuk menumbuhkan plankton hewani dan nabati yang menjadi makanan alami bagi benih lele.

    -Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang (kotoran ayam) sebanyak 500-700 gram/m2. Bisa ditambahkan urea 15 gram/m2, TSP 20 gram/m2, dan amonium nitrat 15 gram/m2. Selanjutnya kolam dibiarkan selama tiga hari.

    -Kolam diisi kembali dengan air segar. Mula-mula 30-50 cm dan biarkan selama satu minggu sampai warna air kolam berubah menjadi coklat atau kehijauan yang menunjukkan mulai banyak jasad-jasad renik yang tumbuh sebagai makanan alami lele.

    -Secara bertahap ketinggian air ditambah, sebelum benih lele ditebar.


    Penjarangan

    Penjarangan adalah mengurangi padat penebaran. Mengapa? Karena ikan lele tumbuh besar sehingga ratio antara lele dengan volume kolam tidak seimbang.

    Apabila tidak dilakukan penjarangan dapat mengakibatkan

    a. Ikan berdesakan, sehingga tubuhnya akan luka.

    b. Terjadi perebutan ransum makanan dan suatu saat dapat memicu mumculnya kanibalisme (ikan yang lebih kecil dimakan oleh ikan yang lebih besar).

    c. Lingkungan kolam tidak sehat karena berlebihan CO2 dan NH3, dan O2 kurang sekali sehingga pertumbuhan ikan lele terhambat.



    Cara penjarangan pada benih ikan lele

    1. Minggu 1-2, kepadatan tebar 5.000 ekor/m2

    2. Minggu 3-4, kepadatan tebar 1.125 ekor/m2

    3. Minggu 5-6, kepadatan tebar 525 ekor/m2



    Pakan


    Makanan alamiah lele adalah zooplankton, larva, cacing, serangga air, dan fitoplankton. Ikan lele juga menyukai makanan busuk yang berprotein dan kotoran yang berasal dari kakus.

    Selain makanan alami, lele perlu mendapat makanan tambahan. Lele yang dipelihara di kecomberan dapat diberikan makanan tambahan berupa sisa-sisa makanan dari rumah tangga, daun kubis, tulang ikan dan tulang ayam yang dihancurkan, usus ayam, dan bangkai.

    Selain makanan sisa, makanan tambahan bisa berupa campuran dedak dan ikan rucah dengan perbandingan 9:1 atau campuran bekatul, jagung dan bekicot dengan perbandingan 2:1:1. Jika cukup modal, lele bisa diberikan makanan tambahan pelet.



    Pemberian pakan

    1. Hari pertama sampai ketiga, benih lele mendapat makanan dari kantong kuning telur yang dibawa sejak menetas.

    2. Hari keempat sampai minggu kedua, benih lele diberi makan zooplankton yaitu Daphnia dan Artemia yang mengandung protein 60%. Makanan tersebut diberikan dalam jumlah 70% x biomassa setiap hari yang dibagi dalam empat kali pemberian. Makanan ditebar di sekitar tempat pemasukan air. Kira-kira 2-3 hari sebelum pemberian pakan zooplankton berakhir, benih lele harus dikenalkan dengan makanan dalam bentuk tepung yang berkadar protein 50%. Sedikit dari tepung tersebut diberikan kepada benih 10-15 menit sebelum pemberian zooplankton. Makanan yang berupa tepung dapat terbuat dari campuran kuning telur, tepung udang dan sedikit bubur nestum.

    3. Minggu ketiga benih lele diberi pakan sebanyak 43% x biomassa setiap hari.

    4. Minggu keempat dan kelima benih lele diberi pakan sebanyak 32% x biomassa setiap hari.

    5. Minggu kelima benih lele diberi pakan sebanyak 21% x biomassa setiap hari.

    6. Minggu ketiga benih lele diberi pakan sebanyak 43% x biomassa setiap hari.

    7. Minggu keenam sudah bisa dicoba dengan pemberian pelet apung.



    Pelet

    Bahan makanan pelet buatan antara lain tepung ikan (27%), bungkil kacang kedele (20%), tepung terigu (10,5%), bungkil kacang tanah (18%), tepung kacang hijau (9%), tepung darah (5%), dedak (9%), vitamin (1%), mineral (0,5%).


    Bahan-bahan itu dihaluskan untuk kemudian dicampur menjadi adonan seperti pasta. Adonan kemudian dicetak dan dikeringkan sampai kadar airnya kurang dari 10%.

    Lemak bisa ditambahkan dengan dilumurkan pada pelet sebelum diberikan pada lele. Lumuran minyak juga berfungsi memperlambat pelet tenggelam.

    Pellet mulai diperkenalkan pada ikan lele saat umur enam minggu dan diberikan pada ikan lele 10-15 menit sebelum pemberian makanan yang berbentuk tepung.


    Pada minggu ketujuh dan seterusnya lele sudah dapat langsung diberi makanan yang berbentuk pelet.

    Hindarkan pemberian pakan pada saat terik matahari, karena suhu tinggi dapat mengurangi nafsu makan lele.


    Pencegahan penyakit

    Untuk mencegah terkena penyakit karena bakteri, sebelum ditebarkan lele yang berumur dua minggu dimasukkan dulu ke dalam larutan formalin dengan dosis 200 ppm selama 10-15 menit. Setelah itu lele akan kebal selama enam bulan.


    Pencegahan penyakit karena jamur dapat dilakukan dengan merendam lele dalam larutan Malachite Green Oxalate 2,5–3 ppm selama 30 menit.



    PANEN

    Lele sudah bisa dipanen setelah berumur 6-8 bulan, kecuali bila dikehendaki tetap saja bisa dipanen sewaktu-waktu. Berat rata-rata lele yang siap dipanen sekitar 200 gram per ekor.

    Lele dumbo bisa dipanen setelah berumur 3-4 bulan yang beratnya sudah mencapai 200-300 gram per ekor. Bila dibiarkan 5-6 bulan lagi, lele dumbo akan mencapai berat 1-2 kg per ekor dengan panjang 60-70 cm.

    Pemanenan sebaiknya pada pagi hari supaya lele tidak terlalu kepanasan.

    Bila ingin dipanen seluruh lele, kolam dikeringkan sebagian sebelum ikan ditangkap menggunakan seser halus, tangan, lambit, tangguh atau dengan jaring.



    Bila lele ingin dipancing, biarkan lele lapar lebih dahulu.



    Bila menggunakan jaring, pemanenan dilakukan bersamaan dengan pemberikan pakan sehingga lele mudah ditangkap.



    Setelah dipanen, biarkan selama 1-2 hari di dalam tong atau bak tanpa diberi makan agar bau tanah dan bau amisnya hilang.



    Lele ditimbang dalam waktu singkat dan cukup sekali.



    Pembersihan kolam selesai panen



    Setelah ikan lele dipanen, kolam harus dibersihkan dengan cara:



    -Dinding kolam disiram dengan larutan kapur sebanyak 20-200 gram/m2 kolam sampai rata.



    -Lalu kolam disiram dengan larutan formalin 40% atau larutan permanganat kalikus (PK) dengan cara yang sama.



