Saturday, May 07, 2005

Buka Taman Bacaan: sejak SMU pun bisa !

Tidak banyak di lingkungan kita, jiwa enterpreneurship (wirausaha) muncul di kalangan generasi muda, bahkan meski sudah menginjak bangku perkuliahan. Stereotip pandangan umum mungkin seperti ini: sekolah-kuliah-lulus-cari kerja di kantor atau perusahaan. Bahkan ada yang rela (yang sedang menganggur) dengan sabar mengirim puluhan hingga ratusan surat lamaran kerja ke berbagai pos lowongan kerja. OK, kita nggak akan permasalahkan hal tersebut lebih jauh. Silahkan bagi rekan-rekan tetap semangat, berdoa, berusaha, berharap hal terbaik yang diperoleh.

Berangkat dari renungan seperti itu, ada bagusnya dituangkan suatu ide-gagasan usaha, wirausaha atau bisnis yang bisa menjadi bahan masukan untuk kalangan muda, sejak usia SMU sekalipun, tanpa harus mengorbankan waktu dan menyita kegiatan utama mereka : belajar menuntut ilmu.
Ide wirausaha yang hendak penulis angkat adalah : "Taman Bacaan atau Persewaan Buku untuk Masyarakat". Usaha jenis ini, seingat penulis telah lama dijumpai dan muncul sejak usia kecil. Bacaan yang tersedia waktu itu kebanyakan adalah komik, majalah anak-anak, novel remaja, atau karya sastra. Nah, di masa sekarang, ternyata usaha jenis ini tetap eksis dan bisa kita jumpai bermunculan di kota-kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, dll).
OK, sekarang bagaimana bisnis ini bisa dijalankan oleh remaja SMU sekalipun? Dari mulai permodalan, administrasi, promosi, operasional dn manajemen, usaha ini bisa dijalankan oleh sekelompok orang/remaja kalangan usia tersebut. MODAL : coba 10 teman satu kelas berpatungan modal masing-masing sebesar Rp 500 ribu atau 1 juta. Modal terkumpul digunakan untuk : menyewa kios kecil, belanja furnitur sederhana (meja-kursi-karpet-rak buku), pebuatan plang nama usaha, dan (terutama) buat keperluan belanja buku-buku yang mau disewakan. Nah untuk operasional, tugas jaga kios sewa buku ini bisa dipakai aturan shift, bergiliran, semua member pemodal terlibat dalam menjalankan usaha ini. Asyik kan. Undang semua murid satu sekolahan sebagai target pelanggan pertama (hehehe). Lengkapi koleksi pustakanya dengan buku-buku bermutu, apalagi kalau bisa menambah khasanah pengetahuan yang sedang diperlukan. Sambil giliran jaga kios, bisa juga sambil mempelajari materi pelajaran sekolah, atau mengerjakan tugas-tugas studi, ditunjang dengan adanya bahan-bahan tambahan dari buku-buku yang disewakan. [penulis pernah alami sendiri, ada materi pelajaran yang begitu sulit dipahami di bangku SMU, tetapi ternyata menjadi lebih mudah begitu membaca salah satu text-book untuk tingkat kuliah].

Tips : buat dekorasi tempat usaha yang nyaman dan menarik. Bila sewa kios belum memungkinkan, coba gunakan ruang salah satu anggota pemodal (kamar tidak terpakai, ruang teras, atau semacamnya). Syukur-syukur punya ruang cukup besar untuk memfasilitasi kegiatan dialog, bedah buku, ajang diskusi, dan lain-lain.
Coba koleksi buku seperti ini : komik anak-anak, kumpulan pemecahan soal ujian sekolah, majalah (umum), jurnal, tentang komputer, teknologi, karya sastra, text-book, penunjang materi pelajaran sekolah, kumpulan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi, dll.

Demikian sekelumit gagasan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha semenjak usia remaja, semoga ada manfaat :)

19 comments:

  1. AnonymousJuly 17, 2006

    aku tertarik nih mau coba usaha sewa buku (taman bacaan). ada aga temen yg bisa kasih tips agak lebih detil ttg usaha ini? misalnya, jumlah modal yang diperlukan, jenis buku yang disewakan, dimana beli/mencari buku2 itu (syukur2 dg harga miring), bagaimana cara pengelolaannya (labelling, tarif sewa, durasi waktu sewa, dll), bagaimana setting ruangannya, gimana bikin rak2nya, bahan/material apa yang digunakan plus perkiraan biaya masing2 material itu, dll.

    ok deh. gitu dulu. thx banget buat bantuan n infonya.

