Friday, September 25, 2009

Kerja Tanpa Kantor Siapa Takut

Masih menyambung tulisan sebelumnya. Ini dapat ga sengaja dari jalan-jalan di internet. Artikel dari senior, Pak Onno W Purbo. Kayakna sih, artikel lama. Ya jadikan sebagai bahan bacaan tambahan, buat yang belum pernah baca. Silahkan menikmati.

Kerja Tanpa Kantor Siapa Takut

Mungkin tidak pernah terbayangkan oleh sebagian besar orang tua kita bahwa pada hari ini & kemungkinan besar dimasa mendatang bahwa bekerja tidak identik dengan berkantor. Pada tempo doeloe, bekerja di kantoran mungkin sangat bergengsi & menjadi kelas elit tersendiri pada generasi eyang, tante, oom & para orang tua kita. Kalau kita bekerja sendiri, di rumah - wah bisa repot urusan dengan mertua & orang tua. Di cap orang tak berguna lah, tidak terpakai dll … Sialnya, pada hari ini, para orang tua tampaknya harus gigit jari & menerima kenyataan bahwa justru semakin banyak & semakin bergengsi pekerjaan-pekerjaan yang tidak mempunyai pekerjaan eh kantor. Mengapa? Karena pada akhirnya yang di tuntut dari seorang profesional bukan absensi kantor-nya melainkan target / hasil / pencapaian objektif. Kecuali di lembaga pemerintahan, absensi tampaknya masih menjadi paradigma berkarya - yah selamat bertugaslah untuk rekan PNS.

Mungkin karena saya berada di dunia Internet, dalam banyak kesempatan saya ketemu banyak profesional dengan mobilitas tinggi, kalaupun mempunyai kantor sering kali meninggalkan kantor-nya - bahkan sangat lumrah jika pekerjaannya dikerjakan di rumah atau sambil ngobrol & minum kopi di café bersama mitra-mitra-nya. Leisure, hobby, kebebasan dan mengerjakan apa yang mereka sukai sangat dominan di diri para profesional tersebut. Bukan hal yang aneh jika kita melihat teman-teman profesional ini seakan tidak terikat pada satu kantor yang tetap. Pekerjaan kontrakan & servis yang mengandalkan profesionalitas & keahlian yang sangat spesifik menjadi sangat dominan diantara para profesional. Tampaknya, keahlian & kesukaan yang spesifik menjadi andalan para profesional yang umumnya masih muda antara usia 27-40-an tahun.

Penghasilan jangan di tanya … minimal Rp. 5-10 juta merupakan gross monthly income paling buruk diantara profesional ini. Jelas jauh lebih baik daripada fresh graduate yang umumnya Rp. 750.000 / bulan itu. Memang masih sedikit para profesional yang bekerja betul-betul bebas & sangat mobile seperti ini, tapi kecenderungan ke arah itu sangat menonjol terutama di rekan-rekan muda usia sekitar 30-an. Menjadi terbaik adalah dambaan dalam suasana kompetisi yang sehat. Pengakuan dilakukan secara langsung oleh komunitas, bahkan bukan hal yang luar biasa jika terekspose oleh media massa - karena mereka memang terbaik tanpa mekanisme KKN murni kompetisi & fight.

Laptop, palmtop, personal digital assistance (PDA), handphone menjadi peralatan yang sangat lumrah bagi para profesional tersebut. Yah minimal akses ke WARNET yang didukung dengan handphone menjadi ciri khas para rekan muda tersebut. Komunikasi yang intens menjadi ciri khas dari para profesional ini, e-mail traffic di berbagai mailing list yang diselingi oleh banyak berita SMS berseliweran di layar telepon genggam menjadi bagian integral kehidupan mereka. Bahkan sebagian besar berkas pekerjaan-pun banyak di kirim dalam bentuk attachment di e-mail. Memang kadang sebagian merupakan canda tawa diantara mereka, tapi itulah bagian dari ke akraban kehidupan di dunia tanpa batas yang banyak di nikmati terutama oleh profesional muda maupun mahasiswa / siswa.

Pada tingkat yang lebih serius, jangan kaget jika di kereta api, ruang tunggu airport, pesawat terbang melihat para profesional asik men-tik keyboard Nokia 9230 atau bekerja secara online pada PDA / Palmtop Jornada-nya yang terkait dengan PCMCIA modem dengan built-in pesawat handphone.

Unified messaging antara SMS, e-mail, FAX menjadi teknologi pemicu, teknologi unified messaging sudah sangat terasa saat ini - integrasi antara berita SMS ke e-mail ke FAX dapat menjadi saling terkait & sangat membantu para eksekutif & profesional mobile untuk bermanouver di dunia informasi.

Yah itulah kantor mereka, itulah gaya bekerja mereka, gaya hidup sebagian profesional muda yang sangat mobile pada hari ini. Bukan mustahil jumlah mereka akan semakin banyak di masa mendatang. Investasi peralatan US$400-1000 menjadi ter-justified dengan gross income minimal mereka yang antara US$500-1000 / bulan.