    -Kolam dibilas dengan air bersih dan dibiarkan kering terkena sinar langsung agar penyakit yang ada di kolam terbunuh.

    thanks

    ReplyDelete
  65. Salam sukses semuanya!!
    Saya peternak lele dari magelang.Saya mohon info tentang pembeli yg ada di daerah saya dong.Saya menjual bibit untuk ukuran 2-3 sampe 4-6.Hub saya di 085710301838.Sms saja.Atw email ke djaer_st@yahoo.co.id
    saya tunggu informasinya.Dari siapa saja d.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  66. terimakasih..
    saya mau tanya enzym wonder sama tidak dengan kapur dolomit?

    tanya:klo ada peternak lele didaerah pati,kudus,jepara, purwodadi dan sekitarnya mohon hubungi saya...
    good luck

    ReplyDelete
  67. Buat para penggemar lele !
    Bila anda menginginkan lele cepat perkembangannya maka pakan yang terbaik adalah ikan dicampur dedak.
    ada info nih bagi yang pingin, ada dijual sarden afkiran jumlahnya banyak. saya udah coba pakai pakan ikan yang dihaluskan ternyata hasilnya sip lebih-lebih pake ikan sarden udah langsung bisa santap walau lele masih kecil. ada yang minat email ke charade_fud@yahoo.com

    ReplyDelete
  68. saya kira gak ada forum yang memuat tentang budidaya ikan lele,, sy baru baca,,,, and ini sangat membantu khususnya sy,,, berhubung sy juga baru mo memulai budidaya ikan lele,, untuk di daerah Haurgeulis Indramayu ada gak yang punya bibit and skalian buat saya shering... kalo ada boleh contak ke saya di Hp, 081315037535 atau email ke drajat_071207@yahoo.com

    thaxs 4ever

    ReplyDelete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Hello semua..saya tertarik sekali dg usaha ternak lele, tp masih ragu u/ memulai krn msh ada beberapa permasalahn yg belum terjawab.. saya punya ternak sapi skala kecil & hampir tiap hari sapi&kandang dibersihkan dengan di siram air, krn bnyk air yang terbuang saya berfikir u/ buat kolam lele tapi timbul pertanyaan apakah air sumur yg bercampur dg kotoran&air kencing sapi yg banyak mengandung amoniak & zat2 lain masih layak u/ habitat lele,ampai saat ini saya blm temukan jawabannya.mungkin ada yg bisa kasih solusi, trims bgt...

    ReplyDelete
  71. kalo ada waktu bolehkah saya berkunjung ketempat anda?

    ReplyDelete
  72. AnonymousMay 04, 2008

    oh ya,bilamana anda orang karawang yang mempunyai lahan yang cukup buat ternak lele,tapi tidak punya modal buat ternak lele bolehlah kiranya saya menawarkan kerjasama dimana untuk hasil nantinya kita bagi dua.jika tertarik email saya ke: bagus_wilianto@yahoo.com atau sms ke 08997208959.panggil saja saya "mas bagus"trims....

    ReplyDelete
  73. saya tinggal di daerah parung Bogor dan banyak yang berternak lele,gurame, dan mujair. kalau ada yang mau study banding ke Lokasi peternakan aku siap antar.Aku kepengen juga pelihara ikan tapi ga ada modal. yang berminat kirim e-mail ke shakahuzazi@Yahoo.com atau SMS ke 081319750275

    ReplyDelete
  74. AnonymousMay 29, 2008

    komentar untuk mas obet nih...

    Jangankan lele untuk ekspor...
    Untuk lokal aja pasokannya kurang mas.
    Tawarkan aja ke pasar2 di jakarta, jawa tengah, yogyakarta, jawa timur. Ada ratusan Ton per bulan juga pasti habis mas. Bahkan kita punya berapapun pasti minta lebih deh.
    Di yogyakarta aja, ada yg minta 5 Ton per hari. Ini baru satu kota, padahal ada ribuan kota di pulau jawa. Padahal juga masih ada Sumatra, Sulawesi, dll lho.

    ReplyDelete
  75. kalau bkin kolamnyanya nggak diatas tanah bisa nggak? rmahku atasnya kan luas, kalau aku buat kolam buatan pakai semen bisa nggak?

    ReplyDelete
  76. kalau banyak lahan bisa digunakan terpal aku sudah membuktikan, alhamdulillah ni sudah akan panen....., kalau ada yang ingin tahu bisa hub aku...?

    ReplyDelete
  77. bisa juga ternak ikan lele....dengan pakan buatan sendiri kualitas sama dengan pakan buatan pabrik..., dengan cara fermentasi bekatul, ada yang ingin mendalami bisa hubungi aku lewat sms 081393629559.

    ReplyDelete
  78. AnonymousJune 20, 2008

    Kami dari Alamusunnah menyediakan bibit / benih ikan lele jenis Sangkuriang.

    harga antara Rp.100 - Rp. 500 / ekor
    untuk komunikasi hubungi : 081548774770

    Heri - Bogor

    ReplyDelete
  79. AnonymousJune 28, 2008

    Apa kabar penggenmar lele se Indonesia!!!saya punya kenalan di daerah SUBANG,jawa barat.namanya Bpk Rasija hadi santoso.beliau adalah ketua kelompok budidaya lele jumbo jaya blanakan di daerahnya.di areal yang cukup luas,debit air yang memadai,lingkungan yang sangat mendukung,serta yang tak kalah penting adalah lele yang berasal dari daerah SUBANG terkenal dagingnya sangat gurih...!sangatlah cocok untuk melakukan budidaya lele secara komersial.satu yang jadi penghambat pak rasija adalah minimnya modal yang beliau miliki.mengingat usaha yang akan dirilisnya nanti mempunyai prospek, beliau sangat mengharapkan agar ada orang yang mau untuk menjadi investor dan bekerja sama denganya.untuk info lebih jelas silahkan hub Bpk Rasija di no hp:085224468444.

    ReplyDelete
  80. AnonymousJuly 04, 2008

    ass..
    saya pemula dri bdg.,kbetulan ad tanah 90 m2,awalnya siy bingung mau dijadiin apaan?skrg sdg taw,.,
    kynya maw lele aj.,.,.,


    TOLONG saran dari para senior dlm membudidayakan lele ini.,

    zionesagat@yahoo.co.id

    post u'r advice ok,.,

    ReplyDelete
  81. Saya punya kolam & modal utk usaha lele di bangil pasuruan jatim, stlh sy analisa ternyata kesulitan ternak lele di pakan. Utk itu sy mohon info ttg pakan alternatif & cara memperolehnya. Bagi reken2 yg punya info dpt hub sy di 08885521938 atau email ke kr_wkk@yahoo.com

    ReplyDelete
  82. AnonymousJuly 10, 2008

    saya eko dari jepara, saya ingin belajar beternak lele tapi saya ingin tahu dimana saya bisa mendapaylan binit lele yang ada di sekitar kota saya di jepara (jawa tengah). silahkan bagi yang tahu informasinya bisa kirim ke e-mail saya di eko_maria@telkom.net

    ReplyDelete
  83. saya perternak lele di daerah parung bogor.saya ingin menjual lele saya.
    bisa bantu saya? hubungi saya di no tlpn 08129432021 leo
    ikan lele saya siap panen.
    thanks

    ReplyDelete
  84. permisi saya mau tanya...

    kira2 brp byk benig yg dapat kita letakkan jika da kolam ukuran 6x12....????

    dan dmn saya dapat membeli bibit dgn harga 150rp/ekor... krn bbrp waktu yg lalu saya d tawari bibit dgn harga 600rp/ekor....

    tolong di jawab ya...

    ReplyDelete
  85. saya berdomisili di sekitar bandara Sukarno Hatta....

    dmn saya dapat membeli benih dgn hrg yg sktr 150-200 rp/ekor...???