    ReplyDelete
  2. kalo mau belajar, mending jalan-jalan lihat langsung usaha sejenis yang sudah jalan. coba main ke bandung atau jogja. soal belanja buku, di hampir tiap kota biasanya suka ada area center yang jadi tempat berkumpul para pedagang buku/majalah bekas dengan harga miring (bisa ditawar lah), di bandung bisa di alun2, palasari, cihapit, dll; di jogja di Shopping!, dll; soal dekor bisa baca-baca majalah Design-Interior, Tabloid Rumah, (biasa suka ada artikel Merancang Ruang Perpustakaan), dll. gimana? moga bermanfaat :) ayoo ... berbagi ide fren

    ReplyDelete
  3. WirauSaha yang pinter....
    waah...!!makasih banget yach,gue dah lama nih punya pikiran mo buka usaha sewa buku.berhubung gue masih SMA n walau gue dah kerja sbg wartawan pelajar disebuah Harian Umum ibu kota gue tapi mikir jg dong!apa mesti bergantung terus..cieh kalong kali!Btw,makasih banget dah ngasih info yang emang gue butuh banget saat ini.tapi kasih info lain juga dong misalnya jumlah buku yang dibutuhkan,dimana tempat beli buku2nya kalo bisa sale abis2n dong,kasih juga info tentang kelanjutan bisnisnya,juga tempat belanja yg ada dipalembang!tlg kasih yg detil yach,plizz..usahain coz gue butuh banget lho buat kelancaran usaha gue.Thx sebelumnya.....

    ReplyDelete
  4. hmmm kalau soal jumlah buku, kayaknya relatif sih yaa; prinsipnya makin banyak dan makin komplit (pasti) makin menarik minat pengunjung mau datang; soal belanja buku sudah disampaikan sebelumnya, atau hunting coba soalnya kadang ada juga lo ex rental buku yang koleksinya dilego; atau coba ke penerbit, ajukan proposal, minta harga diskon gede2 an (hehehe), kalo blm bisa beli baru yaa cari di kios2 buku second; kios majalah second, kumpulan skripsi, coba kumpulin hasil tugas2 anak mahasiswa (banyak peminatnya tuh), beli dengan harga miring; banyak deh soal ide ... :) lets think, think, and think ! we'll find the best one

    ReplyDelete
  5. wah aq jadi tertarik nih,pengen buka penyewaan buku. tapi gimana cara penyewaannya???apa setip masuk harus bayar berapa gitu???
    klu ada yg punya ide tolong kasih tau aq nih,!!!1 sebelomnya maks banget...

    ReplyDelete
  6. Met kenal yah penulis...

    Saya juga tertarik ingin buka usaha sewa buku... bagaimana caranya untuk mendapatkan buku2nya atopun komik dan novel? Bukannya ada UU untuk buku orang yang kita sewakan?Nah, apakah perlu izin ato tidak yah?
    Tolong dikirimkan informasinya ke email : pscho81@yahoo.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. AnonymousJuly 06, 2007

    kata orang kita ini hidup di jaman modern, tetapi kadang malah ga ada beda ma jaman purba bahkan malah lebih buruk. dulu orang/ulama-ulama senang karya mereka diakui masyarakat, banyak dibaca dan dipakai/diaplikasikan dalam kehidupan, tanpa harus ribut-ribut soal royalti, ijin membaca, dll. nah kita sekarang malah kembali jaman kerajaan, pajak upeti dimana-mana, bangun rumah ijin, bikin warung ijin, narik beca ijin dulu, dll. kalo soal buku aja mau dibaca orang perlu pake ijin, ya sudah bukunya suruh ga usah dijual aja sama penulisnya. (kalo mmg ada) Undang-Undang spt itu, pantaslah kehidupan kita lebih buruk dari jaman purba.

    ReplyDelete
  8. Mohon informasinya dimana saya dapat segera mewujudkan impian mendirikan taman bacaan di lingkungan perumahan saya di bekasi dengan target masyarakat menengah ke bawah menghadapi liburan puasa ini untuk menumbuhkan minat baca anak-anak terutama dalam hal : pengadaan buku-buku bacaan dengan harga yang terjangkau atau syukur-syukur ada taman bacaan yang mau dijual.

    ReplyDelete
  9. Bagaimana caranya saya memulai bisnis taman bacaan di daerah rumah saya di Pegangsaan II lingkungan menengah ke bawah agar anak-anak bisa bertambah wawasan?
    Dan bagaimana cara mendapatkan buku-buku cerita ataupun pengetahuan?

