Friday, March 10, 2006

Refill Tinta-Toner Printer

Sorry teman-teman, absen lama nih menulis di blog ini. Ada kendala teknis (soal akses internet yang tidak semudah seperti dulu lagi), dan juga ada dapat musibah sakit agak berat nih. Mudah-mudahan tetap masih bisa ikut meramaikan :)

Ini cerita soal tawaran wirausaha, dapet oleh-oleh dari ngobrol dengan rekan baru yang membuat usaha Refill Tinta-Toner di kota Semarang. Ringkasnya modal dana yang dibutuhkan untuk usaha franchise ini sekitar Rp 15 juta. Rincian biaya : training sekaligus magang selama 3 bulan di tempat usaha dia, starter kit untuk mulai usaha (spanduk, plang nama, bahan tinta, perjanjian kerjasama waralaba). Biaya magang tersebut, di luar makan dan transportasi selama 3 bulan ya. Akomodasi (bagi peminat luar kota, kost selama 3 bulan dibantu dicarikan, biaya disubsidi penuh, alias FREE untuk kost).

Mungkin ide ini (agak ditujukan) bagi rekan-rekan yang memang siap punya modal lumayan ya. Oh ya, biaya tersebut tidak termasuk tempat usaha + printer/komputer (alias diusahakan sendiri oleh calon peminat yang akan membuka usaha baru ya).

Prospek usaha: Menurut cerita dia, usaha serupa seperti itu di Bandung saja (tempat dia berguru) sehari bisa meraup penghasilan kotor Rp 5 juta. Sedangkan di tempat baru dia buka sendiri, sekitar Rp 1 juta per hari (kotor). Hmmm, lumayan kan :)

Pertimbangan : ini sebenarnya sebuah pemikiran lain saja (jangan diketawain), dari info ngobrol sana-sini, untuk masuk kuliah S1 di PTN ternama Jogja, sumbangan bea masuk saja sekitar Rp 6 - 80 juta. Belum termasuk bea hidup, bea pendidikan, dll selama menyelesaikan pendidikan, untuk mendapatkan "sertifikat sarjana" (sorry, kalau memang terkesan agak ironi melihat kapitalisasi pendidikan di negeri ini, soalnya mengarah ke industrialisasi pendidikan sih). Makanya gagasan yang digulirkan di tulisan ini mungkin bisa jadi masukan, sebuah alternatif ide lain menyangkut problem karir/pekerjaan dengan jalur cepat (hehe). Siapa tahu Anda atau orang tua Anda, atau siapapun berminat menjadikan sebagai bahan pertimbangan. Rp 15 juta, luangkan waktu 3 bulan untuk menimba ilmu me-Refill printer, cari tempat usaha di lokasi strategis, promosi, RUN to business! Kalau hoki, setahun kayaknya dah bisa lebih dari sekedar balik modal (BEP). Gimana? :p

My opinion: kota-kota lain di Jateng (or else) kayaknya masih memiliki prospek bagus untuk running business seperti ini. Soalnya calon konsumen luas : instansi, swasta, pendidikan, individu/keluarga, dll. Usaha bisa diperluas dengan service/jual beli printer/cartridge, toner, tinta, dll, digital printing, dll. Menarik kan?
Coba aja dulu survey tentang peluangnya di kota Anda. Hitung berapa banyak SMP,SMU, kampus, kantor pemerintah, kantor swasta, toko komputer, perumahan-perumahan elit (yang mungkin penghuninya udah pada punya komputer, hehehe), dll. Kalkulasi peluangnya. OK?

If you are interested, you can drop an email at : simpl3nick@yahoo.com or via mobile at 0819 3119 8080 (XL Bebas nih). SMS is acceptable :D

Semoga bermanfaat, sorry banyak kalau ada yang tidak berkenan! Keep spirit PARANOID, FRENS! :)

15 comments:

  1. AnonymousJune 06, 2006

    Tolong dunks sekali-sekali kasi berita tentang bisnis foto digital.Saya pengen tau bgt soalnya.Saya dah kirim emali ke buku tamu mo nanya tentang usaha foto digital tapi nggak pernah dijawab.Kesel dech.

