Gak tau mau kasih judul yang tepat apa. Ya sudah spesialis saja. Intinya, fokus ke bidang usaha khusus 1 atau sedikit item.
Di Bandung, penulis pernah ingat ada sebuah toko, namanya katakanlah XYZ's (ni karangan penulis saja, soalnya nama persisnya lupa). Nah dia spesialis jualan komponen komputer khusus RAM atau memori. Jadi koleksi dan stok dia untuk komponen itu memang cukup banyak dan beragam. Lha pasang tag promosinya aja begini : "Ingat memori ... ingat XYZ's" (tag ini yg msh keinget terus).
Di Jogja, penulis juga jumpai toko spesialis seperti itu. Tapi komponen yang dijual lain lagi. Tag promonya : "Gudang VGA". Jadi dia spesialis jualan VGA (video graphic adapter), nih part yang buat nampilin gambar dari CPU ke layar monitor.
Spesialisasi seperti itu, kadang cukup efektif buat membangun image ke publik. Kalau 1 customer merasa puas, mungkin dia akan mudah merefer ke temennya, relasinya, dll. Misal, "kamu butuh INI ya? ke toko IKU aja, koleksinya banyak noh di sana, tinggal pilih!"
Strategi penjualan mungkin bisa dengan cutting price, diskon, bonus beli lebih dr 1, dan sebagainya. Kamu bisa adopsi untuk usaha apapun, spesialis! Jualan CD/DVD blank? Bisa! Jualan case (box CPU) seken? Bisa! Jualan spesialis telor ayam kampung? Juga bisa! Spesialis anime Jepun? Spesialis basmi virus komputer! "Ingat ban dalam motor ... ingat Pak Suryo!" Khusus notebook seken! Raja tinta refill! Raja Pulsa Elektrik! Spesialis ikan bakar, spesialis asesoris komputer, Les Privat ... Khusus Fisika-Matematika-Kimia! dll.
Gali aja terus ide mu sendiri yang pas, lihat kebutuhan pasar, peluang usaha yang tepat, etc.
Salam, moga bermanfaat di tengah musim hujan-hujan begini. Hehehehe.
boleh juga tuh, saya juga baru buka toko kecil, jual mainan anak2, pengen juga bikin tag promosi kayak gitu, bingung juga milih kalimat yang pas...kira2 apa ya, sementara tokonya "Toy Toy", gimana tuh...
ReplyDeleteups...sorry main nylonong aja komentarku nih..gak pa2 kan..salam kenal.
zein
blogtoytoy.blogspot.com