    ReplyDelete
  86. haloo semua para pencinta lele....
    saya ingin berbagi info tentang lele barangkali ada yang tertarik untuk belajar atau bahkan ingin berwira usaha per-lele-an.

    2006 akhir saya belajar membesarkan ikan lele, pertengahan 2007 belajar memijahkan/mengawinkan dan sampai sekarang, selain bekerja sebagai pegawai negeri, saya juga menjadi pengusaha, sorry penjual bibit lele.

    animo masyarakat baik sekali hingga to be honest saya kewalahan memenuhi orderan.

    singkat cerita, prospeknya bagus banget, 1 ekor saya jual 500 sebesar puntung rokok ( dijawa saya dengar 50 perak ya) dan satu kilo lele konsumsi hidup rp 25-30 ribu.

    kendala induk saya cuma 70 ekor dan tdk punya stok konsumsi.

    pertanyaan:

    1. Siapa yg punya banyak induk lele?
    2. Ada yang punya link untuk mendatangkan lele konsumsi KOTARAJA JAYAPURA PAPUA?

    Jawaban anda dikirim ke dedisuryadi07@gmail.com dan hadiahnya anda akan menjadi wirausahawan sukses, Insya Allah

    NB. Saya menikmati usaha ini, tapi saya seorang pegawai negeri yang dalam beberapa tahun harus pindah.

    ReplyDelete
  87. haloo semua para pencinta lele....
    saya ingin berbagi info tentang lele barangkali ada yang tertarik untuk belajar atau bahkan ingin berwira usaha per-lele-an.

    2006 akhir saya belajar membesarkan ikan lele, pertengahan 2007 belajar memijahkan/mengawinkan dan sampai sekarang, selain bekerja sebagai pegawai negeri, saya juga menjadi pengusaha, sorry penjual bibit lele.

    animo masyarakat baik sekali hingga to be honest saya kewalahan memenuhi orderan.

    singkat cerita, prospeknya bagus banget, 1 ekor saya jual 500 sebesar puntung rokok ( dijawa saya dengar 50 perak ya) dan satu kilo lele konsumsi hidup rp 25-30 ribu.

    kendala induk saya cuma 70 ekor dan tdk punya stok konsumsi.

    pertanyaan:

    1. Siapa yg punya banyak induk lele?
    2. Ada yang punya link untuk mendatangkan lele konsumsi KOTARAJA JAYAPURA PAPUA?

    Jawaban anda dikirim ke dedisuryadi07@gmail.com dan hadiahnya anda akan menjadi wirausahawan sukses, Insya Allah

    NB. Saya menikmati usaha ini, tapi saya seorang pegawai negeri yang dalam beberapa tahun harus pindah.

    ReplyDelete
  88. hehe nimbrung yee...lele-lele...sy mau buat pemijahan dengan sistem suntik tapi saya lupa larutan yang dipakai sbg campurannya ( istilahnya AKUABIDES)naa... itu yang saya blm tau belinya dimanaaaa.kawan-kawan punya info??wilayah Sy di BINTARO.mohon infonya.e-mail:wadytya@yahoo.com

    ReplyDelete
  89. assalamu'alaykum..
    saya ingin tahu tentang ikan lele..bisakan anda membantu saya?
    saya akan memberikan beberapa pertanyaan seputar ikan lele..
    atau bolehkah saya tahu alamat e-mailnya??
    terima kasih

    ReplyDelete
  90. hai...salam kenal bwat para lele's maniak, aq nasier. aq sangat tertarik kali sama usaha lele dan aq mau coba concern di usaha ini. tapi aq masih awam banget ttg ternak lele dan prospek pasarnya. bwat temen2 yg dah dulu berpengalaman bagi2 dong ilmunya, bisa email di aa_syer@yahoo.com.
    oh iya ada yg tahu gk bibit lele yg bagus dg harga terjangkau di daerah pemalang dan sekitarnya sekalian pelet nya
    thanks &sukses bwat smuanya..

    ReplyDelete
  91. Untuk info tentang ikan lele @ ikan keli, anda boleh dapatkan informasi di www.ratukeli.com Kursus dan bekalan anak benih ikan keli jenis Clarias SPP pun kami ada untuk anda

    ReplyDelete
  92. halo.. ada yang bisa bantu ngga? dimana ya klo mau beli benih ikan lele untuk daerah bireuen - NAD? klo bisa japri yah.. emailku : just_titin@yahoo.com. makasih infonya.

    ReplyDelete
  93. Hy...teman kebetulan aku budidaya lele banyak..jika teman-teman butuh bibit maupun daging yg ukuran 1 kg 7-8 hubungin aku ya di nomor 081380193366 atau 93555517..ku tunggu ya..harga nego

    ReplyDelete
  94. akhirnya kutemukan juga komunitas penggemar lele. mohon pencerahan pd semua temen kalo bikin pakan sendiri yang murmer dan gampang bikinnya gimana y.Matur thank u

    ReplyDelete
  95. saya tertarik banget dg budidaya lele, maukah anda memberikan sedikit artikel ttg lele
    ekosulistio@gmail.com

    ReplyDelete
  96. Kebetualan sya punya kolam sudah lama dibiarkan nganggur,selumnya saya isi dgn lele tapi gagal karena tidak tahu cara budidaya yg baik,tolong shere artikel tentang budi daya lele ke e-mail saya
    daffa01_ibrahim@yahoo.com

    ReplyDelete
  97. hai jika teman-teman sedang mencari bibit ikan lele dalam jumlah besar min 10.000 silahkan datang langsung ke rumah di sekitar sepatan tangerang dekat dengan bandara sukarno hatta.atau hub saya di 02191346218.

    ReplyDelete
  98. bagi rekan-rekan yang membutuhkan benih ikan lele silakan hub kami: benih_ikan@yahoo.com. Kami siap melayani pengiriman ke seluruh wilayah nusantara. Benih berkualitas, harga kompetitif. thanks

    ReplyDelete
  99. bagi rekan2 yang punya lele atau mau panen lele dan sulit memasarkan saya bersedia menampung lele anda dengan harga 10.000/kg terima Surabaya, isi 8-12 per kg. Hubungi/sms saya di 031-70255996 atau email hanafi888@yahoo.com

    ReplyDelete
  100. Sorry ada ralat sedikit.
    bagi rekan2 yang punya lele atau mau panen lele dan sulit memasarkan saya bersedia menampung lele anda dengan harga 10.000/kg terima Surabaya, isi 8-12 per kg.
    untuk luar Surabaya nego.
    Hubungi/sms saya di 031-70255996 atau email hanafi888@yahoo.com

    ReplyDelete
  101. untuk ternak lele diatas terpal, ada info sebaiknya dibawah (diluar) terpal diberi serbuk gergaji utk lebih adem. tks

    ReplyDelete
  102. Aku mau uaha ternak lele nih...

    bukan aku sih...

    tapi nyokap....

    aku mau tany,,,

    benrnya kolam seluas 4x6 dimasukkin 3000 bibit ikan, ideal gak sih??

    trus,, pembesaran sama pembenihan menguntungkan mana???


    jawabaanya kasih di FSku aj...
    tommy_saiiank_nyax@yahoo.com


    makasih ya....

