Thursday, November 30, 2006

Ada yang butuh aplikasi sms gateway ? XSMS

Rekan-rekan, kali ini tawaran berkaitan dengan IT (teknologi informasi). Rekan penulis adalah praktisi di bidang itu. Produk yang ditawarkan adalah pembangunan aplikasi berbasis SMS gateway. Dalam kehidupan sehari2, misal nih kalau kita pernah lihat sebuah stasiun TV mengadakan poling via sms, atau nerima keluhan2 via SMS, opini2 via SMS dari pemirsa; atau stasiun radio, atau corporate yang menerima pengaduan dari pelanggan via sms, info tagihan rekening (telp, listrik, dll) via sms; mahasiswa sebuah kampus cek nilai ujian na via sms, dan lain sebagainya. Bila volume sms mencapai ribuan hingga ratusan ribu, tentu pekerjaan ini merepotkan (bahkan sangat tidak mungkin dilakukan) dengan perangkat telepon atau dengan communicator sekalipun, karena perangkat tersebut sering hang jika melakukan pengiriman ratusan sms pada satu waktu.

Begini aja ya detail spek na. Mungkin diantara rekan-rekan ada yang membutuhkan. Atau ada yang mau re-selling, nawarin ke stasiun2 radio di kota Anda, ke PLN, kampus2, atau perusahaan-perusahaan berbasis customer care, bisa kontak ke yang bersangkutan.

Aplikasi ini diberi nama XSMS.

Pada perkembangannya XSMS dapat juga berperan sebagai sekretaris. dimana seluruh agenda rapat dapat diinput di xsms kemudian xsms secara otomatis akan melakukan pengiriman pada waktu yang telah ditentukan.

CARA KERJA
Cara kerja dari XSMS adalah sebagai berikut :
Sebuah aplikasi di PC menyediakan isian untuk berita sms dan beberapa isian kepada siapa saja sms tersebut dikirim. Kemudian data tersebut disimpan dalam sebuah database, untuk kemudian akan dilakukan pengiriman oleh XSMS engine kepada nomor-nomor yang dikehendaki. Proses ini berlangsung relatif cepat, dan akan lebih cepat lagi jika didukung oleh perangkat server yang diatas rata-rata.

Jika aplikasi berjalan secara online, maka setiap user dapat saja melakukan pengiriman sms dari PC manapun yang terhubung ke internet. Nanti setiap inputan user akan disimpan di sebuah database di dalam server untuk dilakukan pengiriman.

XSMS juga memberikan laporan yang akurat tentang sms yang pernah dikirim, yang gagal dikirim, dan yang akan dilakukan pengiriman. Sehingga memudahkan kita untuk melakukan tracking sms yang telah diinput pada aplikasi.

PERANGKAT PENDUKUNG
Seperti pada sms engine lainnya, pengiriman sms broadcast memerlukan beberapa perangkat pendukung, yaitu :
1. Server aplikasi
Server aplikasi ini diperuntukkan sebagai tempat penyimapanan dari sms engine. Selain itu untuk kebutuhan XSMS Online dapat juga berfungsi sebagai server untuk aplikasi online
Spesifikasi Teknis (minimal) :
• Pentium IV 1.6 Gb
• 500 Mb DDRAM
• 40 Gb HD
2. GSM Modem
GSM modem dibutuhkan untuk menggantikan peran terminal yang berupa HP (handphone)
Spesifikasi Teknis :
Ada beberapa produk GSM Modem yang dijual dipasaran. XSMS menggunakan perangkat SIEMENS untuk GSM Modemnya

3. Kartu GSM
Kartu GSM dapat berupa kartu prabayar atau pasca bayar. Kartu ini selanjutnya akan dipasang pada perangkat GSM Modem yang akan dikoneksikan dengan server aplikasi

KEMAMPUAN XSMS
- MENGIRIM PESAN LEBIH DARI 160 KARAKTER DALAM SATU KALI PENGIRIMAN
- MENGIRIM/MENERIMA PESAN LEBIH DARI 1000 PESAN PER HARI
- DAPAT MELAKUKAN PENGIRIMAN PESAN SECARA ONLINE

Contoh yang sudah pernah makai aplikasi XSMS ini :
- Customer Care Nasional Divisi Enterprise PT.Telkom
- Account Manager Divisi Enterprise PT.Telkom

Terus tentang harga. (Special Offer)

BIAYA JASA DEVELOPMENT (pembangunan) APLIKASI
Rp.5,000,000.00* (Harga sudah termasuk Perangkat GSM Modem)

atau jika anda sudah mempunyai GSM Modem sendiri, harga development-nya :
Rp.3.000.000,00*

*) sudah termasuk pembuatan site pengiriman sms online

Kontak person : Anugrah Shaputra (mobile. 0813 2022 1428)