Wednesday, June 29, 2005

Berusaha tanpa modal (besar)

Problem yang sering terpikirkan dalam merintis suatu usaha (apapun) adalah modal. Benar, tetapi bukan berarti ini masalah utama satu-satunya. Karena ada juga orang punya modal tapi ndak tahu mau berbuat apa dengan modal itu. Di sini yang baik untuk digali dan dikembangkan adalah kreatifitas, ide, gagasan, wawasan. Bila modal menjadi kendala, maka alternatif pilihan lain adalah mengandalkan ketrampilan/pengetahuan/sarana-prasarana yang ada. Sekedar sebagai alternatif :
(1) kalau punya skill/ketrampilan di dunia per-komputer-an, buatlah kartu nama yang cukup apik (mungkin perlu dana sekitar 50-100 rb), tawarkan jasa pelatihan, instalasi, perbaikan, dll lewat kartu nama tersebut. Titipkan ke rental2 komputer, warnet, warung2 fotocopy, taruh di mushola, masjid, dsb.
(2) kalau di depan rumah ada sungai dengan air mengalir cukup deras, buatlah kolam/empang di bawah teras/di depan rumah. pada kolam, buat pintu air keluar masuk agar air sungai bisa mampir "me-refresh" air kolam setiap saat. taruh beberapa bibit ikan air tawar yg cepat berkembang: ikan mas, mujahir, nila, dsb.
(3) kalau ada kenalan/teman punya counter service computer atau HP minta ijin untuk magang tanpa harus bayar dulu. selama magang, serap ilmu/ketrampilan jasa perbaikan HP/komputer tsb, baru bila sudah bisa terjun praktek langsung menangani customer, mulai membayar cicilan biaya ganti selama "kursus non formal" di tempat tsb. :) metode ini tentu memerlukan saling kepercayaan dan kebaikan hati.
(4) terapkan cara no 3 di atas untuk tempat bengkel motor, service alat2 elektronik, service arloji, home industri kerajinan tangan, dll. sesuaikan saja kondisinya.
(5) kalau "prestasi" di sekolah dulu cukup OK, buat kartu nama (perlu modal 25-100 ribu), bikin usaha les privat untuk anak2 usia sekolah. bikin promosi via koran lokal juga bagus (biaya sekitar 40 - 80 ribu).
(6) kalau punya tanah kebun cukup luas/banyak, cari kantong2 plastik, untuk tempat pembibitan tanaman bunga atau buah-buahan. mulai belajar mengelola tanaman (pembibitan, pemeliharaan, pengembangan). berikutnya coba pasarkan ke kampung, kampung sebelah, dst. :)
(7) cari beberapa tempat rental VCD/DVD terdekat, bilang mau membantu memasarkan via delivery/diantar ke tempat pelanggan. modalnya: sepeda/sepeda motor. buat list lengkap (yang senantiasa diperbaharui) untuk koleksi VCD/DVD nya, sebar dan berikan copyan-nya kepada pelanggan, jangan lupa sisipkan nomor kontak yang mudah dihubungi (HP/telp/pager). keuntungan diambil dengan menambah selisih biaya asli dari rental bersangkutan.
(8) bikin masakan dengan resep spesial/unik yang belum banyak saingan, misal: Es Doger Bedugul, Es Teler 888, Kopi Nyes Jogja, Nanas Goreng Tugu Muda, Rujak Spesial Cihampelas, Nasi Kucing Stasiun Balapan, dll :p. coba mulai membuka kedai mini di depan rumah. modal belanja bahan, dibutuhkan sekitar 100 - 300 ribu untuk sehari. bikin spanduk promosi yang unik/kreatif, perlu biaya 75-150 ribu.
(9) Usaha (Cuci dan) Penyetrikaan Pakaian. modal kecil, cukup beberapa setrika elektrik dengan kondisi OK. bagus dicoba untuk kawasan perumahan, pemukiman padat, tempat kost/kontrakan karyawan. usulan untuk customer, pakaian (yg habis dijemur) diambil, hasil setrikaan diantar ke tempat customer. :p

Gimana .... tertarik? mau coba? silahkan saja :)

16 comments:

  1. thanks berat buat infonya. ini membantu cari ide buat bisnis yang mao gua jalanin.

    ReplyDelete
  2. REJEKI akan mengalir ke arah kita jika kita pun mengalirkan rejeki kepada orang lain. Mari berbagi bersama www.mariberbagi.tk Mari jemput rejeki dengan mengalirkan rejeki. www.mariberbagi.tk Apabila anda ingin kaya, pilih cara yang bermanfaat bagi orang lain. Apabila anda memilih untuk tidak kaya, sebaiknya anda TETAP memilih untuk bermanfaat bagi orang lain. Apapun pilihan anda, jika anda meneruskan informasi tentang www.mariberbagi.tk kepada orang lain, setidaknya anda sudah bermanfaat bagi orang lain.

    ReplyDelete
  3. ide yang membimbing, mudah untuk dilakukan salut 17 x

    ReplyDelete
  4. Cimahi, Sunday, March 19, 2006, 10:42 AM
    Assalamu 'alaikum Wr. Wb.
    Dears, Mitra Bisnis,

    Kami dari WarungBarokahDotCom Dan Telkomsel Award 2005,
    akan segera melaunching program voucher SMS murah.