    ReplyDelete
  103. Halo semua, saya mau cari supplier ikan lele yg siap jual, saya akan tampung, saya pemain baru dan lagi cari yg ada di daerah tangerang, please call di 081513211010 ... thx
    -dewan-

    ReplyDelete
  104. info tambahan bisa di email : dewan801201@yahoo.com

    ReplyDelete
  105. Great site! info menarik, saya memang lagi kumpulkan data-data tentang budidaya lele. Please inform me jika ada update, thanks!!

    ReplyDelete
  106. Budidaya pertanian, di antaranya lele, memang salah satu solusi perekonomian Indonesia. Saya sangat senang ketika di toko buku anak-anak sekolah mencari buku tentang budidaya lele, entah untuk tugas sekolah atau apa, yang penting mereka tahu bahwa ada alternatif penghasilan yang dekat dengan alam.

    ReplyDelete
  107. pelet untuk lele setelah 3 minggu ada yang menggunakan 781-2 (40kg) dan T79-2 (25kg). Yang jelas beda harganya hee.. hee..
    Katanya, bedanya di kandungan protein.
    Pertanyaannya : bagaimana pengaruhnya thd perkembangan ikan secara bobot karena anggapan kami kandungan protein telah di”suplemen”kan dengan pemberian pakan usus ayam ?
    Mhn banyak penjelasannya, tks.

    -peternak lele pemula-
    http://donyirawan.wordpress.com/2008/09/22/tips-praktis-ternak-lele/

    ReplyDelete
  108. Luarrr biasaaa nih respon soal budidaya lele, padahal tadinya posting cuma buat stimulus buat rekan-rekan. Eh ndak tahunya junior, senior, pemain besar ikut pada ngumpul. Ya wis monggo saling bantu, share, berbagi peluang dan kesempatan, ilmu dan kebaikan serta pahala ... dengan ikan lele, hehehe. Amin. Semoga sukses buat semuanya!

    ReplyDelete
  109. Hi All'

    Sudah beberapa bulan ini saya berfikir untuk mencari usaha sampingan, dan setelah makan siang dan melihat teman kantor makan pecel lele dengan lahapnya..saya jadi berpikiran untuk beternak lele.

    Kondisinya adalah, saya memiliki lahan yang cukup luas, tapi daerahnya dibali, dan agak lumayan didataran tinggi. Bisa tolong dibantu visibility nya untuk menjalankan usaha ternak lele di daerah bali, dimana saya bisa mendapatkan bibit lele beserta makananya.

    Kalo ada yg bisa membantu, bisa imformasikan saya via japri pieter_aja@yahoo.com

    thanks

    ReplyDelete
  110. ada yg jual bibit lele ga di daerah parung

    ReplyDelete
  111. Hi semua, saya butuh supplier ikan lele profesional....untuk memenuhi orderan saya 1 TON/HARI ikan lele segar siap konsumsi.Ukuran 7-10 ekor per Kg. FOB (Free On Board), bayar di tempat.Untuk memenuhi kebutuhan unit dagang saya di Daerah Cibarusah Cikarang baru. Berminat segera hubungi saya secepatnya.085710110435/081519191015.

    ReplyDelete
  112. "tips membuat kolam pendederan yang sesuai selera".

    belajar dari pengalaman,ane pernah manfaatin lahan smping rumah yang sempit menjadi kolam serba guna. bahan yang digunakan: plastik bening harga 5000/meter (dijual di toko plastik dgn lebar 1 mtr dapat dibagi 2),bambu,oli bekas,benang sol,jarum sol,pipa paralon diameter 1 inch dan paku ukuran 3 cm. caranya:
    1. ukur keliling kolam yang akan di buat dgn lebar 140 cm dan panjang terserah anda.bersihkan dari kerikil dan batu yang bisa menyebabkan bocor
    2.tancapkan tiang bambu yang telah di lumuri oli bekas dgn tinggi 30 cm dari permukaan tanah pada setiap sudut kolam
    3. tambahkan tiang pada pertengahan lebar kolam,dan tambahkan tiang setiap 1,5 m pada panjang kolam.
    4. ukur bambu sesuai panjang dan lebar kolam,belah empat,pasang pada lebar dan panjang kolam dgn paku dari bagian dalam kolam sesuai tinggi tiang
    5. buat saluran pembuangan air pada sisi lebar kolam yang paling rendah pada pertengahan sisi lebar kolam yang panjangnya 1 mtr( 90 cm ke bagian dalam kolam,10 cm keluar kolam) lebar sesuai ukuran paralon.
    6.masukkan paralon pada saluran yang telah jadi sesuai panjang saluran( lubang paralon yg ke arah dalm kolam diberi keni bentuk "L" sambung dgn paralon yg panjangnya 5 cm jangan di lem).
    7. timbun paralon tadi dgn tanah atau adukan semen&pasir.
    8. belah 2 plastik yang dah dibeli,pasang pada kolam yg telah siap sesuai ukuran panjang & lebar kolam dimulai pada lebar kolam yg ada lubang paralon,sebelumnya lapiskan seluruh dasar kolam dgn karung plastik.
    9. jahit dgn benang sol pada sisi2 kolam bagian atas.
    10. setelah selesai beri lubang tepat pada lubang paralon,sambungkan dgn paralon yg panjangnya sesuai ketinggian air yang anda inginkan, jangan lupa beri saringan pada lubang bagian atas agar ikan tidak ikut terbawa saat hujan turun." selamat mencoba".

    ReplyDelete
  113. Salut buat semua simpatisan dan penggemar ternak lele.....
    Saya ikutan donk...!!!
    Kepingin usaha ternak lele lagi cuman kesulitan untuk cari bibitnya. Saya tinggal di daerah Cimanggis. Mudah-mudahan ada yg bisa kasih saya info dimana saya musti cari bibit. Ini no hp saya 081514032568. By the way thanks a lot for your kind help...brgds chakoens

    ReplyDelete
  114. Salut buat semua simpatisan dan penggemar ternak lele.....
    Saya ikutan donk...!!!
    Kepingin usaha ternak lele lagi cuman kesulitan untuk cari bibitnya. Saya tinggal di daerah Cimanggis. Mudah-mudahan ada yg bisa kasih saya info dimana saya musti cari bibit. Ini no hp saya 081514032568. By the way thanks a lot for your kind help...brgds chakoens

    ReplyDelete
  115. hai saya salah satu pembaca setia blogger anda! ada yang mau saya tanyakan,untuk kapasitas 1 meter kolam membutuhkan bibitan lele berapa?
    mohon dibalas ke Email tyo_uzumaki@yahoo.com

    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  116. Dear all,

    Saya udah dapet lokasi untuk beternak lele. Walaupun harus sewa lahan seharga Rp 200.000,-/thn dengan luas empang 1000 M2.
    Nah...cuman masalahnya sekarang saya masih kesulitan untuk cari bibit lelenya...ada yang bisa bantukah???
    Thanks...
    Brgds,
    cHa'KoEnS

    ReplyDelete
  117. Dear all,
    Kemarin saya udah dapet lokasi untuk beternak lele. Sewa lahan/ empang 1 tahun cuman Rp 200.000,- doank. Luasnya kurang lebih 1000 m2. Lumayan kan...cuman saya masih belum dapet bibitnya nih...please help donk!!!
    Thank you for all.

    ReplyDelete
  118. @Chakoens
    Saya juga pemula, coba di pasar parung/peternak parung, kalo pasar parung setiap senin & rabu pagi kalo tidak salah (sebelum jam 7 pagi)

    ReplyDelete
  119. dear anonymous
    Trim's atas infonya...
    Rencana baru bisa minggu besok ke parung nya...
    Sibuk lagi menata tempat buat taruk bibit.
    Sekali lgi terimakasih buannnyyyyak ya...

