Thursday, November 23, 2006

Masuk musim hujan, gak coba jualan gorengan?

Hello teman-teman. Sekarang dah mau masuk musim hujan kan. Sudah dapat ide belum buat wirausaha? Kalau belum, mungkin teman-teman ada yang mau mencoba memulai/merintis usaha yang (kayaknya) sudah banyak pula diterjuni orang. Yakni Usaha Jualan Gorengan.
Gorengan, biasanya makanan/jajanan yang digoreng seperti : pisang goreng, tahu isi, tempe mendoan (pake tepung), tahu petis, ubi goreng, nanas goreng, tape goreng, dll. Tempat jualan bisa di depan rumah, di dekat perempatan, di mulut gang, depan sekolah, depan kantor, gerbang komplek perumahan, pinggir jalan ramai, dll.
Perangkat usaha diperlukan, utamanya gerobak/tempat berjualan, perkakas memasak, kompor, plastik, wadah gorengan, tenda, kursi secukupnya.
Di musim hujan begini, biasanya waktu sore banyak orang ingin makan tambahan selain makanan utama (nasi), karena di waktu hujan, biasanya rasa lapar cepet menyerang (hehehe). Toh, gorengan bisa juga dijadikan sebagai lauk pelengkap.
Kalau baru merintis, bisa dimulai dengan misal belanja bahan untuk sekitar 200 buah gorengan, dengan harga jual @Rp 500. Kalau peminat cukup lumayan, besoknya bisa ditambah sedikit demi sedikit oplah/kapasitas olahan nya :) Lebih baik kehabisan barang dagangan (jadi bisa cepet pulang awal), daripada kebanyakan stok (nunggu berjam-jam malah jadi kemalaman, belum tentu juga laku kalo dah malam) :p
Tempat jualan diusahakan dibuat yang bersih, bebas dari serangga pengganggu (lalat, dll), bisa pakai kaca, plastik penutup, dll. Sediakan kursi buat pembeli yang ngantri, cabai hijau yang banyak, bawa lampu penerang untuk malam hari. Persiapan hujan, pasang tenda yang lumayan lebar biar bisa nampung agak banyak orang.
Kalau ada orang mau numpang berteduh karena hujan, kasih tempat saja, meski gak beli :) Kalo memang dia keliatan kelaparan dan gak bawa uang, kasih aja 2-4 biji gorengan. Jadi amal baik tuh. Siapa tahu keesokan hari si dia malah borong semua dagangan, karena ada hajatan (hahaha).
OK, selamat mencari ide usaha di musim hujan! Mau coba jualan gorengan? Kenapa ndak!