Tuesday, August 08, 2006

Usaha bikin stempel warna kilat!

Pernah lihat stempel kan? Banyak organisasi pakai stempel, mulai ketua RT, ketua OSIS, kepala sekolah, pak camat, pak bupati, toko roti, toko komputer, toko batik, pt. ANU, pt. INU, CV. ITU, CV. INI, Univ. AKI, Univ. IKU, ITB, IBT, ITS, IST, STIE, STIA, buanyak deh (hehehe). Nah jenis stempel ada yang sederhana (harga 10rb-an di pinggir jalan kaki5,ada juga yang menarik dengan desain rapi dan berwarna-warni).
Kalau pernah ke Gramedia, mungkin sepintas teman-teman pernah lihat spot area usaha yang melayani pembuatan stempel warna kilat tanpa bantalan, bisa ditunggu barang sejam dua jam-an. (Kalau stempel yang harga 10rb-an, biasanya pakai bantalan tinta dan bergagang kayu; desain masih agak kurang halus, soalnya hand made, dan hanya bisa 1 macam warna). Nah kalau yang stempel warna ini, lebih halus (computerized), pakai warna bisa lebih dari 1 macam (misal dalam 1 desain stempel bisa kita pakai 2 warna), gagang plastik, tinta menyatu dengan gagang stempel, bisa di-refill kalau habis. Harga jual stempel ini ke customer beragam, tergantung ukuran stempel dan banyaknya warna. Coba saja lihat2 ke yang ada di Toko Buku Gramedia, mungkin bisa jadi bahan perbandingan, tinggal kita turunkan sedikit price kita, biar menarik customer. Perkiraan sih, sekitar 50 - 150 rb per stempel :) Soal proses pengerjaan stempel ini cepat koq, gak ada 1 jam.
Nah kalau ada yang berminat mau buka usaha tersebut, yang dibutuhkan adalah : skill menggambar, khususnya logo (biasanya sih pakai program CorelDraw meski gak mutlak, pokoknya S/W yang bisa output ke print -Word, Excel,dll; kalau belum bisa coba ambil kursus singkat CorelDraw, 4-5 hari); terus punya 1 set komputer, punya printer laser (printer second gak masalah, harga yang baru pun semakin murah, coba cari HP 5L atau 6L atau 1010); mesin/alat pembuat stempel; kios/garasi rumah yang posisinya marketable/mudah dijangkau konsumen.
Kalau soal promosi, bisa pakai iklan koran lokal, bikin brosur, atau pasang spanduk di depan tempat usaha kita. Melayani antar jemput jadi nilai tambah plus usaha kita. Nah kalau belum punya alat pembuat stempelnya, bisa kontak kami. Harga mesin rakitan pembuat stempel (lengkap, termasuk bahan-bahan, tersedia 9 macam warna) = Rp 4.500.000,- (belum termasuk ongkos kirim keluar kota). POINTER Media 0819 3119 8080.



Jadi hitung-hitung globalnya seperti ini: komputer 1 unit (kondisi 2nd gak masalah, 2 juta an), printer laser (1 juta an), alat stempel, spanduk/plang usaha (katakanlah 5 juta an). Langkah awal, coba pakai garasi rumah dulu atau ruang tamu disekat jadi kantor usaha, juga OK :D ... ya total sekitar 8-10 juta an modalnya.
Kalau sehari dapat 1 order stempel=50 rb; kalau 2 stempel=100rb, sebulan 3 juta! (hmmm .......... amien). Sorry, just an intermezzzo! :) Never give up, dont be afraid to try anything! Salam.

21 comments:

  1. Terima kasih responnya teman-teman. Pertama mohon maaf bagi yang sempat "mengintip" first opening price kita, ada penyesuaian nih (revisi harga) hehe ... maaf ya (salah kalkulasi)! Berikutnya, pertanyaan soal quality, memang kualitas output mesin rakitan ini tidak seperfect yang spt di spot TB. Gramedia (mesin seperti itu bisa belasan juta tuh harganya). Tapi masih lumayan bagus lah, untuk common customer --ya asal jangan kelas stempelnya untuk PT Telkom atau Bank Mandiri atau DEPLU, yg anggaran stempelnya berjuta duit(hehehe)-- Ukuran stempel standard, sama dengan umumnya. Berat packing keseluruhan (mesin dan bahan-bahan) sekitar 5 kg an. Paket ini bisa menghasilkan hingga 50 buah stempel. Meski tersedia 9 macam warna, kami sarankan order nya warna dominan saja yang bakal sering dipakai customer, misal merah, hijau, biru.OK, sementara itu dulu tambahan informasinya.
    Sekali lagi, trims responnya. Salam!

    ReplyDelete
  2. Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

    Saya ada website cara mudah buat wang. Peluang cara mudah buat wang di sini.

    Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

    ReplyDelete
  3. ini adalah blog inspirator terhebat yang pernah saya lihat!