    ReplyDelete
  120. hai......salam kenal semua.....
    aku mo minta saran nich???namaku firdyan panggil aja dyan aku baru ternak lele sekitar 6 blanan, jelas pastinya pengalaman terhadap ternak lele masih kurang....aku mo tanya nich?berapa sih idealnya luas kolam kalau jmlah lele 7000 rb???dimana bisa mendapatkan ENSYM WONDER???kalau ada yang mo kasih saran tlg email di : firdyansasmito@yahoo.co.id or : 081556640713(dyan)

    ReplyDelete
  121. hai smua..........bole gak join pengalaman tentang budidaya lele?apa tidak melanggar hukum jika kita menggunakan formalin untuk menambah kekebalan lele hingga 6 bulan?adakah cara yang lain gitu?makanan tambahan apa saja yang baik untuk lele,dengan tujuan meminimalisir pengeluaran untuk pakan pelet???
    email aj ney di sini: firdyansasmito@yahoo.co.id
    atau di hp : 081556640713

    ReplyDelete
  122. mau tanya,bagaimana pemberian pakan pada lele yang baik,sehingga bisa menghemat pakan?

    pertanyaan kedua mana yang lebih cepat besar lelenya pakan limbah atau pakan pelet?
    terimaksih,saya tunggu jawabnya
    email saya bagus_denpasar@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  123. Betul, bisnis lele memang menghasilkan. Ayahku sudah membuktikannya...beliau usaha pembibitan lele juga pemasaran lele konsumsi

    ReplyDelete
  124. Saya Kagum Dengan Pengemar Lele di Indonesia..Kalo boleh, kongsi info dengan kami di Sarawak...Saudara/i boleh berkongsi maklumat di blog kami di www.ratukeli.com

    ReplyDelete
  125. wah asik banget ceritanya...
    btw boleh jg tuh tips nya di coba...

    btw gmn biar cepet laku lelenya??
    berdasarkan pengalaman ja???

    ReplyDelete
  126. ternak lele itu asik dan gampang" susah pada awalnya saya pembesaran lele selalu rugi tidak pernah untung tapi setelah secara tidak sengaja saya mengenal produk ini sekarang setiap panen bukan untung lagi tapi benar" untung yang biasanya untuk 7000 bibit saya menghabiskan 13 - 14 kantong pakan (30Kg/kantong) sekarang hanya 6 kantong itupun sudah saya kasih pakan yang paling murah jadi yang biasanya untuk pakan 7000 ikan saya menghabiskan biaya 2,9 jt sekarang hanya 810 ribu dgn masa max 60 hari.jadi keuntungan bersih saya dari 7000 bibit 5 jt bersih. bagi nyang berminat akan produk yang saya pakai bisa kontak ke;081542199211 atau ke; rudysausele@ymail.com

    ReplyDelete
  127. trus,bagaimana kalau kolamnya cuma punya ukuran 2x1x1?mohon bantuannya soalnya saya baru belajar berterbak ikan lele,maklum baru amatir.terima kasih.

    ReplyDelete
  128. hii bandung saya menjual lele nih apabila anda bermminat hub saya di 081320095389 haraga nego thx

    ReplyDelete
  129. Ada cara bertenak lele untuk tempat yang sempit, saya tidak punya tanak yang lebar, tapi saya sangat ingin saya beternak lele, kemudian saya menggunakan drum plastik 200 ltr, saya taruh di lantai II rumah saya, ternyata hemat tempat juga .!

    ternaklele.blogspot.com

    ReplyDelete
  130. Trims atas info nya, skalian mau konsul buat ternak lele ada perbandingan antara jumlah bibit sm luas kolam ga? saya punya kolam ukuran 300m rencana nya mau d tanemin lele tp bingung bt jumlah bibit nya..thx ya..

    ReplyDelete
  131. teman teman saya mau naya nih untuk ciri lele python gimana ya ?
    soalnya didarah saya da lele warnanya merah kata si empunya sih itu jenis python .
    dan cepat mana pertumbuhan antara lele Python,sangkuriang dan dumbo?
    untuk ukuran 15x10 tebar benihnya brapa kalo bibit 4x5?
    thank's atas jawabnya.........

    ReplyDelete
  132. Untuk mengetahui semua informasi dan rahasia walet terbaru silahkan klik : Walet
    Sarang Walet
    Sarang Burung Walet

    ReplyDelete
  133. Dear teman-teman, kelompok usaha Ikan Lele kami sudah siap jual bibit/daging.
    untuk wilayah jakarta,Tangerang,Bintaro, Ciputat, Pulang dan sekitarnya. jangan ragu untuk bertanya tentang harga kepada kami, tidak jadi tidak apa.

    CP : Rio 0818-166067
    email : rio_kurniawan2003@yahoo.com
    (online 24 Hrs)

    ReplyDelete
  134. menjual ikan lele segar dengan harga 9750/kg berminat hub 081320095389 atau email T4m84k_bj@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  135. usaha sambilan selain ternak lele kunjungi (http://www.asiabersama.com/?id=R-Lui-S)dijamin Anda tidak rugi!!!

    ReplyDelete
  136. kalau ada yang butuh benih lele ditempat kami ada daerah Surabaya,indonesia kontak Eioda 081233330556 atau 03171022993
    kuran 1-2cm harga Rp40,-/ekor
             2-3cm harga Rp50,-/ekor
             3-5cm harga Rp80,-/ekor
             4-6cm harga Rp110,-/ekor
             5-7cm harga Rp150,-/ekor
             7-9cm harga Rp200,-/ekor

    ReplyDelete
  137. Sya luqman. baru mau mulai beternak lele sangkuriang, saya lagi nyari benih lele sangkuriang, bagi yang punya benih lele sangkuriang dan berdomisili dekat dengan daerah saya di brebes jawa tengah hub saya luqman 081931808263 / gemes-nemen@yahoo.com

    ReplyDelete
  138. saya mau ternak lele di balikpapan, tapi saya kesulitan mencari bibit lele, jika ada yang punya informasi bibit lele tolong kirimkan ke pri_bpp@yahoo.com, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  139. Cool....thanks buat tips n blognya bro...:-D gw udah putus asa,forex gw bangkrut hix...hix...untung nemuin blog ini :-) sukses usahanya ya ;-)

    ReplyDelete
  140. saya peternak lele khusus benih bila ada yang perlu hub.081563405943.

    ReplyDelete
  141. lagi btuh info.....,sy sangat trtarik dengan blog n kiat usaha anda.sy sudah buat kolam dgn ukuran 4x5 mtr tp bukan dengan sistim gali(bagian bawh tanah berbatu)krn sgt sulit u/di gali..olh krn tu sy gunakan bambu u penyangga tiap2 sisi n sudut kolam dan memanfaatkan terpal utk menutup bagian bawah n seluruh bagian kolam,,yg sy agk bingung,,bagaimana peluang persentase kehidupan bibit bila keadaan kolam seperti itu? mohn info n masukan dari rekan2 semua ke niqie23@gmail.com.trimz....

