Friday, August 12, 2005

Buat Nabila: Rental atau Warnet ?

Respon buat sahabat Nabila. Usaha apa yang hendak dimulai: rental komputer, warnet, atau rental dan warnet? Antara ketiga tipe usaha tersebut memungkinkan untuk dijalankan, karena ada beberapa persamaan yang mendasar seperti komponen utama dalam bisnis adalah adanya perangkat komputer dalam jumlah cukup banyak. Untuk kesempatan kali ini, kita coba dulu memberikan sedikit ulasan tentang usaha Rental Komputer dulu. Usaha ini lebih mudah dibanding warnet, modal tidak terlalu besar, dan operasional juga tidak rumit. Pertama yang harus dipikirkan adalah "target konsumen" yang hendak kita tuju: komunitas masyarakat umum, komunitas pelajar, kantor, dll. Ini berkaitan dengan pemilihan lokasi usaha kita yang harus strategis, mudah dijangkau konsumen.
Kita bisa mulai dengan 3 - 4 unit komputer, tipe second built-up juga masih bagus (misal dari merk Dell, IBM, Fujitsu atau HP). Untuk informasi harga PC/komputernya coba lihat-lihat situs berikut : www.queen-tech.com; www.fastncheap.com; www.xharco.com; www.kotakom.com (tapi kebanyakan harga berlaku untuk kota Jakarta atau Surabaya). Kebutuhan lain: kabel jaringan untuk network, hub 8 port, printer inkjet, kertas A4, disket blank, meja kursi, papan plang nama/neon box.
Dengan modal 8-10 juta kita bisa mulai membuka usaha rental komputer (dengan catatan tempat usaha adalah milik sendiri, bukan menyewa). Spesifikasi komputer yang digunakan : Pentium III, RAM 128, HD 6 s/d 10 GB, NIC, SC, monitor 15" digital, mouse, keyboard standard. Harga printer tinta : sekitar 400-500 ribu (kondisi baru),atau 250-350 ribu (kondisi second). Konfigurasi komputer disetting sebagai LAN (Local Area Network), ini akan memudahkan untuk manajemen, penambahan perangkat, atau proses printing.
Dari pengalaman, usaha jenis ini margin (keuntungan) terbesar diperoleh dari cetak/print dokumen, karena nilai nominal tarif untuk rental biasanya kecil (range sekitar Rp 1000 /jam). Untuk memperbesar margin, coba ditambah jenis layanan dengan pengetikan dokumen, jasa penerjemahan bahasa asing, jasa scan foto/dokumen (perangkat scanner sekitar 500-750 ribu). Itu dulu ulasannya, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.
*Kalau perlu konsultasi untuk kebutuhan teknologi informasi (networking, perangkat keras, dll) bisa coba kontak nomor berikut : (0815 772 8025 - Jogja) atau (0819 3119 8080 - Semarang) atau (0813 20221428 - Jakarta).

7 comments:

  1. Great looking blog for inkjet cartridge refill kit, we cover things like inkjet cartridge refill kit too. Thanks for the great blog!

    ReplyDelete
  2. I see that you like posters as much as i do. Come check out my poster site.

    ReplyDelete
  3. Mengenai bisnis rental komputer, bisa sharing dengan kami.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Saya sangat tertarik sekali dengan bisnis rental komputer ini...karena saya sendiri memiliki tempat tepatnya di Bekasi daerah Kompas..tempatanya persis dipinggil jalan yagn sering dilewati oleh orang2...dan ukurannya seh tidak terlalu besar...dan tergolong cukup untuk usaha rental komputer untuk 4 unit..
    Yang menjadi pertanyaan saya...apakah mungkin saya bisa mengadopsi sistem pelayanan yang multi seperti Rental komputer tapi juga tersedia voucher yang bisa disisipkan didalamnya..juga apakah bisa saya juga menyelipkan menerima design graphis..untuk pembuatan logo ato sebaliknya...mohon informasinya sekali lagi ini....saya akan sangat berterima kasih sekali apabila saya bisa dapat informasi ini...terima kasih.

    Salam

    Denny Raynando

    ReplyDelete
  5. mungkin sekali Pak. ada rental komputer, jual voucher pulsa sekalian, terima jasa design, cetak mencetak juga bisa (undangan, nota, stempel, dll) pasang aja banner / poster / pengumuman di rental biar nantinya customer pada liat dan baca, trus jadi tahu ... multi layanan di tempat usaha Anda. selamat memulai :)

    ReplyDelete
  6. Wah benar! saya juga punya pengalaman soal itu.

    ReplyDelete
  7. Kenapa nggak multi layanan, kan bisa aja Pak, yang penting Bapak konsekuen dengan layanan yang Bapak janjikan; jangan sampai mengecewakan konumen; buktinya saya sendiri sudah bergerak di bidang yang sama kok' Rental komputer, warnet, photo copy, cetak photo, print/cetak, pengetikan dokumen, tua,makalah,skripsi pokoknya semua dech Pak yang berhubungan dengan komputer di T4 saya bisa; from Jambi

    ReplyDelete