Saturday, April 02, 2005

Memulai usaha jasa pengetikan

MENGAPA
Beberapa alasan dapat menjadi jawaban untuk memulai usaha ini. Seperti: tidak semua orang memiliki mesin ketik apalagi komputer. Bila pun memiliki, tidak semua orang memiliki cukup waktu mengerjakannya. Kebutuhan pengetikan dokumen terjadi hampir setiap hari. Ketrampilan dan besarnya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini relatif mudah dan terjangkau.
BAGAIMANA
Siapkan kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan: 1 set komputer, 1 set printer, plang nama/neon box, kertas HVS, buku catatan transaksi. Bila modal untuk kebutuhan komputer juga belum tersedia, masih bisa disiasati dengan pergi ke tempat rental komputer untuk menyelesaikan order.
PERKIRAAN ANGGARAN
Perangkat komputer built up 1 set Pentium II kondisi second, sekitar 1 juta; ditambah 1 set printer 250 ribu; kertas HVS dan alat administrasi 100 ribu. Plang nama 50 ribu. Perkiraan total anggaran dibutuhkan untuk memulai usaha ini sekitar 1,5 juta rupiah.
AYO MULAI
Buat promosi kecil, bisa dengan menyebarkan brosur, pamflet, menempel poster promosi di tempat-tempat umum, membagi kartu nama, memasang neon box di depan lokasi usaha.
TIPS
Karena ini termasuk usaha jenis jasa, maka utamakanlah kepuasan pelanggan. Ini bisa membantu membangun citra/image positif bagi usaha yang sedang dirintis. Pahami dengan jelas "apa sebenarnya yang dikehendaki pelanggan", tentang outputnya. Konfirmasikan detil order yang diterima, untuk mengurangi resiko kesalahpahaman, sebelum memulai mengerjakan order ketikan. Usahakan penyelesaian order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila "kebanjiran" order, kurangi resiko dengan menolak order melebihi kemampuan beban kerja; atau bila memungkinkan, cari SDM instan baru (kerabat, sanak family, teman, dsb) untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah. Buatlah kebijakan penetapan harga yang kompetitif, dapat bersaing dengan pelaku usaha lain dengan jenis serupa. Misal untuk saat sekarang, biaya jasa pengetikan dokumen standar (kertas ukuran A4, margin 4-4-3-3 cm, ukuran huruf 12 point, spasi 1.5) = Rp 1000 /lembar halaman jadi, dokumen tabel = Rp 1500 /lembar halaman jadi, dsb.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat !

12 comments:

  1. betul mas, pelanggan adalah rekan sekaligus aset. sekali pelanggan kecewa .. sudah dapat kepercayaan lagi. jadi ... usahakan sampai pada titik pelanggan menyatakan "PUAS" ! :)

    ReplyDelete
  2. Thanks tuk masukannya. saya memang berniat buka usaha pengetikan.

    ReplyDelete
  3. lagi mulai nih, thanks for the info :-)

    ReplyDelete
  4. kalau ada yang butuh tenaga pengetikan bisa hubungi saya, tuh. saya bisa mengetik dengan sistem 10 jari dengan kecepatan tinggi dengan berbagai program komputer. hp saya, 087878660990. bisa dikerjakan di tempat atau saya bawa pulang. tks.

    ReplyDelete
  5. Buat Yang butuh jasa pengetikan layanan antar jemput hub. Dewi (081221857373)
    dijamin tepat dan cepat

    ReplyDelete
  6. BILA ANDA BUTUH TENAGA UNTUK LAYOUT,SETTING,DESIGN PLUS PENGETIKAN SAYA BISA BANTU (PENGETIKAN 10 JARI)CEPAT DAN AKURAT
    HUB: YANTO 031 - 91353791

    ReplyDelete
  7. AnonymousJuly 18, 2011

    Kalo usaha menerima pengetikan,itu harus ada ijin gak yak?

    ReplyDelete
  8. Bagi yang butuh jasa pengetikan online silahkan infonya baca di JasaPengetikan.com

    ReplyDelete
  9. Bagi yang membutuhkan jasa pengetikan untuk daerah sekitar ring road selatan yogya (Banguntapan, Piyungan, Pleret, Sewon, Jetis, Kotagede) silakan hubungi 085292395670

    ReplyDelete
  10. bagi kawasan jabode (jakarta bogor dan depok) yang sedang butuh jasa pengetikan silahkan hubungi 087884604313 (a.n zaenal) bergaransi. Tidak puas biaya kembali

    ReplyDelete
  11. “ JASA PENGETIKAN NAYA “
    Murah dan Terpercaya
    Kunjungi blog kami di…
    jasapengetikannaya.blogspot.com
    atau email ke :
    daniawan01@yahoo.com

    ReplyDelete
  12. infonya sangat bermanfaat...thanks!

    ReplyDelete