    Voucher ini seharga Rp. 60.000 untuk jangka waktu 6 bulan. Dengan
    memasang aplikasi ini, biaya SMS antar anggota pemakai ini bisa
    ditekan sangat murah karena via GPRS, hingga mencapai Rp. 30/sms
    (kirim kena tarif GPRS, terima kena tarif GPRS), bisa SMS SEPUASNYA
    selama masa aktiv aplikasi ini, dan bisa melakukan SMS international
    dengan tarif tetap sesuai GPRS ini.

    Kami sudah didudung oleh semua operator seluler dan aplikasi bisa di
    download ke shortcode kami, 6789 dan 9600.

    Tahap design dan generate PIN sudah selesai, dan sesuai jadwal bulan
    ini kami ingin menjalin kerjasama bagi siapapun yang berminat.

    Kami mencari partner yang bersedia mendistribusikan voucher ini,
    khususnya untuk menjadi distributor regional di 7 bagian wilayah
    Indonesia.. Kami akan memberikan discount dengan harga yang sangat
    menarik dan negotiable.

    Bagi yang sudah mengerti betapa manisnya bisnis voucher (baik dari
    pulsa, voucher discount sampai game online), dan betapa kuenya masih
    besar, makin tumbuh terus, tentu penawaran ini sangat sayang untuk
    dikesampingkan.

    Kesempatan tidak datang dua kali, dan hak wilayah adalah penawaran
    kami bagi mereka yang bisa mengambil kesempatan ini.


    Wasalamu 'alaikum Wr. Wb.

    Best regards,
    JPG Technology Inc.
    (Divisi Telekomunikasi,IT & Multimedia)
    Telp : 022-7019 1200/9110 6181
    Fax : 022 664 4939
    Website : http://warungbarokah.com

    ReplyDelete
  5. Solusi Baru Cetak Digital 1 Bulan BEP Tanpa Royalty, Photo Quality di media apa saja "Print Everything®" . Semua jenis kaos : Cotton, Polyester, Pe, Keramik, Gelas, Mug, Piring, Plastik, Resin, Fiberglass, Kayu, Logam, Kulit, Semua Jenis Kertas. Tidak Luntur Dan Tahan Gores. Cocok untuk usaha : Digital Photo Studio, Digital Printing, Percetakan, Name Card, Souvenir, Advertising, Stationary. BEP Sangat Cepat, dengan Investasi yang sangat terjangkau.
    Info selengkapnya: www.warungbarokah.com

    ReplyDelete
  6. kalo usaha cuci dan sertika kayak gitu
    dipajakin gak..?
    dan perlu ijin usaha gak...?

    kan airnya ngambil dari tanah

    ReplyDelete
  7. usaha seperti ini kayaknya ya ndak perlu ijin mas. kecuali usaha laundry kita bermodal ratusan juta, berkantor luks, berkaryawan belasan orang, pakai pasang PLN aja ribuan watt ... hmm (mungkin yang ini pakai ijin ya). buat aja image na kayak orang buka warung kelontong, masa pakai ijin segala :)

    ReplyDelete
  8. info usaha yang murah n gratis
    klik aja disini
    http://prodollar.tripod.com
    atau alsito.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Usaha dengan tanpa modal besar
    tapi dengan kerja keras :)

    Yup Anda harus mencobanya
    apa lagi masih muda dan banyak waktu luang!!

    seperti usaha saya ini >>
    http://rahasia-bisnis.blogspot.com
    http://aneka-cd.t35.com

    ReplyDelete
  10. Isi Waktu:http://isiwaktu.bravehost.com adalah Situs Informasi Peluang Bisnis dan Pengisi Waktu Luang Pertama di Indonesia. Bersama Anda, Rebut Peluang, Raih Kemenangan. Free website providers, web tools

    ReplyDelete
  11. Infonya oke juga, saya ingin menawarkan kpd shbt pembaca blog ini, usaha tanpa modal, hanya modal hp saja bisa dapat jutaan/bln, daftar gratis. Keterangan lengkap/daftar di http://mjun.hei.lt

    ReplyDelete
  12. Kalau anda punya HP dan bisa SMS mungkin usaha ini cocok untk anda kunjungi http://daftar.dynasisku.com

    ReplyDelete
  13. Salam kenal, bisnis di internet juga tanpa modal lho, tapi saya masih bingung memulainya...
    Kalo bisa di-bahas donk bisnis di internet

    ReplyDelete
  14. Peluang Usaha Obat Herbal Alami..
    Habbatus sauda dan Madu Kualitas No. 1. Bukan MLM, sistem keagenan biasa. Silahkan lihat di www.habbats.com..

    Sukses untuk Anda semua..

    ReplyDelete
  15. thxs untuk tpis2nya...
    aslam kenal yah...
    Djvye.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Kami distributor obat alami home industri dari Wamena Papua, memberikan peluang usaha SARI BUAH MERAH & SARANG SEMUT Info di 0812 8039 6464

    ReplyDelete