Thursday, April 28, 2005

Buka toko virtual di Web

Pernah dengar kisah anak SMU yang sukses berjualan CD software di internet? Hingga sekarang, --sejauh yang penulis ketahui-- usaha yang ia rintis tersebut tetap eksis. Ide ini sudah lama juga ada di dalam benak pikiran penulis, cuma terkendala banyak faktor, yang hingga kini akhirnya belum terealisir juga. Idenya begini : kita punya kemampuan/skill membuat web, atau punya teman/kenalan yang memiliki skill tersebut. Di sisi lain, di sekitar kita bertebaran banyak usaha jualan yang belum "tersentuh" oleh dukungan internet dalam melakukan pemasaran, kecuali mengandalkan daya serap lokal atau pelanggan setia selama ini. Misal : pembuat makanan khas suatu daerah (abon, bika, lunpia, keripik, gudeg, jenang, dodol, gethuk, dsb), atau pembuat merchandise, atau cendera mata, atau pelukis naturalis (pemandangan alam, abstrak, dsb), pakaian tradisonal (batik, tenun, dsb). Nah, peluang yang bisa kita gali dari sini adalah mempertemukan produk-produk "home industry" tadi dengan calon-calon buyer/atau distributor dari lokasi yang sangat jauh, dengan memanfaatkan internet sebagai tulang punggung promosi.
Posisi kita dalam hal ini sebagai perantara, dengan cara membangun sebuah website untuk toko maya (virtual store) yang menjual produk-produk tersebut. Adapun masalah keuntungan bisa diatur sedemikian rupa agar menyenangkan kedua belah pihak. Misal contoh sederhana : harga sebuah lukisan dari penjual dibandrol Rp 200,000. Di internet kita bisa pasang harga Rp 350,000 (sudah termasuk biaya pengemasan dan pengiriman). Dari selisih itulah kita berharap bisa mendapatkan untung.

Tips : pelajari contoh mekanisme sistem jual-beli bila melibatkan pembeli yang berlokasi sangat jauh. Perhitungkan secara matang semua komponen biaya untuk delivery produk ke buyer di tempat jauh, agar jangan sampai malah merugi, karena salah kalkulasi. Coba mulai mendekati calon buyer/distributor dari kalangan terdekat (family, kerabat, teman alumni, dsb). Bangun image "kepercayaan" dengan hati-hati, karena bisnis semacam ini menyaratkan kepercayaan sangat baik, baik dengan rekanan produsen maupun para pembeli, di tengah maraknya isu "penipuan" via internet yang sering kita dengar.

Ini saja dulu, sekedar mencoba mengakses ide lama yang terpendam dalam benak :)

10 comments:

  1. good idea mas... saya lagi berusaha untuk membuat toko virtual seperti itu dan sekarang dalam tahap pengerjaan... maybe next month dah jadi deh ya... ada tip2 khusus nggak dari pembaca yang lain, butuh masukan juga nih mulai penampilan produk, sampai pembayaran gimana? dah perlu sampe pembayaran dengan kartu kreditkah? sulit nggak untuk sampai proses pembayaran seperti itu ya? ada yang tau guys?

    trus gimana dengan budaya kita yah, dah siap blom ya kita dengan pembayaran2 online kaya gitu... sudahkah kita terbiasa dengan sistem online gitu?

    ReplyDelete
  2. wah .. selamat atas "keberanian" nya menerjuni usaha di dunia virtual, "dont be afraid with technology" :)
    - soal display/tampilan, bisa dipelajari koq dari situs-situs toko online bagus punya orang lain (coba main ke www.nolimitidea.com; atau www.cwd.dk; atau www.coolhomepages.com; atau www.cssdrive.com; dll)
    - soal pembayaran online, mungkin di kita belum jadi bagian culture sebuah transaksi, tapi kalau mau mulai bisnisnya coba aja via transfer bank dulu, kan sudah bisa online juga)
    - topik transaksi Online memang agak krusial, kalau ndak secure dan good sistem nya, malah2 bisa merugi (coba saja dulu consult/bertanya ke beberapa IT services yang punya experience bagus dlm topik ini)
    - sementara itu dulu ya :)

    ReplyDelete
  3. yap, di indonesia sendiri emang rada2 sukar untuk menggunakan transaksi credit card ato sejenisnya, ya semi manual aja (transfer, ada uang baru dikirim), mungkin saat ini adalah kepercayaan yang harus dibina.
    Saya juga ada kepikiran untuk hal tsb. Bisa di share lagi ngak bu kartika?

    ReplyDelete
  4. Hi, Just browsing around for ideas for my site. (While we're at the same topic), I'm just getting started if you want to visit:
    cheap my sql web hosting

    Charles

    ReplyDelete
  5. Saya kepikiran buka toko buku online, ada yg bisa bantu cara kerjasama dengan penerbit dan kontaknya ? terimakasih

    ReplyDelete
  6. watawwwww kok isine sapm kabeh kieeee ,,,,,

    ReplyDelete
  7. Toko virtual..

    hehe yach sedang saya lakukan..
    sama sih ceritanya..
    jualan CD ama DVD juga :)

    dicoba ya... >>
    http://aneka-cd.t35.com

    blog bisnis lainnya >>
    http://rahasia-bisnis.blogspot.com

    Nah khusus pria >>
    http://info-pria.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Bagaimana caranya biar produk kita,minimal dilihat orang? bikin web sendiri???atau bagaimana memasarkannya dengan mudah sehingga produk kita benar2 tersebar informasinya

    ReplyDelete
  9. Saya senang sekali dengan isi dari blog ada, penuh semangat dan inspirasi, saya akan kembali berkunjung untuk melihat update terbaru dari anda.


    br,
    Fahreza
    www.usahadigital.co.cc

    ReplyDelete