    ReplyDelete
  142. hey....salam kenal buat yang ada di forum ini.
    saya mau usaha pembesaran ikan lele yang berlokasi di pekalongan,soalnya saya masih amatiran tentang pembesaran ikan lele,aku punya kolam ukuran 8x4,sebelumnya saya sudah pernah nebar bibit lele sebanyak 3000ribu tapi banyak yang pada mati hampir ribuan bibit lele,emang saya dasarnya masih awam soal pembesaran lele jadinya kayak gitu.
    tolong bagi anda yang pingin bantuin saya tentang pembesaran lele sharing saya di no 085640046203 bisa sms atau call,bisa lewat email di billy_orlando@ymail.com.kalau bisa saya pingin tahu dengan detail tenteng pembesaran lele.
    sebelumnya saya berterima kasih bagi yang mau bantu saya dalam pembesaran lele.

    pemborong lele di daerah pekalongan ada gak?

    sharing saya secepatnya ya,soalnya saya butuh banget tenteng pembesaran lele.

    ReplyDelete
  143. Salam semuanya
    Tanam lele musim hujan emang untung-untungan ada yang berhasil ada juga yg blm berhasil karena curah hujan yg tinggi menyebabkan suhu air jadi rendah, sedang lele bisa hidup sehat pd kisaran suhu 26-28c. Dari pengalaman tanam lele dari panen ke panen supaya bisa menguntungkan ada beberapa yg harus di perhatikan yaitu pola tanam,ukuran benih dan pakan ikan. Ada beberapa trik supaya anda bisa untung besar. silahkan contak gratis via email ke lkandriana2@gmail.com

    ReplyDelete
  144. bagi pemula2 yang mau usaha ternak lele silahkan consul gratis ke ane mudah2an bisa bantu anda
    dari pengalaman ane. lkandriana@gmail.com

    ReplyDelete
  145. iqbal_hafiz3yahoo.comMarch 24, 2009

    Halo saya juga pembudidaya lele, namun usaha saya baru berjalan 1 bulan. Saya ingin minta informasi tentang pakan alternatif utk lele. Posisi saya di yogya. Kira2 ada ga yg bs bantu saya? Tolong kirim k email saya: iqbal_hafiz3@yahoo.com

    ReplyDelete
  146. Blog walking mas,

    Good idea, bagus sekali mas buat yang mau usaha sendiri. memang beternak lele itu sangat mudah asalkan kita punya tanah kosong. saya juga pernah ternak lele, tebar benih sekitar ibu jari, untuk makanan bisa nasi bekas, dedak katul, pelet atau kotoran sapi tunggu 3 bulan bisa langsung dipanen.

    ReplyDelete
  147. dengan dana dan lahan yg sgt terbatas, soale baru mo belajar dulu sampai intermediate setidaknya, saya mo nyoba dulu pendederan lele. tingkat kepadatan ideal berapa ekor per meter 2 / 3 air sech?

    ReplyDelete
  148. untuk pendederan, kepadatan ideal benih lele ukuran 2-3cm berapa per ekor per meter 2 / 3 sech?
    hehehe........ br mo belajar nech semoga sukses buat semuanya.

    ReplyDelete
  149. hallooo teman-teman yang membutuhkan bibit belut bisa hub. saya di 085735030654

    ReplyDelete
  150. saudaraku juga lg nyoba ternak lele. hehe... awalnya emang ada yg mati. krn kena air hujan yg ngalir dr genting. tnyata sensi juga ya. ktnya klo air hujan langsung sih gpp. tp klo dr genting/talang bisa mati bibitnya. ya...pengalaman kt saudaraku. namanya juga belajar. jangan nyerah man...

    ReplyDelete
  151. yuhui... bisa diikutin nih nyoba ternak lelenya. sukses ya...

    ReplyDelete
  152. yuhui... asyiok juga buat ngisi waktu luang nih

    ReplyDelete
  153. hyyy hyyy ikan lele

    ReplyDelete
  154. Thank blog nya, bagus sekali.
    Untuk informasi, ada jenis lele baru, dgn masa panen lebih cepat, 2 bulan dah bisa panen.
    Info lengkap bisa dilihat di www.trubus-online.com.
    Bulan ini juga ada pelatihannya di trubus.
    OK, sekian dulu. jacklasanovic@yahoo.com

    ReplyDelete
  155. bagaimana perhitungan yang efektif jika ingin menjadikan bisnis yang lebih serius, minimal berapa ekor agar mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan. denger2 lele akan lebih cepat besar jika diberi makan usus ayam. senang berbagi dengan anda.
    blog saya konsentrasinya aga beda: mchilmy.blogspot.com

    ReplyDelete
  156. ass, saya sudah coba usaha lele di air kolam dengan 1000 ekor benih ukuran 8-10cm. setelah 6 bulan, panen saya cuma tinggal 20 ekor saja. Kenapa yaaa???. makanannya selama ini pelet setiap hari diberikan. tolong dong bantu saya!!!

    ReplyDelete
  157. AnonymousMay 04, 2009

    hai...

    gw criz,baru mw mulai usaha lele.
    untung gw neme blog ini.

    makasih bgt bwt sarannya.

    doain aj gw bs sukses

    oh iya bole tw nga alamat email para pengusaha lele,gw mw share sama beliau2x,siapa tw gw dpt ilmu n pengalaman.emeil gw d merockapella@yahoo.co.id

    Thanx sebelumnya

    ReplyDelete
  158. terima bibit lele

    hubungi
    riska 08564 956 1236

    untuk wilayah madiun

    ReplyDelete
  159. AnonymousMay 04, 2009

    mas kasih info donk...
    saya baru mau mulai ternak nih...
    gmana tips nya...
    dan budget nya...

    ricassijeniusdungu@hotmail.com

    ReplyDelete
  160. Disini saya akan memberikan harga bibit ikan lele ( Clarias Gariepinus).. dan berbagai ukuran :

    1. Benih ukuran 5 - 6cm= Rp. 175,- (minimum Order = 20,000 ekor)

    2. Benih ukuran 7 - 8cm= Rp. 225,- (minimum Order =15,000 ekor)

    3. Benih Ukuran 9 - 10cm= Rp.275,- (minimum Order = 10,000 ekor)

    4. Benih Ukuran 11 - 12cm=Rp.325,- (minimum Order = 5,000 ekor)

    Bibit kualitas bagus, langsung ambil dari kolam...!!!

    Untuk partai besar, harga bisa nego.....!!!!!

    NB: " Ongkos kirim tergantung jarak "

    Sistem Pembayaran : Cash

    Order pengiriman : Informasi 2 hari sebelum kirim ikan

    Rekan2 bisa hubungi aku di :

    08156153462
    021-8715000
    oni.jump@gmail.com
    matanggonad@gmail.com
    tonisadikin@yahoo.com ( yahoo mesengger )
    ANUGRAH SUKSES MANDIRI FISH FARM

    Untuk penawaran bisa sms / email, dan penawaran berlaku hingga ada informasi lebih lanjut. atas perhatian dan kerjasama para petani ikan air tawar
    saya ucap kan banyak banyak terimakasih,

    "sukses selalu buat petani ikan air tawar"

    ReplyDelete
  161. AnonymousMay 10, 2009

    saya butuh ikan lele ukuran 1kg 3 atau 4 ekor buat pemancingan kebutuhan 1 hari 50kg sabtu ma minggu 1kwintal,saya berani harga 9000/kg ikan kirim ditempat.klo ada hub ke onthelers_bos@yahoo.co.id atau 08561464622.domisili jakarta selatan bintaro

    ReplyDelete
  162. AnonymousMay 12, 2009

    Dear All,

    Mohon bantuannya..saya tertarik sekali untuk ternak lele ini..tapi saya tidak punya lahan yang strategis..apaka bisa lele itu di budidayakan di dalam kolam yang terbuat dari semen dan di tingkat yang lokasinya di PERUM teptnya saya mau buat di depan rumah saya sendiri...kalo ada saran tolong contact to 081211656875

    ReplyDelete
  163. AnonymousMay 14, 2009

    selain lele mungkin ternak kodok juga asyik lo orang kaya itu seneng banget sama swike padahal di islam itu haram tapi utk tambah penghasilan napa tidak

    ReplyDelete
  164. mau tanya nih..ada info untuk penjual bibit lele & pakannya di daerah kalimantan selatan tepatnya di daerah batulicin & kotabaru. bibit harga berapa???pakan per kg brp
    ??