    ReplyDelete
  4. thanks for sharing your information. you ought to be a susess businessmen. Or one more steps, you will certaily get get sucess.

    ReplyDelete
  5. Hai, Di antara banyak blog yang saya lawati hari ini, blog anda antara yang hebat. Saya akan bookmark blog anda!

    Saya ada website kaya dengan cepat. Peluang kaya dengan cepat di sini.

    Lawatilah website saya bila ada masa lapang :-)

    ReplyDelete
  6. Ide gila - ide kreatif ga nyesel masuk blog ini, sukses terus dan bahagia.

    ReplyDelete
  7. Ada yang bisa kasi tahu aku bagaimana cara membuat stempel yang biasa? bukan stempel yang berwrna, Pls send me email at s_rachmad@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. Pengin tahu aja. Alat anda bisa untuk membuat stempel biasa (pakai bantalan) nggak? Sebenarnya prinsip stempel berwarna gimana sih?

    ReplyDelete
  9. aku mau coba usaha buat stempel ini.
    bisa kontek2 an gak? ada di chacha_amwa@yahoo.com
    udah ada yang mo order nech...

    ReplyDelete
  10. hallo...
    saya tertarik dgn mesin stempel anda.
    bisa tlg jelaskan lbh detail lg?
    biaya produksi per stempel brp?
    maksud dari bisa menghasilkan 50 stempel itu gmn?
    thanks a lot

    ReplyDelete
  11. Maksudnya, dengan paket starter yang Anda beli dari kami, kira-kira bisa menghasilkan sekitar 50 bh stempel (lha iya, kan di paket dikasih 50 buah gagang stempel, dengan catatan no error dalam proses produksi ya ... hehehe. kalo material starter habis, ya bisa belanja lagi, karet, tinta, gagang, dll). Keuntungan bisa sekitar 100 persen lebih. Kalo biaya produksi 25rb an, Anda bisa set price ke customer 50-75 ribu, jadi berapa marginnya hayo? Salam, thanks atas semua responnya :)

    ReplyDelete
  12. Kalo diliat dari prinsip pembuatannya, stempel tuh dibagi 3 macem : manual, runaflex, sama stempel warna

    1. manual, dari nama juga dah jelas, hand made! kelebihannya ya ongkos produksinya murah^^

    2. runaflex, dibuat menggunakan film (kalo ga punya mesin buat film, harus punya ruang gelap untuk prosesing-nya) trus film yang udah dibuat dipanasin pake lampu neon di dalam wadah tertutup.. dannn alakazam! jadi deh stempelnya! agak ribet memang. tapi jenis ini yang paling populer dipake, walau masih pake bantalan. Karena pake karet mentah, stempel ini cenderung lebih awet umurnya.

    3. Stempel Warna, nah yg satu ini favorit kita^^ praktis! pembuatannya kayaknya dah dijelasin diatas, pake mesin flash kedap cahaya. memakai karet sponge yg dapat menyerap tinta, jadi ga usah pake bantalan lagi... kelemahannya ya ada kemungkinana bocor kalo bagian stempelnya tertusuk ato sobek, gambar jadi ikut rusak. karena wujud karetnya sponge, ga boleh terkena sinar matahari langsung.. kalo ga mau kisut & kering. but... ini teknologi stempel paling canggih saat ini selain trodat ama emboss, so kalo emang tertarik bisnis ini... mulai aja dari sekarang... tuh dah di kasih harganya ama bos wirausaha^^

    mungkin ini bisa menjawab pertanyaan bos wisdom, tao kalo kurang jelas bisa email saya ke :
    y_tjah@yahoo.com

    ciaoo... salam sukses!

    ReplyDelete
  13. kontak person n no telp.

    ReplyDelete
  14. HEBAAAT...... HUEBOOOOHHHH!!
    MAX NYUZZZZ TENAN.THX BOZZZ

    ReplyDelete
  15. Mesin stempel warna kilat + alat potong = Rp 2 JUTA saja! Belum ongkos kirim.
    Minat? Hubungi : Pointer Media 0819 3119 8080
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  16. Boss, harga 2 jt...ada garansi gak???

    klo tanpa alat potong gmn?

    ReplyDelete
  17. Boss, alat stempel flash garansi bagaimana???? yang harga 2jt???

    ReplyDelete
  18. klo harga mesin segitu kelemahannya ada di lampu, teman saya juga usaha stempel tapi lampunya 2 bulan sekali ganti.
    untuk karetnya juga kadang ga bisa diisi. Apakah ada karet yang lebih bagus lagi ato alay yang lampunya tahan lama?
    terimaksih

    ReplyDelete
  19. mantap..ilham-production.blogspot.com, raja stempel

    ReplyDelete
  20. minta info toko yg jual alat buat stempel dskitar semarang dong bos,,,hub 0852324113333,,,mksh

    ReplyDelete