Tuesday, April 12, 2005

Jadi Web Designer, siapa takut ?

Kalau anda suka browsing di internet, mungkin akan pernah melihat ratusan atau bahkan ribuan jenis website yang ada. Mulai yang cool, menarik, biasa, hingga yang (hmmm ...) minimalis - beginner. Sekarang Anda ingin punya pendapatan, skill pas-pasan, tapi modal ada seperti komputer. Jangan patah semangat. Jadi web design freelance, berani coba ?

Modal yang diperlukan :
1 unit komputer kerja yang agak bagus speknya, misal (minimal) Pentium 3, RAM 128, HD 20 GB, VGA 32MB, ada CD ROM, support USB, floppy. peralatan tambahan (kalau sanggup beli): printer, scanner, CD-RW. Di dalamnya terpasang software semacam : Macromedia Dreamweaver, Macromedia Flash, Adobe Photoshop, (optional) : Swish, Fireworks, dll.
Kalaupun harus beli komputer, modal minimal dibutuhkan sekitar Rp 3 juta.

Berikutnya, untuk memulai usaha ini, pastikan dulu anda cukup memiliki skill/ketrampilan yang memadai untuk membangun sebuah website, minimal sebuah web statis (HTML pages). Komponen yang perlu dipahami : HTML, CSS, Javascript (bisa diambil dari freesource di internet), olah image (Photoshop), banner animasi (Image Ready atau Flash). Tingkatkan kemampuan dengan banyak belajar, membaca, dan berlatih; bisa lewat buku, e-book, tutorial di internet, mengikuti forum, milis, mengamati website buatan orang lain. Carilah banyak ide dengan sering surfing di internet. Cobalah asah kemampuan dengan membuatkan web pribadi untuk sendiri, untuk rekan, organisasi atau mantan kampus sekolah. Buat semenarik mungkin, minta tanggapan/masukan orang lain. Apa yang kurang/perlu diganti/direvisi. Setelah makin OK kemampuan kita, percaya diri !

Untuk memulai mencari client, coba tawarkan jasa web design kita lewat forum/media chatting, penawaran ke teman-teman via email, cari unit-unit usaha kelas kecil-menengah yang memasang iklan di media cetak dan belum memiliki website. Coba bikin demo web nya. Tawarkan dengan melalui proposal resmi. Calon client ini bisa : klinik, RS kecil, restoran, penginapan, hotel melati, guest house, apotik, cafe, organisasi nirlaba, keluarga agak mapan, rental mobil, toko kelontong, mini mart, lembaga kursus, salon, home industry, pemilik usaha perkebunan, perikanan, dll (anda bisa buat list sendiri).

Karena masih pemula, cobalah pasang harga jasa design dengan cukup ekonomis yang membuat calon client tertarik, tetapi kualitas hasilnya tetap perlu dijaga demi membangun image. Misal saja : Rp 200 ribu (8 - 10 halaman HTML). Ingat, semakin "cool" hasil pekerjaan, nanti dengan sendirinya harga "skill" kita pun bisa kita sesuaikan.
Cari di internet web hosting (tempat menaruh file-file web) yang cukup bonafid, tetapi harga agak "miring". Setidaknya, yang Customer Service nya OK.

Jangan lupa: buat media komunikasi calon client dengan anda dengan berbagai sarana: telepon, SMS, email, Yahoo Messenger, dll.

Kalau sudah mahir dengan static web, nanti coba menambah dengan belajar dynamic web-nya (pakai script ASP atau PHP, sekalian dengan database nya : MySQL, MS SQL, Postgres, dll). Selamat mencoba dan mulai berpromosi.

Bagaimana ... murah dan mudah kan. Semoga bermanfaat ! :)

5 comments:

  1. Sekedar pertanyaan sederhana. Dengan asumsi "murah dan mudah" berarti anda menganjurkan penggunaan software bajakan?

    - Macromedia Dreamweaver: $399
    - Macromedia Flash: $499
    - Adobe Photoshop: $599

    Padahal ada software-software murah/gratis/open source (Kecuali Macromedia Flash yang sayangnya tidak ada alternatif murah/gratis) yang bisa dijadikan alternatif.

    Sekedar himbauan.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas komentarnya mas :)

    Tulisan yang saya buat memang tidak/belum menyinggung aspek non-teknis sebuah proses kerja, semisal masalah copyright. Saya hanya melihat dari sisi praktis nya, karena memang begitu mudahnya mendapat pinjaman/copyan program-program tersebut di sini.
    Secara pribadi, saya sendiri salut dengan komunitas Open Source yang telah "berjuang keras" membantu publik dengan produk2 murah mereka (FREE malah).
    Untuk software2 open source yang fungsinya mirip dengan yang pernah saya sebutkan (under Windows), dan kebetulan bagi teman2 ingin mencoba menggelutinya, saya persilahkan (misal GIMP, HTML editor under LInux, dll), dan betul mas bisa menjadi alternatif, daripada nanti ribut-ribut soal copyright.

    *Di sini saya memiliki "sudut pandang" yang agak berbeda terhadap mainstream pemikiran mengenai istilah "pembajakan", seperti yang Barat dikte-kan kepada publik.

    ReplyDelete
  3. Jika ada yang memerlukan web hosting (tempat menaruh file-file web) yang cukup bonafid, tetapi harga agak "miring", dengan Customer Service yg OK, silahkan kunjungi http://www.aasyarif.com
    Harga hosting mulai Rp 900/bulan, Juga menyediakan jasa untuk pendaftaran domain .com hanya 82.500/tahun

    Tks

    ReplyDelete
  4. muantuap boss...
    aku sudah mulai bikin2 web..
    tolong di kunjungi dan di add link ya..
    makasih banyak..
    http://www.kpoolebusiness.com
    dan
    http://www.m4m3.co.cc

    makasih atas inspirasinya..
    maap webnya masih dalam prelaunch

    ReplyDelete
  5. Mantap bos..
    saya jg sudah memulai sedikit demi sedikit...




    kunjungi juga web blogspot sya di sini

    ReplyDelete