Wednesday, April 20, 2005

Usaha buat sahabat-sahabat putri ?

Ini bukan bermaksud promosi. Karena situs web yang saya sebut berikut memang bukan milik penulis. Wirausaha yang dimaksud memang utamanya ditujukan buat sahabat-sahabat putri, kaum hawa yang hendak menambah penghasilan.
Di masa sekarang, dimana gairah keIslaman muncul di generasi muslim, kalangan terpelajar, pesantren, ibu-ibu istri pejabat, kalangan birokrat, dsb. Seiring hal tersebut muncul fenomena maraknya pemakaian busana muslim/muslimah.
Dari sisi eknonomis, ini mengundang peluang baru akan sebuah usaha, yakni menyediakan perlengkapan busana muslim atau memberikan alternatif dari sebuah busana muslim, dengan range pemakai : remaja, ibu, kaum pria, hingga anak-anak.
Bila modal sendiri tidak dimiliki, bisa mencoba dengan sistem lain, yakni menjadi mitra dari sebuah usaha yang sudah dirintis oleh orang lain. Atau dengan kata lain, menjadi wirausaha dengan modal "ketrampilan menjual".

Di jaman cyber seperti sekarang, antara mitra satu dengan mitra lainnya, atau pengusaha induknya bisa jadi berbeda lokasi kota, pulau, provinsi atau bahkan negara. Dengan menggunakan fasilitas internet (email, chatting, website) semua kegiatan usaha tetap bisa dijalankan tanpa terhalangi kendala jarak. Cobalah salah satu tawaran yang penulis jumpai di internet yakni menjadi mitra penjual busana (muslim).

http://www.islamiati.com

Sasaran penjualan bisa di kalangan aktivis Islam, mahasiswa muslim, komunitas muslim (pesantren-misalnya), komunitas organisasi pemerintah atau non pemerintah (lewat media arisan ibu2 - misalnya), atau dari kalangan umum.
Strategi marketing, coba mulai dari yang paling mudah, "mulut ke mulut", "door to door", dst.
Perhatikan kualitas produk yang dijual, ketepatan waktu pengiriman barang (untuk mitra yang berlokasi jauh dengan perintis/pemilik usaha), serta harga yang bersaing dengan harga pasar lokal. Selamat mencoba. :)

No comments:

Post a Comment