    ReplyDelete
  2. Usaha foto digital? Yang mau difokuskan kemananya, cetak nya atau bisnis kamera fotonya? :) Kalau cetaknya, kayaknya "agak-agak mudah. Modalnya punya kamera digital yang agak bagus, apalagi kalau sering terima order ambil shot di outdoor. Terus buat melayani indoor shot, coba bikin studio mini di rumah/tempat usaha, yang bersih, latar belakang bisa dirubah-rubah juga makin menarik. Berikutnya punya komputer dengan spek agak "high", Pentium 4/256/VGA64/40G/USB+Firewire support. Printernya bisa pakai EPSON atau HP, biar irit ongkos produksi, modifikasi pakai sistem INFUS (Continuous Ink System), ukuran A3 lebih bagus lagi. Nah, tinggal promosi, bikin plang/spanduk, dll. lengkapi juga dengan kabel2 data dari berbagai brand HP terkenal, antisipasi customer yang datang mau cetak dari cam HP. Kertas bisa pakai glossy foto paper, yang waterproof (antiair) juga ada. Sekedar info : di Semarang, tarif cetak ukuran A4 fotopaper sekitar 4-8 ribu perak, ukuran A3 totopaper 10 ribu, A3 waterproof 15-25 ribu. Gimana, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. Juni KoreshJune 10, 2006

    Saya seorang mahasiswadisalah satu perguruan tinggi negeri. Saya sangat tertarik dengan wirausaha, tetapi saya bingung dengan memulainya karena ide saya untuk membuat wirausaha baru masih sebatas meniru/ mencontek usaha orang lain. Yang saya inginkan itu adalah usaha baru yang inovatif. Jadi yang saya mau tanyakan kira-kira usaha apa yang inovatif dan mempunyai peluang pasar besar di kampus. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Juni KoreshJune 10, 2006

    Saya seorang mahasiswadisalah satu perguruan tinggi negeri. Saya sangat tertarik dengan wirausaha, tetapi saya bingung dengan memulainya karena ide saya untuk membuat wirausaha baru masih sebatas meniru/ mencontek usaha orang lain. Yang saya inginkan itu adalah usaha baru yang inovatif. Jadi yang saya mau tanyakan kira-kira usaha apa yang inovatif dan mempunyai peluang pasar besar di kampus. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    ReplyDelete
  5. usaha dengan market kampus? berarti calon customer: mahasiswa, dosen, dll. ide usaha yang possible : warnet, rental, pengetikan, jasa install s/w, service komputer, basmi virus, fotocopy, warung makan, catering sistem antar, supply kebutuhan harian anak kost sistem delivery, jual pulsa, kertas murah (caranya anda beli kertas jumlah dan ukuran besar, potong sendiri dan packing sendiri, saingi harga toko lokal), dll dll :) good luck!

    ReplyDelete
  6. Bos gak usah mahal-mahal !!!
    Sekarang sudah ada yang lebih eco banget.
    Untuk usaha refill gini cukup modal awal 500rb dapat 1 cd :
    * Tehnik Refill Inkjet all printer
    * Tehnik Service & Troubleshooting
    * Tehnik Awet Head
    * Software resetter
    * Solusi Mini Infus Printer

    So lebih lengkap n murah.
    NGapain mahal-mahal
    info detail :
    www.realimagink.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. AnonymousJuly 16, 2008

    saya kebetulan banget ada di semarang.


    coba kunjungi situs saya ini : http://www.bncrefill.com/

    saya siap membantu anda

    YM : bnc_refill

    ReplyDelete
  8. Jika anda tertarik membuka usaha Refill Tinta Printer dan Jasa perbaikan komputer..! dengan cara praktis dan biaya murah disini infonya http://www.solusipc.com

    ReplyDelete
  9. Jika anda tertarik membuka usaha Refill Tinta Printer dan Jasa perbaikan komputer..! Tidak perlu kursus…! ada paket buku panduannya cuma Rp.80.000,-

    buku ini lengkap menjelaskan tentang panduan perbaikan komputer dan cara refill tinta printer serta perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha refill tinta . info http://www.solusipc.com

    ReplyDelete
  10. oooo,

    iki to .

    'rumah' si dumb ass

    mbulet wae, kbnykan bacot!!!!



    regards,


    uiuiluilo

    ReplyDelete
  11. hihihi ... wiwilo
    salah masuk dab. dudu sing iki. dasar bencong taman KB. eh wingi keno garuk ra kowe dab? hihihi
    satpol sing gendut kae koyo awakmu yo
    hihihi
    makane ning kampung kali ae, nek awakmu arep ngojek
    hihihi

    melok2 ah, regards
    t1n4

    ReplyDelete
  12. saya jg tertarik dengan bisnis tinta isi ulang, kiranya bpk sudih berbagi pnglaman dgn kami, brhubung kami bru mau mrintis usaha ini.. adapun yang ingin kami ketahui mengenai estimasi investasi yg dibutuhkan, trus bagaimana hitungan bisnisnya, ada gak proposal bisnisny, apa saja paket2 yg ditawarkan.. terima kasih atas infonya.
    jawaban tolong dikirimkan ke email kami kkb_mks@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  13. eh, aq jg punya referensinya lho
    di bawah ini, sedot ya :

    http://www.ziddu.com/download/6391599/tatapmuka.doc.html

    ReplyDelete
  14. kalo saya sudah pengalaman di refil tinta&toner serta service printer hampir 10 tahun tapi mau buka usaha sendiri tidak punya modal.bisa di bantu GAN...081808767006 trims

    ReplyDelete