    ReplyDelete
  165. nee dia yang aku cari... saya juga mau ternak ikan lele..
    tapi baru mau bikin kolamnya he..he...

    saya juga jual tanaman hias loh....liat doong...damarsari.

    ReplyDelete
  166. AnonymousMay 29, 2009

    Untuk temen-temen di wilayah eks Karesidenan Surakarta. Saya ingin menawarkan Induk dan bibit ikan lele nih. berikut harganya:
    1. bibit lele (10-12 cm): Rp 300/ekor (minimal 500 ekor).
    2. Induk Lele (1-2Kg) : Rp 20.000/Kg.
    3. Ikan Konsumsi (80-125 gram: 11.000/kg (Minimal 10 Kg)
    kalau ada yang berminat sms aja ke no 085728331187.

    ReplyDelete
  167. "sungguh luar biasa blog anda ini,blog anda membuktikan bahwa lele adalah makanan yang tidak kalah duanya dengan jenis makanan laut yang di gemari.
    saya beri acungan jempol untuk ide anda prihal pemakaian terpal pada kolam,
    itu sungguh membuat kita menghemat uang dan dari segi perawatannya sangat mudah.
    namun ada beberapa pertanyaan yang mengganjal di diri saya.
    @ apakah jika kita menggunakan terpal pada kolam kita akan merubah ph air yang terkandung di dalamnya,,setahu saya terpal/plastik pembuatanya mengandung bahan kimia.
    @ bagaimana cara kita menanggulangi kebocoran pada terpal kita yang di akibatkan oleh binatang tanah seperti(tikus)?

    ReplyDelete
  168. Halo, saya ingin mencoba ternak lele di akuarium rumah yg ukurannya tidak seberapa besar, apakah hal tersebut tidak bisa saya lakukan mengingat lahan dan modal masih belum mendukupi untuk melakukan budidaya secara besar?

    Thx be 4 atas infonya ^^

    ReplyDelete
  169. saya boleh ikut jualan disini?saya jual lele piton siap panen dan bibitnya untuk info email aja ke barly_dwicaksono@yahoo.com atau sms/tlp di 081802650509

    ReplyDelete
  170. jual lele konsumsi ukuran 8-10 ekor/kg, FOB Bandung kapasitas per minggu 10 ton, bisa continue, 1 kali kirim min. 2 ton hub. 022-76123379

    ReplyDelete
  171. AnonymousJuly 16, 2009

    Asslmkm semuanya.. salam kenal..
    saya mau menewarkan marus/ darah sapi ssegar untuk pakan ikan, bagi anda yg membutuhkan, bibit patin, nila Dll. silahkan Email saya ke : Fauzanadzima@yahoo.com. terimakasih. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  172. Halo,saya juga tertarik ne dan udah mulai nyoba2 si.saya pake kolam dari semen ukuran 1,5x3 m,saya isi air sampe ktinggian 70cm.awalnya kolam itu saya isi air dan didiamkan seminggu lalu saya kuras lagi biar racun dari semennya hilang, baru saya isi bibit ukuran 3/5cm tapi ttp bnyk yg mati..tu knapa ya?

    ReplyDelete
  173. saya tertarik dengan ternak lele ini. namun yang masih menjadi kendalanya mencari bibit lelenya. kalo boleh sharing, tolong bagi infonya yang menjual bibit lele yang berkualitas. lokasi saya di purwokerto, kalo bisa yang dekat-dekat dari tempat saya. terima kasih
    infonya kirim saja ke onecaem@gmail.com

    ReplyDelete
  174. Bisnis Sepele Untung Gede………..!!!!!!!!!

    Disini saya akan memberikan harga bibit ikan lele ( Clarias Gariepinus).. dan berbagai ukuran :

    1. Benih ukuran 5 - 6 cm = Rp. 175,- (minimum Order = 15,000 ekor)

    2. Benih ukuran 7 - 8 cm = Rp. 225,- (minimum Order = 12,000 ekor)

    3. Benih Ukuran 9 - 10 cm = Rp. 275,- (minimum Order = 10,000 ekor)

    4. Benih Ukuran 11 - 12 cm = Rp. 325,- (minimum Order = 5,000 ekor)

    Bibit kualitas bagus, Dari indukan yang benar2 berkualitas,langsung ambil dari kolam…!!!

    …………..DIJAMINNNNNN…………..

    Note : ” Ongkos Kirim Tergantung Jarak ”

    Rekan2 bisa menghubungi melalui :

    08156153462
    021-8715000
    oni.jump@gmail.com
    matanggonad@gmail.com
    tonisadikin@yahoo.com (yahoo mesengger) ANUGRAH SUKSES MANDIRI FISH FARM
    http://www.kumislicin.multiply.com

    “Harga masih bisa berubah”

    ReplyDelete
  175. maksih mass saya kopi paste diblog saya n saya link blognya

    ReplyDelete
  176. Permisi,, Saya Oka dari kebumen
    Sy mau minta petunjuk sama para senior2 peternak lele mengenai kapasitas kolam dan isi bibit berapa
    saya punya lahan dipersawahan uk. 6m x 30m dalam 1,5m,kira2 berapa bibit yg bs saya taruh?kira2 berapa persen dari bibit yg ditaruh yg bs kita panen,,trims & tlg ksh infonya ke email saya: oka_sika@yahoo.com atau hp.081586726048,,,sy jg punya idea bgm kalo kita buat komunitas peternak lele di facebook,,biar mudah saling kenal,,trimsss

    ReplyDelete
  177. Untuk informasi lengkap budidaya lele, silakan beli buku "Panduan Lengkap Budidaya Lele", terbitan bukulaela. trims...

    ReplyDelete
  178. alhamdulillah dari tagline anda: "stop dreaming start action" udah sangat meng-encourage saya kembali yang tadinya sempet maju - mundur, mudah2an ini seterusnya dan sampai action...amiiin. mas rencananya saya bakal dipinjemin tanah seluas kurang lebih 1000m, saya udah bebrapa kali baca buku yang dipinjemin dan udah browsing ke beberapa situs dan blog untuk mencari referensi usaha apa yang cocok. karena saya akan keluar dari kantor tempat saya bekerja dan akan full fokus untuk usaha saya ini. rencananya saya akan bisnis ayam kampung dan lele di bawahnya. mohon bantuan dan wejangannya juga mohon doa dan dukungan dari teman - teman wira usaha. karena saya sangat blank dalam masalah wira usaha ini. terima kasih. bantuan dalam bentuk apapun ditunggu di siagalaut@yahoo.com

    ReplyDelete
  179. ass.wr.wb sekedar info sana untuk temen2 yang membutuhkan benih lele, kami menyediakan benih lele berkualitas untuk lokasi bandung dan sekitarnya,harga bersaing,
    silahkan untuk hubungi kami di 085441653 (indra) atau di il_lukmanalkmaar@yahoo.co.id atau bisa datang langsung ke lokasi pembenihan kami.

