Monday, April 03, 2006

Video Shooting-Editing-Transfer VCD

Di sekitar/lingkungan kita secara rutin berlangsung berbagai macam acara atau seremonial, semisal acara pernikahan, sunatan, pengajian, kelulusan, sholat 'Id berjamaah, kerja bakti, dll. Bai sebagian orang, mereka ingin memiliki kenangan yang bisa dijadikan media sebagai pengingat momen-momen tersebut, seperti cindera mata, foto, dan film dokumenter/video. Di sinilah peluang kita menggali potensi bisnis dari apa yang penulis maksud di atas. Yakni usaha jasa video shooting, edit video, transfer video ke VCD atau DVD. Sebagai informasi saja, jasa seperti itu di kota Jogja, tarif jasa video shooting berkisar antara Rp 150 - 250 ribu. Sedangkan Transfer ke VCD Rp 25-50 ribu. Kalau transfer ke DVD lebih mahal lagi. Lumayan kan. Coba kalau dalam seminggu dapat 2 job order saja (hmmmmmm .... ) :)

Nah sekarang tinggal mikir bagaimana memulainya. Sebagai langkah awal, coba dulu kamu lakukan survey apakah usaha seperti itu sudah ada di kampung/desamu, di kecamatan, di kota? Seberapa banyak kompetitor, layakkah kita mulai dirikan?
Berikutnya, jika memang semangat pantang mundur (tak peduli dengan berapapun kompetitor) ya sudah dimulai saja. Pertama, beli buku-buku tentang Video Editing, Audio Editing, konversi video/audio dari format analog ke digital, dan emacamnya. Terus coba ambil kursus 1-3 bulan mendalami teknik shooting, teknik editing video dan seputar dunia itu. Tak lupa di rumah juga siapkan perangkat untuk mulai belajar praktik, seperangkat komputer yang bisa memfasilitasi kerja kita. Kalau modal tidak begitu besar, coba beli komputer kondisi second, sekitar 3.5 - 4.5 juta (sudah lengkap dengan fasilitas video edit/transfer seperti yang penulis maksud). Misal begini nih : CPU Pentium 3-866/RAM 128 MB x 3 keping / Hard Disk 40 GB / VGA 128 MB / CDRW / FDD / Sound Card / Monitor 15" / Printer / Aksesoris / CD Blank 100 keping (1 box); ditambah + Firewire + Snazzi (optional, komponen yg ini harga agak mahal: 600 rb - 1.5 juta). Terus, perlu juga punya Camcorder (untuk shooting nya), camera digital atau analog. Harga yang digital, dari yg murah meriah 1.5 juta-an juga ada. Kalau bisa pinjam dari teman, saudara, kerabat, lebih syukur lagi (hehehe, sambil nabung uang, nantinya biar bisa beli sendiri).
Coba praktek dari shooting sederhana, acara keluarga, acara kelas/sekolah, dst. Edit, transfer ke VCD kasihkan ke teman-teman/keluarga. Minta ongkos ganti CD nya aja :) Minta tanggapan/kritik dari mereka, biar bisa sebagai bahan peningkatan kualitas skill (ketrampilan) kita, biar makin profesional.
Bagaimana, berminat? Langsung saja mulai! PLANET KITA VIDEO SHOOTING :D

16 comments:

  1. Salam,

    salut dg blog ini, jarang ada org yg mau berbagi cara usaha selain dikerjakan sendiri. bravo.
    btw saya juga sedang merintis dan mulai nabung segala keperluan untuk jasa video shooting.
    anda juga membuka usaha video kan?

