Tuesday, October 18, 2005

Internet Marketer Pemula :)

Kamu suka sekali ngenet? browsing, chatting, email, ikut banyak milis?. Sekarang kan lagi trend tuh, profesi Internet Marketer, kayak yang sudah ngetop gadis dari Bandung si Ahira (bener gak namanya ya, hehehe, sorry kalau salah). Nah coba ide sederhana ini, sebagai penjual pemula via internet. Caranya : cari tahu teman, tetangga, kenalan, atau via koran lokal juga boleh, mereka yang mau jual mobil, atau motor, atau rumah, atau home theater, stereo set, dll, dll. Nah, kontak ke mereka, tawarkan kalau Anda mau membantu memasarkan intensif via internet dalam jangka waktu sekian lama (misal 2 minggu, 1 bln, 3 bln, 6 bln, dsb - sesuaikan saja dengan objek yang dijual). Nah, janjian juga soal perhitungan komisi nya buat Anda dari si pemilik iklan bila nanti berhasil terjadi transaksi dalam kurun waktu tersebut. Model ini cuma sangat memerlukan rasa kepercayaan dan kebaikan diantara kedua belah pihak. Jangan sampai si pemilik kabur setelah berhasil terjadi transaksi, padahal Anda keluar biaya tidak sedikit untuk membantu promosi via internet.
Bila dirasa cukup prospek, siapkan data-data objek iklan yang mau dipasarkan cukup lengkap (spesifikasi, foto-foto, dll). Gunakan media promosi via internet seperti ini: via chatting, person to person, jgn promosi via Room/channel ... bisa "disturbing" byk orang, via email, person to person, via milis, via situs-situs iklan gratisan, via iklan SMS seperti di Astaga.Com atau Detik.Com -- keluar biaya untuk SMS nya :)
Bagus lagi Anda siapkan juga data visual/foto-foto nya, karena iklan dengan foto punya efek "mempengaruhi" publik lebih dibanding hanya sekedar iklan tekstual. Kalau tidak punya server hosting sendiri, coba upload gambar iklan di geocities, atau di Frindster, di album foto Yahoo - hahaha. Gratis!
Jadi anda dapat melakukan internet marketing seperti ini (hanya contoh saja) : "Dijual mobil sedan Toyota Crown, tahun 2000, mesin dan bodi mulus, tangan pertama. Harga Rp 180 juta. Kontak : 021-33355566 (pemilik). Untuk lihat foto mobil, di http://www.geocities.com/siunyil/toyota2000.jpg". Lakukan secara intensif via internet dengan trik seperti sudah disebut di atas.
Tertarik? Do it now! :p

2 comments:

  1. Internet marketer atau ngajarin pasang iklan di internet, nich...

    Kupas lebih dalam, boss ! Walaupun demikian, informasi ini cukup bermanfaat buat pembaca. Oh, yaa.

    Weblog ini sudah saya link di weblog saya.



    Bunyamin Najmi


    http://www.bunyaminnajmi.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. hehe mas Najmi .. kebanyakan internet marketer kan sama aja dengan pemasang iklan di internet :)
    terima kasih untuk semua rekan dll yang telah membuat links ke blog wirausahakita ini.
    THANK YOU !

    ReplyDelete