    ReplyDelete
  180. @For Oka - untuk luas kolam yg anda miliki dapat tebar bibit 25-30ribu. Kuncinya, air kolam harus terawat dan pakan harus cukup. Untuk menambah pertumbuhan bisa gunakan pula probiotik.

    salam
    symbiorganik.com

    ReplyDelete
  181. @to payoyo - sebelum bibit ditebar, lakukan langkah2 berikut :

    1. keringkan air kolam
    2. Tebar pupuk kandang 1kg, urea 1kg, TSP 1kg
    3. Isi air setinggi 60cm
    4. Beri larutan probiotik secukupnya
    5. Biarkan air kolam (jgn dulu diisi bibit)selama seminggu
    6. Tebarkan bibit
    7. Selama 4 hari sejak bibit ditebar jangan dikasih makan dulu
    8. Hari ke-5 silahkan diberi pakan secukupnya, jangan berlebihana
    9. Supaya tahan penyakit dan ikan selalu sehat, campurkan pakan dengan Biostimulat 3x seminggu

    Selamat mencoba

    ReplyDelete
  182. Saya petani pembesaran lele, mencari agen besar/pengepul besar untuk dapat diajak kerjasama. kapasitas produksi 1 ton per minggu. terimakasih. (hary : 085885241128)

    ReplyDelete
  183. hallo...
    aku yuni, baru mo ikutan budidaya ikan lele, nich...
    nggak nyangka ketemu blog ini... ternyata banyak tmen2..
    tapi aku dari palembang nich.
    doain semoga berhasil ya..

    ReplyDelete
  184. hallo
    aku yuni, baru mo ikutan budidaya ikan lele, nich.
    nggak nyangka ketemu blog ini.ternyata banyak tmen2..
    tapi aku dari palembang nich.
    doain semoga berhasil ya.

    ReplyDelete
  185. untuk bibit 2000 ekor berapa banyak ya kebutuhan pakan nya??

    ReplyDelete
  186. saya jual cd cara budidaya lele yang benar. dari proses pemilihan bibit sampai panen
    sehingga menghasilkan uang melimpah ketika panen tiba. jika berminat silahkan hub.
    saya di 081911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD budidaya di bid.
    peternakan, pertanian, perkebunan, dan perikanan. download katalog CDnya
    di http://tinyurl.com/katalogCD

    ReplyDelete
  187. bagus blognya. bikin orang ingin menciba. saya jg punya usaha sampingan memeliahara lele disamping rumah saya.

    ReplyDelete
  188. Dear All..
    Perkenalkan saya Anam domisili Cirebon. Saat ini saya usaha pembibitan lele dengan kapasitas produksi 200 ribu ekor bibit/bulan ukuran 5-7 cm, kini sudah mencapai 75% total produksi. Kami siap menyuplai daerah Cirebon dan sekitar Jawa Barat, harga perekornya dapat nego mengikuti kondisi pasar. Bila ada yang berminat hubungi kami di nomor +628567522110 atau via email : bibitunggulan@yahoo.com. Silahkan berkunjung ke tempat kami, kami sangat senang dapat bekerja sama dan melayani Anda.

    Salam sukses,

    Khoirul Anam
    08567522110
    (bibitunggulan@yahoo.com)

    ReplyDelete
  189. saya petani lele pembesaran skala kecil-kecil,butuh penampung 1/2 ton-1 ton harga Rp 11.000/kg
    1 ton gurame harga Rp 28.000/kg
    wilayah ciledug-tangerang.

    contac person : 081385533330 fathul

    ReplyDelete
  190. KAMI MENJUAL PELET TENGGELAM UNTUK PAKAN LELE KOMSUMSI BUATAN KAMI SENDIRI, HARGA 4500/Kg Franco Semarang, Minim Order 2Ton. Serius Hub 081225119193

    ReplyDelete
  191. salam..
    saat ini saya menjual CD cara budidaya ikan lele yang

    benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD. jika ada yang berminat silahkan

    hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

    ReplyDelete
  192. saya minta infonya dong merk probiotiknya dan biostimulat campuran pakannya.thx

    ReplyDelete
  193. salam kenal nih sorry baru gabung. kalau menurut pengalaman saya dalam pemeliharaan lele dari benih sebaiknya kolam full di tembok dan air di usahakan bersih dari lumpur dan sering di kuras min 2 kali seminggu karena dengan banyaknya lumpur akan menimbulkan bau pada airnya dan juga lele akan rusak karena gesekan dan penyakit. sebaiknya air tetap mengalir sehingga tidak terjadi endapan bekas pakan yang tidak termakan menjadi racun. mudah2an berguna tips saya untuk semua peternak. maju terus peternak lele

    ReplyDelete
  194. Hi pecinta lele, Ternak lele hal yg plg mudah, cukup sediakan kolam terpal bekas spanduk uk. 4x6m bisa jadi kolam uk 2.5 x 3.5m yg harganya cuma Rp.250.000. uk tsb bisa diisi dg 1500 ekor lele uk. 9-10 dan dari pengalaman saya bisa dipanen 2.5 bl dg isi 7-10 ekor/kg. Bagi yang mau ternak lele saya sediakan bibit murah dan dijamin sehat dari hasil perkawinan alami. uk.3-4 s/d 9-10 harga 100 - 300 perak. mutakin@jayaschool.org

    ReplyDelete
  195. sebelumnya terimakasih atas informasi sebelumnya. saya disini mau tanya. bibit yang paling bagus n menguntungkjan itu sebenarnya bibit yg mana sih??? ada Dumbo, ada Sangkuriang, Ada Phiton dll. cepet mana gedenya dan lain lain
    terimakasih atas informasinya rekan rekan semua saya juga sudah punya kolam tapi lelenya nggak jelas bibitnya apa ini

    ReplyDelete
  196. pak agusMay 22, 2010

    SAYA MAU NAWARIN BIBIT IKAN LELE SANGKURIANG 1-2CM :RP 60/EKOR 2-3CM :RP 80/EKOR 3-5CM :RP 100/EKOR 5-7CM :RP 125/EKOR 7-9CM :RP 150/EKOR JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB SAYA :081 233 022 331/0351 805 8149/085 736 341 780 (CALL OR SMS) lokasi saya di ngawi madiun Jatim


    JUAL IKAN LELE.:
    SETIAP BULAN SAYA PANEN LELE SEKITAR 2-3 TON
    kALAU ADA YANG BERMINAT SILAHKAN HUBUNGI SAYA
    siap antar sampai tempat
    DI 085 736 341 780/ 081 233 022 331 SMS/CALL

    ReplyDelete
  197. kalau ada yg bth benih lele dumbo, bisa kontak kita, harga miring. ukrn 3-4 cm Rp. 75, ukrn 5-6 Rp. 150. minimal order 5.000 ekor ya. kontak aja ke 08129071744

    ReplyDelete
  198. kang. saya mau tanya. apakah setelah lele mulai besar harus dipindahkan dari kolam pembibitan ke kolam baru? atau tetap dipelihara dalam satu kolam dari bibit sampai besar?

    terima kasih.

    ReplyDelete
  199. wahhhhh...........

    bagus pak sip,...
    UKM Usaha Mandiri, Budidaya Ikan Lele yang sangat membantu ekonomi kita.

    saya punya panduannya pak, jika ndak keberatan, bisa melihat ke blogku.

    ReplyDelete