    ReplyDelete
  2. trims dukungannya. semoga bermanfaat bagi kita dan rekan-rekan semua, meski teramat kecil kontribusinya. dukung dong semuanya (hehehe ... hitung-hitung beramal baik)
    untuk video shooting, sebenarnya saya pribadi tidak menggelutinya, cuman kebetulan ada kenalan yang mau buka usaha video shooting-editing-transfer dan dia minta tolong dibuatkan (dan dirakitkan) spek komputernya ke saya.
    jadinya, saya berusaha kesana-kemari cari informasi seputar usaha tersebut, kebutuhan perangkat-perangkat tambahan, program, dsb (dari internet, majalah, kontak dengan rekan lain, bahkan saya sempatkan beli sendiri buku tentang video editing (ya lumayan jadi nambah sedikit ilmu).
    begitu ceritanya. OK, selamat berusaha, semoga berhasil! :)
    salam

    ReplyDelete
  3. Jai, bagi-bagi info dong buat ngedit video

    ReplyDelete
  4. Tulisan tentang Video Editing ini sangat inspiratif bagi saya. Bagi yang ingin informasi lebih jauh lagi tentang bidang ini, silakan untuk membaca tulisan saya mengenai Digital Video Service di: http://fitra.blogspot.com

    Terimakasih...

    ReplyDelete
  5. tolong kirim - kirim ide wirausahanya donk ke email aku : jokoprast96@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. gimana cara promosiin nya kalo mau usaha ini di lingkungan rumah

    ReplyDelete
  7. kalo buka di rumah, promosi paling mudah dengan bikin plang nama/spanduk usaha di depan tempa usaha kita; bikin leaflet/brosur disebar via tukang loper koran, titipkan ke warung-warung/kios/wartel di komplek; bagi kartu nama di acara2 pengajian atau arisan nya ibu; bikin syukuran berdirinya usaha kita, kirim makanan tanda syukur ke tetangga2, misal 200 bungkus, di dalam box makanan nya selipin brosur promosi (hehehe) ... banyak kan caranya :) smoga brmanfaat!

    ReplyDelete
  8. Saya juga menekuni bisnis videoshooting ini sudah hampir satu tahun, saat ini saya sudah memiliki handycam 3CCD, berkaitan dengan ini, saya bermaksud mao menjual handycam Hi8 saya merk SONY pembelian Des 2005,.
    kalo ada yang berminat boleh email saya ke hkusnandar@gmail.com.
    oh ya harga buka 2 jt (nego) diutamakan pembeli dari DKI Jakarta (jakarta selatan lebih Ok)

    salam
    BeduQ Creative

    ReplyDelete
  9. Buat wirausaha saya mau minta tolong supaya mau memberi tahukan apa nama atau judul buku yang bagus atau yang lengkap mengenai atau tentang "Vidio Shooting-Editing-Transfer VCD" Saya berharapa wirausaha mau membantu saya secapatnya karna saya sangat membutuhkannya. Ya..selama ini saya bekerja di bagian komputer dan saya mau mau melakukan perkerjaan yang satu ini.

    Tolong balas ke kommant saya...

    http://tarutung-city.blogspot.com

    sekali lagi makasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  10. wah kalo soal buku bisa relatif nih, saya bilang bagus yang lain bilang kurang. coba aja ke toko buku dekat rumah Anda, syukur2 bisa dilihat dulu isinya. coba baca-baca isi buku, cara penyampaian, ilustrasi, petunjuk rumit atau mudah. nah dari situ Anda bisa menimbang sendiri buku mana yang kayaknya pas dan nyaman buat Anda. salam :)

    ReplyDelete
  11. wah saya juga editor but saya sekarang lagi belajar,,,,ternyata harga editsebuah job video lumayan juga ya,di malaysia jasa saya di hargai kecil banget tuh,tapi gak apa2 nanti pulang info anda akan saya praktekkan,thank yach...

    ReplyDelete
  12. mmmh...pgn juga terjun ke bisnis nih.. ngomong waktu pertama anda menjalani bisnis ini apa kendala ya ?..ya itung2 bs pelajaran buat saya nanti..hehe

    ReplyDelete
  13. trims, atas infonya

    ReplyDelete
  14. salam bahagia,
    trims atas infonya.

    ReplyDelete
  15. terima kasih atas tipsnya.

    ReplyDelete