Kapankah anda mampu melakukan hal tersebut? Jelas bukan pada saat anda memiliki laptop, palmtop atau HP - hal tersebut akan terjadi dengan sendiri-nya pada saat anda memiliki skill keahlian yang sangat spesifik & diakui ke-profesionalisme-annya oleh komunitas. Umumnya bekas mahasiswa saya mampu mencapai tahapan tersebut dalam waktu 2-4 tahun, jika dipupuk dengan benar & baik di masa sekolah di perguruan tinggi & SMU.

Sumber :
http://artikel.total.or.id/artikel.php?id=1121&judul=Kerja%20Tanpa%20Kantor%20Siapa%20Takut [klik]

Anggap saja, bengkel kerja, workshop, rumah produksi, cafe, jalanan, bus kota, dan sebagainya tempat Anda berwirausaha, menjalankan usaha, running business, etc, adalah kantor Anda masa kini :)

15 comments:

  1. Yup setuju sekali. saya pun mulai mencari celah bisnis internet. sebagai langkah awal, saya buat blog tentang informasi dan pengetahuan praktis di www.ilmupraktis.wordpress.com satu lagi, saya beli waralaba idwebhost yaitu www.genrehosting.com kendala utama, sy tinggal di desa, tdk ada warnet, jadi lebih sering pake hp. trus karena sy orang desa, jadi masih gaptek gitu.

    ReplyDelete
  2. kalau buka usaha makanan tanpa kantor atau outlet kayak gimana ya bro?

    ReplyDelete
  3. @Miguna
    Bikin kue/makanannya, terus jual via internet, blog, pesbuk, twiter, prenster, dll. Delivery service. Gencar iklan di web iklan, jg bisa. Ga perlu outlet kan? hehehe. Cuma kalo bikin sayur asem-asem, kayakna susah kalo mo dikirim ke antar pulau, hahaha. Bikin kue kering aja. Kalo makanan basah, antar kirim dalam kota aja. Begitu bro ... :D

    ReplyDelete
  4. Semangat......
    Untuk apapun yang kita kerjakan pasti akan ada hasilnya.

    ReplyDelete
  5. kalu didesa susah dang belum ada teknologi lebih2 internet paling bisa usa beternak.

    ReplyDelete
  6. Mohon ijin utk memasukkan blog ini ke blog saya. Terima kasih..
    Isi yang sangat bagus dan bermanfaat. Sementara ini saya menggunakan internet hanya sebatas menimba ilmu belum merambah ke dunia bisnis yang menghasilkan seperti yang diceritakan artikel ini.
    Berhubung saya gaptek (Sesungguhnya saya sangat berminat di dunia IT, belajar IT baru sekedarnya itupun otodidak), mungkin suatu saat nanti ketika saya sudah mengerti lebih banyak di dunia IT, saya akan terjun di dunia bisnis.

    Btw, ada yang bersedia ngajarin ilmu IT ndak? Asal jangan mahal2, saya akan mengganti dalam bentuk rupiah atas waktu dan ilmunya. kabari saya via email anitasofjan@yahoo.com. Insya Allah saya akan cepat belajar karena saya tertarik dan suka dgn ilmu ini. INTInya saya benar-benar berminat.

    ReplyDelete
  7. luarbiasa blog yang satu ini, sungguh bisa memberikan insfirasi kreatif kpada semua orang.

    kami tunggu lagi info selanjutnya.

    ReplyDelete
  8. luarbiasa blog yang satu ini, sungguh bisa memberikan insfirasi kreatif kpada semua orang.

    kami tunggu lagi info selanjutnya.

    ReplyDelete
  9. AnonymousJune 05, 2010

    ijin copas artikel kerja tanpa ngantor ya..mau saya tampilin di blog saya..karena menurut saya artikel ini sangat inspiratif n memberikan pencerahan bagi orang2 yang lagi cari kantor buat bekerja..smoga smakin banyak yang baca artikel ini..btw, trimakasih sebelumnya atas ijin yang diberikan (mama ari)

    ReplyDelete
  10. tks atas pencerahannya..6oogling n akhirnya kecantol ma artikel luar biasa, jd penyemengat utk trs berkarya..tks ya..akhirnya terwujud hsl karyaku agar bs kerja tanpa kantor..ijin copas jg..tks

    ReplyDelete
  11. iya boz.. sy lg merintis usaha korden lg nyari mitra di medan balikpapan makasar manado bali jayapura mataram dan kota lainnya. krj sm bs dg modal n tnp modal. keuntungannya bsar

    ReplyDelete
  12. Bagus dan cukup menyegarkan, membuka sudut baru tentang "bekerja". Kreatiflah dalam menciptakan sebuah pekerjaan...

    ReplyDelete
  13. izin kopas bro..!!

    ReplyDelete
  14. Bagus artikelnya..SOHO ( small office home office)..

    Mau belajar website/toko online, langsung punya website sendiri? | Yuk, www.kursusonline.web.id

    Salam sukses,

    ReplyDelete