    ReplyDelete
  10. GudangDisc.ComApril 11, 2008

    kenap ga coba buka rental vcd / dvd original?

    saya berminat jadi distributor vcd / dvd original..

    kalo berminat, e-mail di info@gudangdisc.com

    atau sms/call di 081805202023

    ReplyDelete
  11. haloo.. saya seorang irt yg rencana nya akan membuka perpustakaan atau taman bacaan. saya mau nanya bagaimana cara nya mendapatkan sumbangan buku (mungkin ada?}

    ReplyDelete
  12. Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Saya djozsy dari depok, berniat memberdayakan tempat sebagai taman bacaan, saya berlatar belakang pendidikan Graphic Design, saat ini sedang menjalani Kuliah Psikologi Bimbingan Konseling, karena cuma tempat yang ada dan Cat, Nama Taman Bacaannya pun saya sudah siapkan. Mengenai kartu member dan lain2, banner dsb, itu mudah bisa diatur, yang jadi malasalh dari rencana ini adalah rak buku, meja kursi, dan buku2 peengetahuan umum seperti Ensiklopedia. Untuk terwujutnya niat baik ini, saya berharap adanya advis dari rekan2 yang sudah berkecimpung lama di bidang ini untuk apa-apa saja yg perlu saya lakukan, selanjutnya.

    Balad Djozsy Ajiejos
    Taman Bacaan ACI
    www.djozsy.co.nr
    021-98830078

    ReplyDelete
  13. Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Saya djozsy dari depok, berniat memberdayakan tempat sebagai taman bacaan, saya berlatar belakang pendidikan Graphic Design, saat ini sedang menjalani Kuliah Psikologi Bimbingan Konseling, karena cuma tempat yang ada dan Cat, Nama Taman Bacaannya pun saya sudah siapkan. Mengenai kartu member dan lain2, banner dsb, itu mudah bisa diatur, yang jadi malasalh dari rencana ini adalah rak buku, meja kursi, dan buku2 peengetahuan umum seperti Ensiklopedia. Untuk terwujutnya niat baik ini, saya berharap adanya advis dari rekan2 yang sudah berkecimpung lama di bidang ini untuk apa-apa saja yg perlu saya lakukan, selanjutnya.

    Balad Djozsy Ajiejos
    Taman Bacaan ACI
    www.djozsy.co.nr
    021-98830078

    ReplyDelete
  14. Saya sdh mnjalankan taman bacaan komersil slama lebih dari 2 thn di tangerang. Berhubung tempat sdh semakin sempit dan ada beberapa buku ganda, sebagian buku harus direlakan masuk dus. Jika ada yg minat kerjasama bisa hubungi saya di linx2abdee@yahoo.com atau 085697884050. Tks

    ReplyDelete
  15. Saya Amru, 2 tahun lalu saya pernah bekerja di perpustakaan namun hanya sampai 8 bulan karena saat itu ayah saya sakit dan butuh orang untuk merawat beliau.Alhamdulillah ayah saya sekarang sudah sembuh, saya ingin berkecimpung lagi dalam dunia buku, bagi sobat yang punya perpus/taman baca dan butuh pegawai silahkan hubungi saya di 081377649646. Terima kasih

    ReplyDelete
  16. saya sedang berusaha membuat taman bacaan di tempat kkn..mungkin dari data2 yang ada bisa di kompilasiin dan di kirim ke email saya?
    ke arumdyah@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya atas bantuannya

    ReplyDelete
  17. Lam kenal sebelumnya dari Blogger Borneo. Link anda sudah saya pasang di blog saya, sekiranya anda berkenan untuk bertukar link dengan saya. Trims...

    ReplyDelete
  18. Intan WulandariDecember 08, 2009

    saya intan dari Bali. . . ada yang tau tempat beli buku-buku bekas yang di obral. . . .??
    he. . buat tambah koleksi. . insyaallah intan mau buka taman bacaan di sekitar rumah. .
    yang tau silahkan kirim e_mail ke liburan_bareng@yahoo.com ya..
    atau langsung tlh ke 08990119025..
    terima kasih. . .

    ReplyDelete
  19. wahh.
    terima kasih atas motivasinya. sya dari dulu ingin sekali punya taman bacaan hingga sekatang. saya pelajar SMA. saya sering sekali mengkoleksi buku. di rumah saya ada teras kecil, rencananya pengen saya buat perputakaan. mama saya setuju, tetapi untuk ayah saya tidak setuju. saya minta tolong,bagaimana solusinya. :)

    ReplyDelete